Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Khas Kalimantan Timur yang Wajib Dicoba untuk Camilan

Makanan khas Kalimantan Timur yang wajib dicoba untuk camilan, memang ada banyak. Setiap kota atau kabupaten biasanya memiliki kekhasan masing-masing. Jadi bisa dibayangkan, betapa banyak makanan khas yang lezat di sana. Mulai dari makanan manis, gurih, makanan berat, makanan ringan dan beragam kue-kue lezat yang siap diincip ketika berkunjung ke sana. Tertarik untuk mencoba? Berikut beberapa kue lezat dari Kalimantan Timur yang khas dan wajib diincip.

Kue Jendral Mabuk

Unik ya namanya? Seperti apa sih kue dengan nama luar biasa ini? kue dengan warna hijau dari sari daun pandan ini, selain harum juga memiliki tekstur yang lembut. Karena terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, santan cair dan bahan-bahan lain yang membuat rasanya sangat lezat. Kue yang umum dinikmati sebagai kudapan ini, bisa ditemui di pasar-pasar tradisional, lapak-lapak pinggir jalan hingga ke hajatan-hajatan yang biasanya melimpah dengan beragam kue tradisional.

Makanan khas Kalimantan Timur
Makanan khas Kalimantan Timur

Kue Kararaban

Makanan khas Kalimantan Timur satu ini memiliki tampilan menyerupai kue wingko asal Lamongan, kue kararaban ini tidaklah dipanggang. Melainkan dikukus saja. Aroma legit dari kayu manis dan uniknya adas, membuat lidah dan hidung tidak tahan akan godaan rasanya yang chewy dan lezat. Ditambah lagi, jika disandingkan dengan segelas teh atau kopi. Dijamin, kue lezat nan eksostis ini membuat suasana santai semakin sempurna. Tertarik untuk mencobanya? Karena kue dari tepung beras dan gula nira ini bisa diperoleh dengan mudah di lapak kue tradisional yang tersebar di daerah Banjar dan sekitarnya.

Pulut nasi

Meski namanya ini nasi, tetapi bahannya bukanlah dari beras. Melainkan dari beras ketan yang dimasak dengan santan. Sehingga menghasikan cita rasa yang luar biasa menggoda, untuk segera dicicipi. Gurih beras ketan dengan santan saja sudah luar biasa, ditambah taburan suiran ayam pedas dan sambal kacang. Rasanya sungguh bikin nagih. Apalagi dengan aroma daun pisang yang khas, membuat siapa saja tergoda untuk mencicipi hidangan yang rawan bikin khilaf diet ini.

Roti pisang

Makanan khas Kalimantan Timur satu ini meski namanya roti, jangan bayangkan jika penampakannya seperti roti pada umumnya. Karena kue basah satu ini , sangat jauh berbeda dengan tekstur roti. Tekstur roti pisang ala kalimatan Timur ini kenyal seperti kue lumpur, dengan cacahan pisang di dalam adonannya. Cara masaknya pun berbeda dengan roti, karena dipanggang dengan cetakan khusus hingga sedikit kecoklatan. Aroma lezat dari santan dan pisang yang terkena api, bisa membuat air liur menetes dan tidak tahan untuk mencobanya.

Bobongko

Masih dengan bahan utama pisang dan tepung beras, kue dengan warna hijau bertekstur kenyal ini banyak diumpai untuk sarapan atau malam saat bersantai dengan keluarga. Rasanya yang manis dan mudah dikunyah, membuat kue ini jadi kesukaan baik anak-anak maupun dewasa. Aroma khas dari daun pandan dan daun pisang, terasa lengkap untuk menikmati waktu ngeteh atau ngopi sembari bercengkrama dengan keluarga.

Demikian beberapa makanan khas Kalimantan Timur untuk jenis kue. Karena kue-kue lezat tersebut dapat dinikmati ketika berkunjung ke wilayah Kalimatan Timur. Tidak hanya kue-kue di atas saja, namun ada banyak kue lain yang menanti untuk dicoba saat berkunjung ke sana. Selain itu, ada makanan berat yang juga beragam dan kesemuanya sangat unik serta mengusung cita rasa khas masing-masing. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Selamat berburu kue lezat.

 


Post a comment for "Makanan Khas Kalimantan Timur yang Wajib Dicoba untuk Camilan"