Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Daftar] Buah yang Bagus untuk Masker Wajah, Bisa Bikin Cantik Lho!


Merawat wajah dengan bahan-bahan alami memang menjadi pilihan banyak orang saat ini. Pasalnya, bahan-bahan kimia lebih sering menimbulkan ketergantungan dan dampak buruk bagi kulit. Banyak pula yang sudah membuktikan bahwa perawatan alami secara rutin juga memberikan dampak secara signifikan. Apa saja jenis buah yang bagus untuk masker wajah?

Buah yang Bagus untuk Masker Wajah

1.     Bengkoang

Bengkoang mengandung vitamin B dan C yang berperan dalam melembabkan dan mencerahkan kulit. Tidak heran, buah yang satu ini sering dijadikan bahan dasar untuk pembuatan produk-produk perawatan kulit wajah. Buah yang satu ini juga berperan dalam menyehatkan kulit wajah serta membuat kulit semakin terlihat cantik.

Cara membuat masker dari bengkoang sangat mudah. Siapkan buah bengkoang, kupas dan cuci hingga bersih. Hancurkan buah bengkoang dengan blender agar lebih halus. Anda dapat mencampurkan buah bengkoang yang telah berbentuk pasta dengan madu atau perasan jeruk nipis. Anda juga bisa mencampurkan ketiga bahan tersebut untuk digunakan sebagai masker.

2.     Tomat

Buah tomat, salah satu buah yang tidak semua orang suka. Namun sangat bagus untuk kesehatan. Jika Anda amati, buah ini tentu sering jadi makanan penamping untuk sayuran. Tapi bisa jadi untuk yang lain bagus, terutama untuk merawat kecantikan Anda.

Kandungan vitamin A dan C yang ada di dalamnya menjadi andalan bagi Anda yang suka maksimalkan buah ini untuk tampil menarik. Gunakan sebagai masker wajah. Lebih tepatnya bisa difungsikan untuk mencerahkan wajah Anda.

Agar wajah Anda tampil cerah dan merona, gunakan buah tomat ini untuk oles-oles di wajah. Sebelumnya, belah buah tomat, lalu bisa ditempelkan langsung ke seluruh bagian wajah, atau ambil airnya ratakan air itu ke wajah Anda. Diamkan beberapa menit, lalu bilas.

3.     Alpukat

Buah alpukat tidak hanya enak dijadikan jus saja, melainkan juga dapat dijadikan sebagai masker wajah. Jika Anda memiliki masalah kulit kering, buah yang satu ini dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Buah alpukat mengandung protein, vitamin, dan omega 3 yang dapat membantu melembabkan dan mengencangkan kulit wajah.

Cara membuat masker alpukat cuku mudah. Siapkan buah alpukat dan haluskan menggunakan blender. Untuk campurannya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti minyak zaitun, susu, hingga kuning telur. Jika menggunakan minyak zaitun, Anda cukup mencampurkan alpukat yang telah halus dengan minyak zaitun lalu gunakan sebagai masker.

4.     Pisang

Buah yang satu sangat mudah ditemukan di pasar hingga supermarket. Pisang memiliki banyak manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat, melembutkan kulit, serta mengencangkan kulit. Di dalam pisang juga ada zat pelembab yang dapat melembabkan kulit secara alami. Tanpa perlu produk perawatan kulit yang mahal, Anda tetap dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik.

Memanfaatkan kulit untuk dijadikan masker tergolong cukup mudah. Sama seperti buah lainnya, haluskanlah buah pisang hingga berbentuk seperti pasta. Untuk campurannya, Anda dapat menambahkan madu atau minyak zaitun setelah pisang halus. Gunakan sebagai masker wajah selama setengah jam kemudian bilas dengan air hangat.

5.     Pepaya

Buah pepaya juga mudah ditemukan dan harganya tidak tergolong mahal. Dengan menjadikan buah pepaya sebagai masker, kulit Anda akan selalu sehat dan cerah. Hal ini karena pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berperan untuk membersihkan sel-sel kulit mati di wajah. Diketahui flek hitam di wajah biasanya berawal dari sel kulit mati yang menumpuk.

Cara mengolah buah pepaya untuk dijadikan masker juga sangat mudah. Haluskan buah pepaya dengan blender atau cukup dengan diulek. Campurkan buah pepaya yang telah halus dengan madu secukupnya. Oleskan campuran pepaya dan madu tersebut ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Bilas jika sudah mengering.

6.     Timun

Banyak orang yang hanya tahu manfaat timun baik untuk mata. Sebenarnya, timun juga baik untuk kulit wajah, apalagi untuk masalah kulit kering. Kandungan vitamin C dan kadar air di dalam timun yang mencapai 90 persen dapat membantu melembabkan dari luar dan dalam. Selain itu, vitamin C di dalam timun juga berperan dalam mengatasi iritasi pada kulit.

Cara membuat masker timun tidak sulit. Haluskan timun seperti biasa. Masker timun sudah dapat Anda gunakan di wajah. Atau, Anda juga dapat mencampurkan timun yang sudah halus dengan minyak zaitun secukupnya. Balurkan masker di kulit dan diamkan selama kurang lebih 20 menit, maka Anda akan merasakan manfaatnya.

7.     Kiwi

Buah kiwi juga dapat dijadikan masker wajah. Masker dari kiwi sangat ampuh untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini yang mungkin sudah terlihat di wajah Anda. Kandungan vitamin E dan antioksidan didalamnya sangat baik untuk melindungi serta menjaga kesehatan kulit. Buah kiwi juga dapat meregenerasi kulit sehingga Anda akan terlihat awet muda dan sehat.

Untuk menjadikan buah kiwi sebagai masker, Anda hanya perlu menghaluskannya menggunakan blender. Campurkan buah kiwi yang telah halus tersebut dengan bahan lain seperti air jeruk, air lemon, minyat zaitun, hingga yoghurt. Setelah tercampur rata, oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan biarkan mengering sekitar 20 menit.

8.     Strawberry

Buah strawberry lebih sering digunakan sebagai minuman. Tetapi, buah strawberry tidak hanya enak digunakan sebagai minuman saja, melainkan bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan kulit. Buah ini mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin E, vitamin K, serta asam salisilat yang menjadikan kulit lebih kenyal dan sehat.

Pemanfaat buah strawberry untuk masker juga tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu menghancurkannya dengan blender atau sendok lalu gunakan sebagai masker. Anda juga dapat menambahkan madu sebanyak satu atau dua sendok agar lebih banyak mendatangkan manfaat. Oleskan pada kulit wajah dan bilas dengan air hangat.

Setelah mengetahui buah yang bagus untuk masker wajah di atas, apakah Anda sekarang sudah tertarik untuk menggunakan masker dari buah? Selain dimakan, buah-buahan juga dapat Anda jadikan masker. Baik dimakan atau digunakan sebagai masker, buah-buahan tetap akan mendatangkan manfaat yang sama. Merawat kulit wajah penting dilakukan agar kulit terhindar dari permasalahan kulit.



Post a comment for "[Daftar] Buah yang Bagus untuk Masker Wajah, Bisa Bikin Cantik Lho!"

Berlangganan via Email