Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Barat yang Memiliki Nama Unik dan Lezat yang Harus Kamu Coba

Ada banyak Masakan Jawa barat yang memiliki nama unik dan lezat yang harus kamu coba saat berkunjung ke Jawa barat. Jawa barang memang terkenal dengan pusat kuliner khas Sunda. Jika kamu berkunjung ke Jawa barat tidak ada salahnya kamu mencicipi makanan khas Sunda. Jawa barat juga memiliki makanan yang memiliki nama yang unik. Nah dibawah ini akan dijelaskan makanan Jawa barat yang memiliki nama unik yang harus kamu coba.

 Nasi lengko

Nasi lengko merupakan perpaduan antara nasi dan sayur yang ditambah dengan gorengan. Untuk menambah rasa tidak lupa disiram dengan bumbu kacang yang memiliki rasa gurih. Terkadang bumbu kacang ditambah dengan cabai sehingga membuatnya menjadi bumbu yang pedas. Untuk pelengkap rasa ditambah juga taburan bawang goreng diatasnya. Makanan ini sering disebut sebagai juga dengan nama lain yaitu sego lengko. Makanan ini mengandung gizi yang tinggi karena adanya tempe dan tahu yang mengandung protein, dan ada juga sayuran yang mengandung serat.

Masakan Jawa barat
Masakan Jawa barat


 
Karedok

Masakan Jawa barat selanjutnya adalah karedok. Karedok merupakan makanan yang berbahan dasar sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Sekilas makanan hampir sama dengan pecel atau gado gado tapi yang membedakan adalah penggunaan sayuran yang disajikan dalam keadaan mentah. Sayuran yang digunakan dalam membuat karedok dipotong kecil-kecil dan disajikan dalam keadaan mentah. Meskipun mentah rasa karedok tetap lezat karena adanya bumbu kacang yang pedas gurih. Selain karena rasanya yang lezat, karedok juga mengandung serat yang tinggi.

Lotek

Lotek hampir sama dengan gado-gado. Makanan ini terbuat dari sayuran yang sudah direbus dan disiram dengan bumbu kacang. Yang membedakan lotek dan gado-gado adalah bumbu kacang, bumbu kacang yang digunakan lotek kadang-kadang ditambah terasi. Tingkat kepedasan bisa juga disesuaikan dengan selera kamu.

Cumi hideung

Masakan Jawa barat yang selanjutnya adalah cumi hideung. Makanan ini berbahan dasar cumi-cumi. Dalam artian bahasa Indonesia cumi hideung artinya adalah cumi hitam. Pembuatan cumi hideung menggunakan cumi yang langsung dimasak dengan tinta hitam, sehingga makanan ini berwarna hitam. Rasa dari cumi hideung ini sudah terbukti luar biasa enaknya.

 Doclang

Membuat doclang menggunakan bahan-bahan antara lain tahu, kentang, ketupat, telur, dan tidak lupa bumbu kacang. Makanan ini memiliki citarasa yang khas, sehingga tidak heran makanan ini direkomendasikan bagi kamu yang baru ke Jawa barat. Cara penyajiannya juga sederhana dan pembungkusnya menggunakan daun. Doclang juga mengandung gizi yang tinggi yang memadai kebutuhan gizi tubuh.

Gehu

Masakan Jawa barat yang selanjutnya adalah gehu. Kepanjangan dari gehu adalah tauge dan tahu, sehingga bila didefinisikan gehu adalah tahu yang berisikan tauge. Tidak hanya tauge yang menjadi isiannya sayuran lain juga menjadi Isian dari gehu. Rasa dari gehu adalah pedas karena dalam isiannya mengandung Cambai, kadang-kadang kulitnya juga dicampur dengan cabai. Yang membedakan gehu Dengan tahu isi lainnya adalah tahu yang digunakan berbentuk segitiga dan lebih besar daripada tahu isi lainnya. Untuk membeli gehu kamu tidak perlu khawatir karena harga gehu bisa dibilang murah hanya satu sampai tiga ribu per gehu.

Itulah beberapa masakan Jawa barat yang memiliki nama unik dan memiliki rasa yang lezat. Masih banyak lagi makanan yang memiliki nama unik di Jawa barat yang perlu Anda ketahui.


Post a comment for "Masakan Jawa Barat yang Memiliki Nama Unik dan Lezat yang Harus Kamu Coba"

Berlangganan via Email