Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Masakan Jawa Timur Sederhana dari Berbagai Kota

Daftar Masakan Jawa Timur Sederhana dari Berbagai Kota - Berbicara mengenai kuliner, mungkin saja pikiranmu akan langsung tertuju dengan menu-menu populer seperti masakan padang dan rendang. Padahal masih ada banyak menu masakan lain yang ada di Indonesia. Misalnya saja menu masakan dari berbagai kota di Jawa Timur. Pastinya, menu masakan tersebut memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri yang berbeda dari daerah lain. Nah, supaya kamu tidak penasaran, lebih baik perhatikan beberapa daftar masakan di kota-kota Jawa Timur ini!

Daftar Masakan Sederhana di Jawa Timur

1. Bakso Malang

Siapa sih yang tidak mengenal kepopuleran bakso Malang sebagai ikon bakso yang begitu laris dan diminati ini? Sesuai namanya, menu bakso legendaris ini berasal dari Malang Jawa Timur. Untuk bahan bakso, sayuran, kuah, dan juga bahan mi sebenarnya sama. Keunikannya terletak pada bumbu saus dan kerupuk pangsit yang menambah kenikmatan olahannya. Kerupuk pangsit ini juga tidak sembarangan, melainkan ditambahkan irisan sayur ataupun daging yang menambah kenyal dan rasa gurih.

2. Soto Lamongan

Berganti ke Kabupaten Lamongan, kamu bisa menikmati soto yang menjadi menu andalannya. Berbeda dari masakan Jawa Timur sederhana di daerah lain, dalam penyajian soto Lamongan ini kamu akan disuguhi taburan bubuk koya yang warna kuning. Sehingga ketika menikmatinya, kuah akan berubah warna menjadi kuning dan cenderung keruh. Sementara soto pada umunya, warna cenderung kuning bening tanpa ada koya.

masakan Jawa Timur sederhana
masakan Jawa Timur sederhana

3. Tahu walik Banyuwangi

Tahukah kamu jika ternyata tahu bisa dijadikan lauk lezat selain digoreng ataupun dikukus? Di Banyuwangi kamu bisa menjumpai menu dari olahan tahu yang bernama tahu walik. Sesuai namanya proses pembuatan tahu ini haruslah digoreng terlebih dahulu. Setelah dingin balik bagian dalam tahu menjadi bagian luar, lalu kembali goreng. Tak jarang, beberapa orang menambahkan isian daging cincang, bahan aci, ataupun aci sayuran untuk menambah kelezatan.

4. Pecel Madiun

Di daerah-daerah lain, mungkin masakan Jawa Timur sederhana berupa pecel ini sudah tidak asing lagi kamu dengar. Tapi tahukah kamu jika di Jawa Timur ada menu pecel Madiun yang menjadi ciri khas kota tersebut. Pebedaan pecel ini ada di cita rasa sambalnya yang pedas menggelegar di lidah. Selain itu, proses pembuatan sambalnya juga dilakukan secara manual. Tidak menggunakan mesin giling, sehingga berpengaruh pada rasa di lidah.

5. Lontong tahu telur Madiun

Bukan hanya terkenal dengan olahan pecelnya, tapi kamu juga bisa menemukan menu lontong tahu telur di Madiun. Menu ini dibuat dari tahu yang digoreng bareng telur, lalu dipadukan dengan lontong dan tauge. Untuk bumbu yang digunakan adalah saus kacang dan kecap, yang nantinya akan disiram di atas makanan yang disajikan. Namun jika membelinya dari pedagang, biasanya kamu akan diberikan pilihan untuk menggunakan lontong atau tidak.

Nah, apakah kamu tertarik untuk menjajal kenikmatan masakan Jawa Timur sederhana dari kota-kota di atas? Pastikan kamu menyempatkan diri mencicipinya jika berkunjung ke kota tersebut. Atau jika tidak memiliki kesempatan mengunjunginya, tidak ada salahnya loh kamu mencoba memasak di rumah. Apalagi saat ini ada banyak tutorial memasak makanan tradisional yang bisa dilihat di Youtube ataupun artikel blog. Sehingga kamu tetap bisa mencoba tanpa harus berkunjung ke sana, serta bisa mengobati rasa penasaranmu akan menu sederhana di awaa Timur tersebut.

Post a comment for "Daftar Masakan Jawa Timur Sederhana dari Berbagai Kota"