Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cobalah Nikmatnya Masakan Jawa Tengah dari Kota Solo Berikut Ini!

Cobalah Nikmatnya Masakan Jawa Tengah dari Kota Solo Berikut Ini! - Berkunjung ke kota Solo di Jawa Tengah, memang tidak lengkap rasanya jika melewatkan kenikmatan menu khas masakannya. Apalagi di kota Solo sangat terkenal dengan menu tradisional Jawa yang begitu kental. Anda bisa menikmati beragam jenis masakan dengan cita rasa gurih, asin, manis, atau pun berasa tajam di lidah. Nah, jika tertarik Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi menu masakan khas berikut ini.

Menu Masakan Jawa Tengah

1. Nasi liwet

Nasi liwet adalah salah satu menu dari kota Solo yang memiliki cita rasa gurih pada masakannya. Nasi ini biasanya dipadukan dengan beberapa bahan sayuran seperti labu siam ataupun urap. Sebagai tambahan, ada juga bahan telur, daging ayam dan opor yang disajikan sebagai pelengkap. Yang menjadi keunikan dari nasi liwet ini adalah cara penyajiannya yang tidak menggunakan piring, melainkan daun pisang. Cara penyajiannya yaitu daun pisang dibentuk agar menyerupai kerucut, lalu disematkan dengan potongan lidi agar bagian pinggirnya menyatu.

masakan Jawa Tengah
masakan Jawa Tengah

2. Selat Solo

Mendengar nama masakan selat Solo, mungkin anda akan ingat ketika Raja Salman datang mengunjungi Indonesia. Menu masakan Jawa Tengah ini adalah salah satu masakan yang dihidangkan untuk beliau. Dalam satu porsi menu, anda bisa menikmati berbagai kreasi dari bahan sayuran maupun daging. Untuk sayuran yang digunakan contohnya seperti potongan buncis, kentang, dan juga bahan wortel. Sedangkan untuk bahan dagingnya, ditambahkan dengan irisan daging sapi yang dipotong menyerupai stik. Sebagai pelengkap, ditambahkan juga bahan telur dan kuah semur.

3. Serabi Notosuman

Masakan selanjutnya yakni berupa serabi, di mana tampilannya hampir menyerupai pancake. Adonan serabi ini dibuat dengan bahan beras, gula, santan, garam, serta tambahan daun pandan sebagai penambah aroma alami. Keunikan dari serabi Notosuman ini adalah teksturnya yang kenyal dan lembut. Berbeda dengan serabi pada umumnya yang cenderung kering, sehingga perlu ditambahkan kuah gurih sebagai pelengkap. Dari segi cita rasa, Anda akan menikmati kenikmatan serabi yang begitu legit, serta tanpa tambahan kuah.

4. Timlo Solo

Sajian dari masakan Jawa Tengah ini memiliki isian daging ayam, ati dan ampela, serta tambahan sosis goreng. Tidak ketinggalan juga adanya telur pindang khas dari timlo Solo. Sementara sosis goreng yang disuguhkan juga berbeda dari timlo di daerah lain. Sosis yang digunakan dibuat dari bahan kulit lumpia atau risoles, dibentuk menyerupai martabak goreng.

Di dalam lipatan sosis ini anda dapat menikmati gurihnya daging dada ayam yang disuwir-suwir. Namun dalam penyajiannya sosis tidak disajikan secara utuh dalam bentuk martabak. Mainkan, sosis dipotong-potong kecil yang akan menambah citarasa gurih dan nikmat dari timlo Solo.

5. Tahu Kupat Solo

Menu masakan Jawa Tengah selanjutnya adalah tahu kupat Solo yang didominasi dengan bahan-bahan sayuran. Beberapa bahan yang digunakan misalnya toge, mie basah, tahu goreng, serta bakwan yang dipotong-potong kecil. Sebagai tambahan, disajikan juga bahan ketupat dan taburan kacang goreng. Dalam penyajiannya, semua bahan tersebut disajikan dalam satu mangkok yang ditambah bumbu kecap manis. Agar semakin gurih, tentu tidak lupa dengan tambahan taburan bawang merah dan bawang putih goreng, serta sajian kerupuk.

Nah, sudah tahu bukan apa saja menu masakan Jawa Tengah dari kota Solo yang harus Anda coba jika mengunjunginya? Jadi ketika berkunjung ke Solo, Anda tidak perlu bingung lagi menu kuliner apa yang harus dicoba. Karena Anda telah memiliki daftar masakan yang khas dari kota tersebut.


Post a comment for "Cobalah Nikmatnya Masakan Jawa Tengah dari Kota Solo Berikut Ini!"

Berlangganan via Email