Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati-Hati! Ini 10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Flu dan Demam


Flu adalah salah satu penyakit pernafasan yang mudah sekali menular baik melalui udara ataupun interaksi secara langsung. Flu disebabkan oleh infeksi virus, saat anda mengalaminya, disarankan untuk istirahat yang cukup dan makan makanan yang bervitamin. Namun jangan salah, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat flu dan demam.

makanan yang harus dihindari saat flu dan demam

Beberapa jenis makanan tersebut harus anda hindari. Jika anda memaksakan untuk mengkonsumsinya maka akan berbahaya bagi kesehatan anda di hari berikutnya. Lantas apa saja jenis makanan yang harus dihindari orang yang sedang flu dan demam?

1.     Kopi dan Minuman Berkafein Lainnya

Kopi adalah jenis minuman yang paling wajib dihindari oleh orang yang mengalami dehidrasi. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan dehidrasi karena kafein memiliki sifat diuretik yaitu kemampuan untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Sehingga cairan dari tubuh anda akan banyak terbuang dari tubuh setelah mengkonsumsi kopi.
Bukan hanya kopi, semua jenis minuman atau makanan yang mengandung kafein dilarang untuk dikonsumsi. Karena dapat mengurangi cairan dari dalam tubuh anda dan membuat tubuh anda akan semakin dehidrasi dan kehilangan cairan nya.

2.     Makanan Manis

Proses imunitas tubuh pada saat terjangkit flu perlu ditingkatkan. Sedangkan jika anda mengkonsumsi makanan manis dapat mengurangi hal tersebut. mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula dapat menghambat kerja sel darah putih yang berjuang melawan infeksi. Selain itu, gula juga dapat menimbulkan peradangan pada tubuh.
Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, maka akan meningkatkan risiko peradangan pada tenggorokan dan juga perut. Disarankan untuk berhenti dan tidak mengkonsumsi makanan manis selama anda mengalami flu.

3.     Gorengan dan Makanan Berminyak

Makanan berminyak seperti gorengan adalah jenis makanan yang harus dihindari saat flu dan demam. Makanan berminyak seperti gorengan dapat meningkatkan peradangan pada tenggorokan dan juga perut. Selain itu, gorengan juga merupakan jenis makanan yang sangat sulit sekali dicerna  oleh tubuh.
Gorengan akan mengakibatkan terhambat nya sistem pencernaan. Sehingga akan mengganggu metabolisme dalam tubuh. Gorengan akan memaksa perut anda untuk bekerja 2 kali lebih berat dari pada biasanya. Sehingga membuat sistem dalam tubuh anda terganggu.

4.     Susu dan Produk Olehan Susu Lainnya

Saat demam, sebaiknya anda juga hindari mengkonsumsi susu ataupun makanan yang di olah berbahan dasar susu. Susu dapat meningkatkan produksi lendir dan dahak yang sudah tentu akan sangat mengganggu apalagi pada saat anda mengalami flu dan demam. Apalagi jika jenis susu yang anda konsumsi adalah susu full-fat.
Buka hanya susu cair, semua jenis produk makanan yang diolah berbahan dasar susu, dilarang untuk dikonsumsi. Keju merupakan produk olahan susu yang juga termasuk jenis makanan yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi saat flu.

5.     Karbohidrat Buatan

Karbohidrat  adalah jenis makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun pada saat flu anda harus menghindari mengkonsumsi makanan ini. Bukan tanpa alasan, karbohidrat merupakan jenis makanan yang mengandung gula dan saat masuk ke dalam tubuh sangat mudah sekali di urai menjadi gula oleh tubuh. 
Hindari beberapa jenis makanan karbohidrat buatan seperti roti dan sejenisnya. Selain dapat memicu dehidrasi dalam tubuh, karbohidrat buatan juga dapat menghambat kinerja darah putih yang akan memerangi infeksi virus flu. 

6.     Makanan yang Memiliki Rasa Pedas

Capsaicin di dalam cabe sebenarnya dapat membantu mengatasi saluran dalam hidung. Namun makanan pedas yang mengandung cabai dilarang dikonsumsi karena dapat menimbulkan masalah yang lebih berbahaya. Pedas dapat menimbulkan masalah pada perut dan saluran pencernaan anda nantinya.
Ini akan memperparah penyakit flu yang anda derita nantinya. Capsaicin dapat memproduksi lendir berlebih dan menimbulkan peradangan pada saluran pencernaan. Disamping itu, capsaicin ini juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran tenggorokan.

7.     Makanan Asam

Makanan asam adalah salah satu jenis makanan yang juga paling harus dihindari. Makanan asam dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, terutama anda yang sedang mengalami sakit flu. Makanan dapat menimbulkan sakit tenggorokan bahkan bisa menimbulkan peradangan yang sudah tentu akan sangat berbahaya.
Jenis buah asam yang harus dihindari adalah seperti jeruk, strawbery, dan jenis makanan asam lainnya. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih maka akan menimbulkan banyak sekali masalah kesehatan lainnya.

8.     Makan Bertekstur Keras

Saat anda mengalami sakit flu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang ringan dan mudah di cerna. Beberapa jenis makanan yang memiliki tekstur keras dan sulit dicerna sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Karena selain tidak nyaman saat dikonsumsi, juga akan berdampak banyak pada kesehatan anda.
Makanan bertekstur keras dapat menyebabkan iritasi pada saluran tenggorokan dan mengakibatkan terjadinya peradangan dan batuk. Sehingga flu yang anda alami akan lebih sulit untuk disembuhkan. Sebaliknya, flu anda akan semakin parah.

9.     Permen

Permen merupakan jenis makanan manis yang mengandung gula tinggi. Selain bis menghambat produksi dan kinerja sel darah putih untuk memerangi infeksi, permen juga dapat meningkatkan produksi lendir pada tenggorokan dan akan membuatnya semakin tidak nyaman.
Jika anda memang ingin segera sembuh dari penyakit flu yang anda derita hindari mengkonsumsi permen untuk sementara waktu hingga anda kembali sehat.

10.Mie Instan

Mie instan juga termasuk jenis makanan yang harus dihindari saat flu dan demam. Mie instan dapat memperparah sakit demam dan juga flu. Mie instan termasuk jenis  makanan yang sulit sekali untuk dicerna sehingga akan memaksa saluran pencernaan untuk  bekerja ekstra.

Post a comment for "Hati-Hati! Ini 10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Flu dan Demam"