Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Masakan Indonesia yang Enak dan Wajib Dicoba Saat Travelling

Daftar Masakan Indonesia yang Enak dan Wajib Dicoba Saat Travelling ini memang nyata adanya. Nggak hanya bagi warga lokal, tetapi wisatawan dan turis luar negeri pun mengakuinya. Dengan kata lain, Indonesia merupakan tujuan paling tepat bagi turis yang ingin wisata kuliner. Soal makanan, nggak ada orang yang mampu menolaknya, deh. Dan negara ini pasti mampu memuaskan hasrat icip-icip karena sangat kaya dengan beragam menu kuliner menggugah selera.

Salah satu keuntungan berada di negara tropis adalah kekayaan kuliner yang tak terbantahkan. Dari ujung timur ke barat, dari selatan ke utara, hampir semua wilayah di Indonesia memiliki makanan khas yang wajib dicoba. Ke mana pun kakimu melangkah, lidahmu dijamin bergoyang. Sebelum travelling, siapkan perutmu baik-baik, ya. Lantas, makanan apa sih yang jadi favorit para pelancong? Simak daftar berikut ini, apa salah satunya makanan kesukaanmu?

Jenis Masakan Indonesia yang Enak dan Wajib Dicoba

Gado-gado

Kalau luar negeri punya salad, maka Indonesia punya gado-gado. Siapa sangka, makanan yang identik dengan sayuran campur-campur ini sangat tenar di Napoli, Italia. Gado-gado juga pernah ikut kompetisi bersama sederet makanan luar negeri, loh. Makanan lezat ini, sangat cocok untuk vegan sehingga beberapa vegetarian luar negeri sangat merekomendasikan makanan ini sebagai salad vegan yang next level. Sehingga nggak heran kalau disebut sebagai salah satu Masakan Indonesia yang enak.

masakan Indonesia yang enak
masakan Indonesia yang enak

Ayam Betutu

Sedang merencanakan liburan ke Bali? Jangan lupa untuk mencicipi kuliner unggulannya, yaitu ayam betutu. Masakan dengan cita rasa khas yang pedas dan sarat rempah aromatic ini, dimasak dengan ciri semua bumbunya yang dimasukkan ke dalam rongga perut si ayam.  Dimasak dengan proses yang panjang, hingga semua bumbunya meresap dalam. Juicy, yummy dan bikin nagih. Apalagi rasa pedaasnya bikin luar biasa menggugah selera.

Gudeg

Sekali sebut gudeg, maka imajinasi orang akan langsung terhubung dengan Kota Pelajar alias Yogyakarta. Berangkat dari sebuah kota kecil, gudeg berhasil merebut hati para pecinta kuliner dunia. Bahkan, nggak sedikit negara yang berniat untuk mengimpor gudeg dalam bentuk kemasan, loh.  Kerennya lagi masakan Indonesia yang enak ini dapat bertahan lama dan semakin lama, semakin lezat. Rasa lembut daging buah nangka, bumbu-bumbu yang gurih dan sediki pedas manis, bersatu dalam kentalnya santan kelapa. Benar-benar cita rasa yang mendunia.

Rendang

Prestasi membanggakan datang dari makanan khas dari Sumatera Barat, yaitu rendang. Siapa sangka, makanan yang menjadi ciri khas nasi padang ini berhasil menduduki peringkat pertama dalam kategori makanan terenak di dunia.  Tidak heran jika banyak orang yang sepakat jika ini sangat enak. Karena penuh dengan bumbu-bumbu khas nusantara, dimasak dalam waktu yang lama hingga mencapai kematangan sempurna. Sensasi pedas, gurih dan nagih.

Soto

Soto merupakan salah satu makanan yang general dan tersedia dalam banyak versi. Pasalnya, setiap daerah memiliki racikan tersendiri dalam menyajikan makanan berkuah ini. Seperti soto ayam, soto babat, soto Makasar, soto Lamongan, soto Betawi, dan lain sebagainya. Hebatnya, setiap daerah memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Bagaimana mereka membedakannya, ya? Tetapi semuanya seolah-olah memiliki satu karakter rasa yang sama. Menarik sekali bukan, masakan Indonesia yang enak ini?

Gimana, sudah ngiler? Segera buat daftar, lalu persiapkan anggaran. Jangan lupa, sebelum menikmati masakan Indonesia yang enak ini, cek riwayat alergi agar sensasi lezat yang dirasakan tidak menimbulkan masalah. Mengingat, ada banyak ragam makanan lezat lain yang bisa dijadikan pilihan kuliner selama perjalanan. Mari berpetualang di dunia kuliner, menjelajah khazanah rasa nusantara yang tiada habisnya. Selamat mencoba.


Post a comment for "Daftar Masakan Indonesia yang Enak dan Wajib Dicoba Saat Travelling"