Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Intip Makanan Khas Kalimantan Timur, Penggemar Olahan Ikan yuk Merapat

Intip makanan khas kalimantan timur,  penggemar  olahan ikan yuk merapat . Jalan-jalan ke  Kalimantan Timur jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas yang menjadi salah satu daya tarik saat berkunjung ke pulau batu bara ini. Beberapa sajiannya memiliki cita rasa pedas yang unik dan berbeda dari kuliner di kota-kota lain. Kalimantan Timur memiliki beberapa menu ungulan yang terbuat dari olahan ikan yang sangat diminati dan boleh dibilang hanya bisa ditemukan jika anda berkunjung ke Kalimantan Timur saja. Berikut kuliner olahan ikan yang menjadi favorit para wisatawan.

Gance Ruan

Hidangan pertama adalah Gance Ruan. Makanan khas dari Kutai Kartanegara ini adalah makanan yang terbuat dari olahan ikan haruan atau lebih di kenal dengan ikan gabus. Sedang gance adalah nama bumbu khas yang terdapat dalam menu ini. Cara penyajiannya cukup mudah, ikan ruan yang telah dilumuri sedikit garam dibakar atau digoreng kering saja, kemudian disajikan dengan ditaburi rempah-rempah khas yang bercita rasa pedas dan lezat.

Makanan khas Kalimantan Timur
Makanan khas Kalimantan Timur

Roba Ruan

Makanan khas Kalimantan Timur berikut ini juga menggunakan ikan haruan sebagai bintang utama, perbedaannya olahan ikan disini diracik halus hingga serupa abon. Roba Ruan biasa dinikmati dengan nasi hangat, rasa pedas dan gurih dari bumbu yang dicampur dalam menu ini membuat ingin terus tambah dan tambah porsi lagi.  Roba ruan juga sering ditemukan saat acara-acara keluarga berlangsung seperti saat lebaran, arisan atau pada pesta pernikahan.

Sayur Gangan Asam Kutai

Umumnya sayur asam hanya berisi beragam sayuran saja, di kota Kutai salah satu menu khas yang selalu dirindukan para perantau saat pulang kampung adalah sayur gangan asam kutai. Keunikan terletak pada kepala ikan gabus di dal sayur asam ini. Menu ini dilengkapi pula dengan sayuran seperti  kangkung, jantung pisang dan talas yang memberikan rasa segar dan gurih dari kaldu ikan.

Ikan Nila Sambal Gami

Bagi yang suka masakan yang di proses dengan cara dibakar, sangat direkomendasikan untuk mencoba menu yang satu ini.Uniknya Makanan khas Kalimantan Timur satu ini, menjadi kesukaan lantaran rasa sambal gaminya yang di masak di atas api langsung sangatlah lezat. Ikan nila yang dibakar kemudian dilumuri sambal gami yang terbuat dari campuran bawang merah dan bawang putih cabe rawit dan bumbu lainnya memiliki cita rasa yang sangat gurih.

Biasanya pada rumah makan atau restoran yang menyediakan menu ini memberikan layanan level pedas yang beragam, sehingga anak-anakpun bisa menikmati ikan nila sambal gami ini dengan rasa yang tidak begitu pedas. Yang istimewa dari menu ini terletak pada sambal gami nya, sehingga kita juga bisa memesan sambal tanpa ikan ataupun ayam. Sambal gami juga biasa dicampur dengan udang yang dikupas kulitnya hingga polos, sajian ini sangat cocok bersanding dengan sayur tumis dan nasi hangat.

Amplang

Bagi yang belum pernah tahu, amplang adalah sejenis kerupuk yang sangat gurih terbuat dari olahan ikan tenggiri. Daging ikan tenggiri dicampur dengan tepung dan bumbu yang biasa dipakai untuk membuat kerupuk sepert sahang, bawang dan garam.  Makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini biasa dikonsumsi sebagai pendamping saat menyantap menu berat lainnya seperti nasi kuning atau nasi uduk .  Tampilan amplang  berbentuk bulat dan kecil-kecil sehingga pas sekali hap dalam setiap kunyahannya.

Bagaimana? Sudah terbayang belum lezatnya makanan khas Kalimantan Timur ini. Semua kuliner ini dapat ditemui  di jajaran pedagang kaki lima juga loh, harganya pun cukup terjangkau.  Jika mampir ke Kalimantan Timur silahkan menyempatkan diri untuk menjajal semua menu khas dan unik ini. Namun, jika merasa tidak cocok dengan deretan menu di atas, jangan khawatir. Karena ada banyak pilihan menu lain yang tidak kalah lezat. Selamat mencoba.


Post a comment for "Intip Makanan Khas Kalimantan Timur, Penggemar Olahan Ikan yuk Merapat "