Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Khas Sunda Tradisional dengan Citarasa Nusantara

Makanan Khas Sunda Tradisional dengan Citarasa Nusantara - Masakan Indonesia terdiri dari beragam cita rasa unik dan kuat yang menjadi ciri khas kulinernya. Berbagai masakan dibuat dengan rasa asin, manis, gurih dan pedas yang menyatu. Hal ini dikarenakan Indonesia kaya akan rempah yang bisa digunakan untuk bumbu masakan. Nah, salah satu masakan kuliner yang begitu populer adalah masakan dari daerah Sunda.

Sama seperti makanan khas dari daerah lain, kuliner di Sunda ini juga memiliki keunikannya tersendiri. Bahkan di beberapa daerah lain di Indonesia, juga masih sering ditemukan masakan dari daerah Sunda. Namun tentunya, makanan tersebut akan lebih nikmat jika dibuat dan dinikmati di Tanah Sunda. Ingin tahu menu kuliner apa saja yang ada di Tanah Sunda ini? Maka dari itu, simak beberapa daftar menu kuliner di bawah ini!

Menu Makanan Tradisional Khas Sunda

1.      Lotek

Menu makanan khas Sunda yang pertama adalah lotek dengan tampilan yang menyerupai gado-gado ataupun pecel dari Jawa. Bahan yang digunakan untuk membuat masakan ini adalah sayur-sayuran seperti kembang kol, toge dan juga kangkung yang direbus. Namun yang membedakan dari kuliner lotek ini adalah bahan sayuran utamanya seperti kacang panjang, bayam, daun kacang kedelai, dan juga kapri. Selanjutnya, sayuran ini di siram dengan saus kacang untuk menambah kenikmatannya.

Makanan khas Sunda
Makanan khas Sunda

2. Mi kocok

Sesuai namanya, bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan mi kocok adalah bahan mi. Jenis mi yang digunakan adalah mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi, disertai beberapa bahan tambahan lain. Beberapa bahan lainnya seperti bakso, perasan jeruk nipis, potongan kikil, taburan daun seledri, daun nawang, serta sayur toge rebus. Supaya lebih nikmat dan gurih, mi dikocok ini juga ditambah taburan bawang goreng di atasnya.

3. Sate maranggi

Makanan khas Sunda selanjutnya yakni berasal dari Purwakarta, Jawa Barat yang bernama sate maranggi dengan bahan utamanya daging kambing ataupun daging sapi. Perbedaan sate maranggi dengan sate dari daerah lain adalah terkait proses pembuatannya. Daging yang sudah dipotong direndam terlebih dulu ke dalam bumbu racikan. Selanjutnya barulah daging ditusuk dan dibakar untuk mendapatkan cita rasa dan aroma asap yang nikmat. Karena bahan dagingnya sudah direndam, penyajian sate maranggi ini tidak diperlukan adanya bumbu saus tambahan.

4. Karedok

Karedok adalah salah satu makanan tradisional khas Sunda yang menyerupai gado-gado dan identik dengan saus kacang tanahnya. Beberapa orang mungkin akan beranggapan bahwa karedok adalah kuliner yang berasal dari Jakarta. Padahal sebenarnya makanan tradisional ini berasal dari Sunda namun banyak dijual di Jakarta. Dari segi cita rasa karedok memiliki paduan antara cita rasa kencur dan saus kacang yang menyatum 

5. Awug

Makanan khas Sunda awug dibuat dari bahan tepung beras dengan campuran air, gula merah, daun pandan, garam, dan kelapa parut. Cara pengolahannya adalah dengan cara dikukus menggunakan perabotan dapur dari anyaman bambu atau aseupan. Cara pengolahan inilah yang membuat awug menjadi masakan kuliner yang khas dari Sunda. Jika dilihat dari tampilannya awug sedikit mirip dengan kue putu, hanya saja bentuknya menyerupai gunungan lancip dari anyaman bambu.

Itulah tadi beberapa makanan khas Sunda tradisional yang memiliki cita rasa unik dan nikmat. Jika anda mengaku seorang pecinta kuliner, tentu mencoba masakan Sunda ini tak boleh terlewat. Cobalah untuk menyempatkan diri mengunjungi kedai makanan yang menjual olahan tradisional tersebut. Atau jika tidak memiliki kesempatan mengunjungi Tanah Sunda, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

 

 


Post a comment for "Makanan Khas Sunda Tradisional dengan Citarasa Nusantara"