Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Barat Yang Bisa Dijadikan Cemilan Saat Waktu Senggang

Ada banyak Masakan Jawa barat yang bisa dijadikan cemilan saat waktu senggang. Jawa barat memang sangat terkenal dengan makanan khas Sunda yang sudah ada di setiap penjuru kota di Jawa barat. Makanan Jawa barat ada yang berbentuk makanan dan ada juga yang makanan ringan. Kalau kamu ada di Jawa barat tidak ada salahnya mencoba makanan khasnya. Nah dibawah ini ada beberapa makanan Jawa barat yang bisa dijadikan sebagai cemilan.


Chocodot atau coklat dodol

Chocodot ditemukan secara tidak sengaja, ketika dodol terjatuh ke adonan coklat, setelah dodol jatuh kedalam adonan coklat saat mau dicicipi ternyata rasanya enak. Karena kejadian tersebut maka muncullah chocodot. Bentuk dari makanan ini bulat seperti bakpao, namun sedikit lebih kecil. Chocodot ada beberapa varian yang sudah dikemas menggunakan kemasan modern, jadi jika kamu menginginkan Chocodot tidak ada salahnya memilih yang sesuai selera kamu.

Masakan Jawa barat
Masakan Jawa barat 


Surabi

Masakan Jawa barat selanjutnya adalah surabi. Surabi yang biasa disebut serabi memiliki dua varian rasa yaitu ada yang manis dan ada juga yang asin. Pada dasarnya pembuatan surabi manis hanya disajikan dengan gula merah. Sedangkan surabi asin sama halnya dengan pembuatan surabi manis hanya saja surabi asin ditambahkan oncom pada bagian atasnya supaya menghasilkan rasa yang asin.

Gehu

Kepanjangan dari gehu adalah tauge dan tahu, sehingga bila didefinisikan gehu adalah tahu yang berisikan tauge. Tidak hanya tauge yang menjadi isiannya sayuran lain juga menjadi Isian dari gehu. Rasa dari gehu adalah pedas karena dalam isiannya mengandung Cambai, kadang-kadang kulitnya juga dicampur dengan cabai. Yang membedakan gehu Dengan tahu isi lainnya adalah tahu yang digunakan berbentuk segitiga dan lebih besar daripada tahu isi lainnya. Untuk membeli gehu kamu tidak perlu khawatir karena harga gehu bisa dibilang murah hanya satu sampai tiga ribu per gehu.
 
Makaroni panggang

Masakan Jawa barat selanjutnya adalah makaroni panggang. Biasanya makaroni dimakan sebagai cemilan karena ukurannya yang kecil dan gurih. Di bogor ada makaroni panggang dengan ukuran yang lebih besar daripada makaroni pada umumnya, makaroni panggang yang ada di Bogor diisi dengan aneka Isian. Pada makaroni panggang, ukuran makaroninya lebih panjang daripada makaroni pada umumnya. Makanan ini juga ditaburi parutan keju diatasnya, sehingga menambah rasa gurih pada makaroni panggang. Apabila pembuat makaroni panggang tidak telaten maka akan menghasilkan rasa yang kurang. Untuk harga makaroni panggang hanya delapan belas ribu saja, makaroni panggang bisa kamu nikmati.
 
Tahu gejrot

Tahu gejrot dibuat dari bahan dasar tahu yang lebih berisi daripada tahu yang lain. Dalam penyajian tahu gejrot tidak sendiri melainkan bersama dengan kuah asam pedas yang ditaruh di atas piring yang terbuat dari tanah liat. Tahu gejrot tidak langsung dimakan melainkan dipotong kecil-kecil supaya lebih enak dimakan dan bumbu lebih meresap.

Cireng

Masakan Jawa barat yang selanjutnya adalah cireng. Cireng memang sudah terkenal di Jawa barat bahkan di luar Jawa barat sudah banyak yang menjual cireng khas Jawa barat. Jika dulu cireng dimakan hanya dengan sambal, sekarang ada banyak varian rasa seperti rasa ayam, sapi , dan lainnya.
 
Nah itu saja contoh beberapa masakan Jawa barat yang bisa dijadikan cemilan setiap harinya. Masih banyak lagi makanan Jawa barat yang bisa dijadikan cemilan saat waktu senggang.
 

 


Post a comment for "Masakan Jawa Barat Yang Bisa Dijadikan Cemilan Saat Waktu Senggang"