Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Referensi Masakan Jawa Timur Sederhana

Ini Dia Referensi Masakan Jawa Timur Sederhana - Salah satu hal unik dari Jawa Timur yakni terkait makanannya yang  begitu lezat. Bagi kamu yang saat ini tinggal di Jawa Timur ataupun pernah mengunjunginya tentu sudah cukup akrab dengan beberapa makanannya. Jika kamu belum pernah pergi ke sana, tidak ada salahnya mengetahui apa saja masakan di Jawa Timur yang enak tersebut. Dan pastinya, jenis makanan tersebut cukup mudah untuk dibuat karena konsepnya yang sangat sederhana. Maka dari itu, perhatikan referensi masakan sederhana Jawa Timur berikut ini.

Berbagai Makanan Jawa Timur

1.      Lentho Tradisional

Jenis masakan yang satu ini memang sudah cukup populer di Jawa Timur sebagai makanan tradisional. Makanan ini dibuat dari gaplek atau ketela pohon kering yang diparut. Lalu dipadukan dengan tempe atau kedelai yang sudah direndam. Namun di jaman dulu, orang orang biasa menggunakan tempe busuk atau tempe semangit. Tujuannya adalah untuk menghasilkan cita rasa kuat dan menambah kenikmatan. Uniknya, di dalam rasa masakan ini ada sensasi pedas dengan tambahan cabe saat pembuatannya.

2.      Sayur Asam Jawa Timur

Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa yang membedakan sayur asam dari Jawa Timur dengan daerah lainnya. Beda masakan Jawa Timur sederhana ini berada pada bumbu yang digunakan. Untuk membuatnya kamu hanya memerlukan 1 siung bawang merah yang diiris dengan tambahan gula dan garam sesuai selera. Berbeda dengan sayur asam dari daerah lain yang cenderung berasa tajam, serta menambahkan beberapa potong cabe di dalamnya.

masakan Jawa Timur sederhana
masakan Jawa Timur sederhana

3.      Kikil Sapi Surabaya

Siapa sih yang tidak tergoda dengan kelezatan olahan kikil sapi? Nah, saat mengunjungi Jawa Timur kamu wajib mencoba kikil sapi yang menjadi ciri khasnya.  Salah satu olahan kikil sapi yang cukup terkenal yaitu kikil sapi Surabaya. Tentu saja bahan utama untuk pembuatannya adalah kikil sapi yang dipadukan dengan bumbu-bumbu rempah tradisional.

4.       Orem-orem Tempe khas Malang

Masakan Jawa Timur sederhana selanjutnya adalah orem-orem tempe khas Malang yang hampir mirip dengan sayur lodeh. Hanya saja makanan ini lebih sering dihidangkan saat lebaran yang dipadukan dengan ketupat ataupun lontong. Untuk bahan-bahan yang ada di dalamnya juga cukup beragam, namun yang utama adalah tempe. Selain itu juga bisa ditambahkan bahan lain seperti tahu, telor, ataupun daging ayam.

5.      Sayur Lodeh

Tahukah kamu apa yang membedakan masakan sayur lodeh dari Jawa Timur? Sayur lodeh ini memiliki cita rasa gurih dan asin, serta tidak terlalu manis seperti sayur lodeh di daerah Jawa Tengah. Selain itu, sayur lodeh Jawa Timur juga berbeda dari daerah Bali yang cenderung memiliki rasa rempah yang tajam dan tidak terlalu pedas. Jadi jika lidahmu cocok dengan cita rasa ini, kamu wajib banget yang buat mencobanya!

6.      Opor Ayam

Masakan Jawa Timur sederhana yang satu ini memang hampir ada di seluruh daerah di Indonesia. Tapi jika mencicipi menu opor ayam ini, kamu akan disuguhi cita rasa yang lembut dengan aroma rempah tidak terlalu tajam. Karena dibeberapa daerah, opor sangat identik dengan sajian rasa yang tajam dari bahan serei, jahe, kunyit, lengkuas, dan bahan lainnya.

Nah, sudah tahu kan apa saja referensi masakan Jawa Timur sederhana yang rasanya begitu menggoda? Sebagai penikmat kuliner, pasti tak lengkap rasanya bila kamu tidak menyempatkan waktu mencicipi kuliner tradisional tersebut. Makanya segera coba berbagai referensi menu kuliner di atas!

Post a comment for "Ini Dia Referensi Masakan Jawa Timur Sederhana"