Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Khas Sunda dengan Sambal Pedas dan Dijamin Ketagihan

Makanan Khas Sunda Dengan Sambal Pedas, Dijamin Ketagihan. Dibandingkan dengan hidangan tradisional Indonesia lainnya, makanan Sunda sebagian memiliki rasa asam segar, gurih asin, sedikit manis, dan pedas yang sempurna. Ini juga ditampilkan sederhana dan ringan (tanpa banyak santan) sehingga cita rasanya lebih segar.

Komponen utama yang sering menyertai makanan Sunda yakni sayuran hijau mentah (lalap) serta sambal terasi pedas. Ini biasanya dimakan dengan gorengan tahu atau tempe. Namun ada juga yang disertasi nasi putih dengan lauk ayam atau gorengan ikan. Nah untuk Anda yang sudah penasaran, ayo simak baik-baik ulasan berikut.

Jenis Makanan Sunda yang Pedas

Nasi timbel

Nasi timbel adalah makanan khas Sunda yang sempurna karena menawarkan komponen paling lengkap, dari sayuran mentah hingga saus sambal yang pedas. Namun, yang paling menonjol dari nasi timbel adalah bentuk nasi yang dibungkus daun pisang kemudian dikukus (kadang dipanggang) sampai beraroma harum. Selain itu, hidangan ini juga dilengkapi dengan ayam goreng, tahu, tempe, dan sayur asam yang manambah kesegaran makanan.

Makanan khas Sunda
Makanan khas Sunda

Gehu Pedas

Gehu (tauge tahu) adalah makanan ringan khas Sunda yang cukup popular. Ini terbuat dari tahu dengan isi sayuran tauge, kol, dan wortel. Kadang sayuran ini juga ditumis dengan cabai pedas sehingga disebut gehu pedas. Tahu dan sayuran pedas ini kemudian digoreng dengan pelapis tepung, yang oleh orang Sunda disebut gehu jeletot. Rasanya gurih pedas, dan lebih nikmat apabila ditambah cabe rawit.

Nasi tutug oncom

Tutug oncom adalah jenis hidangan yang diproses dengan menumbuk (tutug) nasi dengan oncom bakar atau goreng (sejenis tempe, tapi memakai fermentasi kacang tanah). Makanan khas Sunda ini cukup pedas, karena oncom yang dipakai terlebih dahulu ditumis dengan bumbu cabai rawit, cabai merah, kencur, dan bawang. Sementara untuk pelengkapnya biasanya ada ayam goreng, tempe, tahu, dan sambal dadak yang bikin ngiler.

Puyuh rawit

Di kawasan Heritage FO, Anda bisa menemukan Warung Sangrai yang memiliki sajian menu khas burung puyuh. Hidangan ini disajikan dalam satu porsi burung puyuh ukuran kecil. Puyuh rawit adalah yang paling banyak digemari orang-orang, terutama karena cuaca Bandung yang dingin dan memang rasanya renyah gurih. Puyuh yang sudah digoreng ini dilumuri sambal rawit pedas dan disajikan bersama nasi putih serta lalapan.

Seblak

Jenis hidangan yang satu ini merupakan makanan khas Sunda yang cukup popular di berbagai daerah. Rasanya gurih pedas dengan tekstur kenyal di dalamnya. Ini terbuat dari kerupuk yang dimasak dengan sayuran dan bumbu pedas. Kadang ada juga sumber proteinnya seperti daging, ayam, dan telur. Beberapa variasi bahkan ada yang dicampur ceker ayam, bakso, dan kwetiaw.

Ceker Setan

Ceker setan mungkin berasal dari Malang Jawa Timur, namun di Jawa Barat sendiri juga ada sajian ceker setan yang popular. Hidangan ini berupa ceker ayam yang dibumbuhi sambal khas Sunda yang super pedas. Biasanya bumbu yang dipakai meliputi: cabai rawit, cabai merah, merica, kunyit, dan kemiri, atau bisa juga menggunakan bumbu khas seblak.

Jika Anda berencana untuk jalan-jalan ke Jawa Barat, maka jangan lupa menyempatkan waktu untuk tour kuliner makanan khas Sunda yang pedas. Ini adalah surga makanan yang nyata. Disini ada banyak warung-warung lesehan yang akan menyambut Anda dengan kelezatan makanan Sunda yang pedas, unik, dan juga murah. Dijamin Anda akan ketagihan.

 


Post a comment for "Makanan Khas Sunda dengan Sambal Pedas dan Dijamin Ketagihan"