Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Barat yang Memiliki Citarasa Manis

Ada banyak Masakan Jawa barat yang memiliki citarasa manis di setiap kota. Jawa barat terkenal dengan pusat makanan khas Sunda mengingat melimpahnya makanan khas sunda di Jawa barat. Apabila kamu sedang berwisata atau berdasarkan di Jawa barat, tidak ada salahnya mencicipi makanan khas Sundanya. Ada banyak makanan khas sundanya yang bisa kamu coba di Jawa barat. Di setiap memiliki makanan khas sendiri dan memiliki cita rasa yang berbeda-beda setiap kota di Jawa barat. Di Jawa barat makanan yang paling terkenal adalah makanan yang bercita rasa pedas, namun ada juga makanan yang memiliki citarasa manis. Di bawah ini akan dijelaskan makanan yang memiliki citarasa manis khas Jawa barat.

Tapai ketan

Cara pembuatan tapai ketan dengan cara fermentasi. Pembuatan tapai ketan sering kali menggunakan ketan hitam ataupun ketan putih, namun banyak orang yang menggunakan ketan putih sebagai bahan pembuatan tapai ketan. Olahan tapai yang dibuat dari ketan putih seringkali diwarnai dengan warna yang alami. Tapai ketan dibungkus menggunakan daun pisang maupun daun jambu, tapi kebanyakan orang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Seperti tapai pada umumnya tapai ketan dibuat dengan cara fermentasi juga. Setelah ketan selesai dikukus, ketan langsung dimasukkan ke daun dan ditambahkan ragi ke dalamnya. Setelah ketan dan ragi dimasukkan ke daun diamkan beberapa waktu yakni 3 sampai 7 hari. Setelah didiamkan tapai ketan siap disantap. Tapai ketan sangat mudah didapatkan di daerah Kuningan yang sudah dibungkus dengan kemasan modern.

Masakan Jawa barat
Masakan Jawa barat

 Surabi

Masakan Jawa barat selanjutnya adalah surabi. Surabi yang biasa disebut serabi memiliki dua varian rasa yaitu ada yang manis dan ada juga yang asin. Pada dasarnya pembuatan surabi manis hanya disajikan dengan gula merah. Sedangkan surabi asin sama halnya dengan pembuatan surabi manis hanya saja surabi asin ditambahkan oncom pada bagian atasnya supaya menghasilkan rasa yang asin.

 Peuyuem khas Jawa barat

Peuyuem merupakan makanan Jawa barat yang memiliki rasa manis. Peuyuem dibuat menggunakan singkong yang terlebih dahulu difermentasi beberapa hari. pada dasarnya singkong yang digunakan terlebih dahulu dikukus dan setelah dikukus singkong ditaburi dengan ragi. Makanan ini biasanya dimakan sebagai cemilan sebagai pengganjal perut.

 Dodol

Masakan Jawa barat selanjutnya adalah Dodol. Dodol biasanya berbentuk Balok memanjang dengan warna coklat dengan tekstur lembut dan citarasa manis. Dodol hampir mirip dengan jenang, yang membedakan adalah kulit luar dari dodol lebih kering dan pengemasan dodol berbentuk kotak, sedangkan jenang dibungkus berbentuk tabung. Bahan yang digunakan untuk membuat dodol menggunakan tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Dodol biasanya hanya bercita rasa manis dari gula merah, sekarang banyak rasa lain yang dibuat oleh produsen dodol.

 Chocodot / coklat dodol

Chocodot ditemukan secara tidak sengaja, ketika dodol terjatuh ke adonan coklat, setelah dodol jatuh kedalam adonan coklat saat mau dicicipi ternyata rasanya enak. Karena kejadian tersebut maka muncullah chocodot. Bentuk dari makanan ini bulat seperti bakpao, namun sedikit lebih kecil. Chocodot ada beberapa varian yang sudah dikemas menggunakan kemasan modern, jadi jika kamu menginginkan Chocodot tidak ada salahnya memilih yang sesuai selera kamu.

 

Nah itu saja beberapa Masakan Jawa barat yang memiliki citarasa manis. masih banyak lagi makanan khas Jawa barat yang memiliki citarasa manis di setiap penjuru kota di Jawa barat.


Post a comment for "Masakan Jawa Barat yang Memiliki Citarasa Manis"