Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan khas Kalimantan Timur yang Bikin Ngiler

Makanan khas Kalimantan Timur yang bikin ngiler ini memang sukses mencabik-cabik jiwa kulineran. Meski namanya terasa asing, tapi soal rasa Indonesia banget. Rempah-rempah khas negara tropis berpadu dengan budaya setempat, menghasilkan makanan yang benar-benar endolita. Pecinta pedas, penyuka ikan, atau hobi dengan durian, semua tersedia di sini. Cocok nih untuk mengisi daftar ‘perburuan’ saat liburan nanti. Jangan lupa siapkan dana lebih, karena berpotensi besar bikin lupa diri.

Daftar Makanan khas Kalimantan Timur yang High Recommended

Bubur Pedas

Memberikan sensasi berbeda, bubur khas Kalimantan Timur ini menambahkan beberapa rempah-rempah ke dalamnya, yaitu cabai, lengkuas, ketumbar, jintan, dan lada hitam. Keunikan lainnya ada pada toping, yakni menggunakan taburan kacang goreng dan ikan teri. Namun, jika lebih menyukai suwiran ayam, pelanggan bisa mengganti topingnya. Bagi pecinta kuliner pedas, bubur ini patut dicoba.

makanan khas Kalimantan Timur
makanan khas Kalimantan Timur

Gence Ruan

Gence ruan merupakan makanan khas Kalimantan Timur yang sangat direkomendasikan bagi penyuka ikan. Dalam menu ini, ikan haruan (sebutan untuk ikan gabus) dibakar lengkap dengan sisiknya. Jika biasanya sambal disajikan dengan tekstur halus, gence ruan justru memiliki tampilan sambal yang kasar. Lebih mantap, jika disantap dengan nasi hangat dan tumis sayur daun pakis yang chrunchy.

Sambal Raja alias Sambal Kutai

Indonesia memang surga bagi para pecinta kuliner pedas. Sama dengan daerah lain, Kalimantan Timur pun memiliki sambal yang menjadi ciri khasnya, yakni Sambal Raja. Isiannya terdiri dari kacang panjang, terong ungu, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, dan telur rebus. Goreng semua bahan dalam minyak panas, tambahkan gula, terasi, garam, dan jeruk cina. Perpaduan rasa asam, manis, dan pedas benar-benar siap santap.

Nasi Bekepor

Tampilannya sangat sederhana, hanya nasi putih yang dicampur dengan rempah-rempah, minyak sayur, serta ikan asin. Namun, soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Pulen dan gurih. Bagaimana jika disajikan bersama gence ruan atau sambal raja? Dijamin, jiwa icip-icip akan memberontak. Sayangnya, butuh sedikit perjuangan untuk mencari penjual nasi bekepor. Karena sudah tidak banyak rumah makan yang menyediakan makanan khas Kalimantan Timur ini.

Sate Payau

Salah satu keunikan dari kuliner Indonesia adalah namanya sama, tapi beda rasa. Misalnya sate, jenisnya bermacam-macam, ada sate Tegal, sate Madura, sate Padang, sate lilit, dan lain sebagainya. Di Kalimantan Timur juga ada nih, namanya sate payau. Perbedaannya terletak dari bahan dasar yang digunakan, bukan lagi menggunakan daging ayam, kambing, ataupun sapi, melainkan rusa. Nah lho, tertarik untuk mencoba? Bersabarlah, karena makanan ini hanya bisa ditemukan saat upacara adat atau acara festival.

Lempok Durian

Makanan khas Kalimantan Timur yang wajib diicip-icip selanjutnya adalah lempok durian. Dalam bahasa Indonesia, lempok juga dikenal sebagai dodol. Paling enak kalau dinikmati dengan teh atau kopi kental. Duriannya juga bukan kaleng-kaleng, lho. Tapi durian asli dari Kalimantan, sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Dijamin, tidak ada yang akan menolak godaannya.

Demikian sedikit ulasan tentang makanan khas Kalimantan Timur yang dijamin bikin lidah bergoyang. Agar tidak kecewa, alangkah lebih baik jika mencari referensi terlebih dahulu. Baik dengan melihat dari ulasan Google atau bertanya ke teman. Baca detail makanan dan tempat dengan cermat. Sesuaikan dengan budget, agar kantong tidak mengkeret. Dan yang terakhir, jangan pernah malu untuk bertanya harga terlebih dahulu. Selamat wisata kuliner, jangan sampai dibikin ngiler.


Post a comment for "Makanan khas Kalimantan Timur yang Bikin Ngiler"