Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Khas Sunda yang Rasanya di Luar Dugaan

Makanan khas Sunda yang rasanya di luar dugaan ada banyak juga loh. Karena Indonesia adalah negara dengan kekayaan budaya, sumber daya alam dan juga resep kuliner warisan yang terus berkembang seiring perubahan zaman. Sehingga tidak heran jika dari beragam resep kuliner, ada kuliner-kuliner unik yang mengusung cirri khas satu wilayah tertentu di Indonesia. Misalnya saja adalah kuliner khas Sunda yang terkenal akan kelezatannya yang membuat lidah terasa nagih untk makan lagi dan lagi. Namun dari sekian banyak kuliner, berikut beberapa makanan Sunda yang penampakan dan rasanya di luar dugaan.

Karedok

Sepakat jika makanan unik menduduki peringkat pertama sebagai makanan berciri khas Sunda dengan rasa di luar dugaan? Kombinasi bumbu kacang dan kencur yang menjadi rempah khas beragam masakah Sunda, tercium kuat dari makanan dengan penampakan ala Pecel Jawa Timur. Namun, jangan kaget jika dalam suapan pertama akan terkejut karena rasanya sama sekali berbeda, serta sayuran yang digunakan masih mentah. Sehingga dalam satu kunyahan utuh akan menemukan rasa asli sayuran yang masih segar, bumbu kacang yang khas dan juga remahan kerupuk yang gurih. Benar-benar rasa salad sayuran yang segar dan lezat ala Sunda.

makanan khas sunda
makanan khas sunda

Nasi Tutug Oncom

Kenal dengan oncom? Ya bahan masakan yang menjadi bahan utama dalam beragam olahan makanan khas sunda ini memang memberikan aroma serta after sense yang tidak terlupakan. Dari penampakan luar tampak biasa saja, namun bersiaplah untuk kejutan yang lidah hadirkan. Karena nasi hangat dengan campuran oncom bakar ini benar-benar di luar dugaan. Makan satu porsi akan terasa kurang karena nasinya sendiri sudah lezat. Apalagi dalam penyajian biasanya diberikan taburan bawnag merah goring, telur dadar, sambal terasi, empal dan ikan asin peda goreng. Bahkan dalam beberapa variasi penyajian, disediakan sayur asam yang membuat nasi satu porsi terasa tdak cukup.

Nasi Timbel

Pertama dilihat, ah seperti nasi biasa saja. Apalagi penampakan pelengkap sajian yang biasa-biasa saja. Pada umumnya, nasi timbel ini dalam menyantap dilengkapi dengan tahu dan tempe goreng, ayam goreng, dan ceplok telur serta sebagi penambah variasi yang tidak boleh ketinggalan adalah sambal. Memang seperti nasi berbungkus daun pisang pada umumnya, tidak ada menarik-menariknya. Namun, jika makanan khas sunda ini dibuka, maka aroma harum khas akan menguar dan membelai lidah untuk segera mencecapnya. Terlebih, jika dalam menyantapnya diberi lalapan segar dari bergam sayuran khas lalap, dijamin bikin khilaf dietnya.

Geco

Eits ini bukan gecko yang menjadi nama hewan itu ya. karena geco sendiri berasal dari gabungan nama tauge dan tauco. Unik sekali bukan? Dari namanya saja sudah pasti ada bahan berupa sayuran tauge dan tauco yang khas Sunda banget itu. Pada penyajian, biasanya dicampur dengan irisan ketupat, mie, daun bawang dan bawang goreng serta kerupuk. Disiram dengan kuah khas dari tauco yang membuat perut semakin lapar saja. Meski jika dilihat sekilas akan serupa dengan lorong dan mie saja, nyatanya ketika masuk ke mulut di suapan pertama, sensasi unik yang sangat kaya akan rasa membuat lidah tidak berhenti untuk bergoyang. Lezat sekali. Bayangkan saja ada rasa gurih, asam, manis dan rasa khas lain yang sulit diungkapkan

Demikian ulasan singkat dari beragam makanan khas sunda yang unik, lezat dan rasanya membuat kaget karena tidak terbayang sebelumnya. Namun jika tidak cocok dengan beragam olahan tersebut di atas, bisa mencoba kuliner khas Sunda lain yang masih sangat banyak dan bervariasi. Apalagi dalam khazanah perkulineran, olahan ala Sunda memang nggak ada habisnya. Terus bertumbuh dan berkembang seiring kemajuan zaman, sehingga semakin lama semakin banyak yang beredar dan dikenal masyarakat luas. Selamat mencoba.


Post a comment for "Makanan Khas Sunda yang Rasanya di Luar Dugaan"