Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan khas Kalimantan Timur yang Enak

Makanan khas Kalimantan Timur yang enak sebenarnya banyak dipengaruhi keragaman penduduk yang berdomisili di wilayah Kalimantan Timur. Suku Dayak, Banjar, Bugis, Jawa, Madura dan Manado hidup berdampingan di Kalimantan Timur dan mempengaruhi perkembangan kuliner Kalimantan Timur. Meskipun banyak makanan serupa yang dari tempat asalnya, namun Kalimantan Timur tetap memiliki makanan yang unik dan khas.

Bahkan beberapa makanan khas ini tidak pernah dijumpai di wilayah lain. Kalaupun jenis makanannya sama tetap ada perbedaan cara makannya. Menjadikan makanan khas ini tetap unik dan selalu dikenang wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Timur. Wilayah Kalimantan yang berbatasan dengan laut, membuat makanan olahan hasil laut sangat banyak dan digemari di wilayah ini. Tidak hanya hasil laut, hasil sungai pun sangat beragam dan terkenal dengan ikan haruannya yang lezat.

Daftar makanan khas Kalimantan Timur yang enak

Amplang

Makanan khas Kalimantan Timur yang selalu tersedia di toko oleh-oleh dan toko swalayan ini sejenis kerupuk berbentuk lonjong, agak  bulat dan pipih dengan rasa gurih renyah yang terbuat dari campuran tepung,  ikan dan rempah-rempah. Amplang banyak diproduksi di Samarinda, Bontang dan Handil. Ada banyak merek dan ukuran kemasan yang tersedia. Biasanya merek yang sering dibeli  amplang merek Bonting, Mawarsari dan Gulung Jenebora.

Makanan khas Kalimantaan Timur
Makanan khas Kalimantaan Timur

Pisang Gapit, Sanggar Pisang dan Sanggar Cempedak.

Pisang gapit terbuat dari pisang kapok yang dijepit pipih dan dibakar di atas panggangan arang. Cara makannya disiram dengan saus gula merah kental dan dimakan selagi hangat. Sanggar adalah sebutan untuk gorengan menggunakan adonan tepung. Tapi pada umumnya isian sanggar adalah pisang dan cempedak. Di daerah lain di Indonesia mirip dengan pisang goreng, hanya saja yang membedakan cara makannya. Cara makan sanggar dengan dicocol pakai sambal terasi. Percayalah, perpaduan sanggar yang manis dan sambal yang pedas jelas membuat Anda tidak akan berhenti mengunyah sampai tak bersisa.

Sop Singkong dan Mageli

Sop singkong adalah sop yang berisi singkong dan ceker, kemudian ditaburi bawang goreng dan daun bawang, lalu dikucuri jeruk nipis dan dimakan dengan pendamping mageli. Makanan khas Kalimantaan Timur ini memiliki rasa gurih dan paling enak dimakan sewaktu kuahnya masih mengepul. Sedangkan mageli adalah semacam perkedel dengan komposisi kacang hijau, rempah-rempah dan cabai. Rasanya sedikit manis, gurih dan pedas. Sekali makan mageli, bisa dipastikan susah untuk berhenti saking enaknya. Warung sop singkong dan mageli yang legendaris ada di perempatan Kebun Sayur Balikpapan.

Mandai

Pertama kali mencicipi mandai, saya sempat mengira yang saya makan adalah olahan daging ayam. Lembut dan kenyalnya mirip. Tetapi ternyata bahan utama mandai adalah kulit cempedak. Cara pembuatannya kulit cempedak bagian luar dibuang terlebih dahulu. Setelah itu rendam kulit bagian dalam yang berwarna putih dalam air garam selama semalam. Keesokan harinya mandai siap diolah. Umumnya diolah dengan bumbu tumis. Untuk mandai yang lebih tahan lama, perendaman bisa dilanjutkan sampai seminggu dan mandai akan berubah warnah menjadi coklat tua kehitaman.

Sambal Gami

Sambal gami umumnya disajikan sebagai pendamping udang atau seafood lainnya, namun di kemudian hari banyak juga yang menyajikan sambal gami ayam goreng atau ikan tawar. Sambal Gami merupakan makan khas Kalimantan Timur yang banyak dijumpai di wilayah Bontang. Komposisi sambalnya seperti sambal pada umumnya, bawang merah, terasi, tomat, cabe rawit dan lainnya. Namun pembuatan sambal menjadi unik dan khas karena menggunakan cobek tanah liat dan langsung dimasak diatas api.

Ternyata banyak makanan daerah lain yang belum diketahui dan dicicipin bukan? Tentu tak ada alasan untuk menunda kunjungan ke Kalimantan Timur. Ada banyak penerbangan dari seluruh daerah ke Balikpapan dan Samarinda. Ayo kita mulai berwisata kuliner makanan tradisional, makanan khas Kalimantan Timur. Karena di sana ada lebih banyak lagi makanan khas yang lezat, unik dan tentu saja menarik untuk dicoba. Selamat berburu makanan lezat.


Post a comment for "Makanan khas Kalimantan Timur yang Enak "