Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Olahan Makanan Khas Sunda dengan Citarasa Menggoda

Berbagai Olahan Makanan Khas Sunda dengan Citarasa Menggoda - Makanan khas dari daerah Sunda memang begitu digemari oleh masyarakat, terutama mereka yang berasal dari Jawa Barat. Masakan ini tidak hanya terkenal dengan keunikannya, tetapi juga cita rasa yang lezat, gurih dan juga segar. Sehingga tidak heran jika masakan Sunda ini begitu digemari banyak orang, serta membuat tergoda dan ketagihan untuk kembali menikmatinya. Nah, jika anda juga tertarik untuk mencoba, sebaiknya perhatikan beberapa daftar menu makanan khas Sunda berikut ini.

Daftar Makanan Khas dari Sunda

1. Nasi Tutug Oncom

Menu masakan dari Sunda yang pertama adalah nasi tutug oncom yang berasal dari daerah Tasikmalaya. Sesuai namanya, menu kuliner ini tentu dibuat dari bahan oncom yaitu nasi yang dicampurkan bersama bahan kedelai. Perpaduan kedua bahan inilah yang menyebabkan nasi tutug oncom memiliki cita rasa yang begitu nikmat. Supaya lebih nikmat, tak jarang juga ditambahkan dengan sambal hijau saat penyajian.

Makanan khas Sunda
Makanan khas Sunda

2. Karedok

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah menu karedok yang hampir mirip dengan gado-gado dari Jakarta. Bahan pembuatannya hampir sama yaitu menggunakan sayur-sayuran dan ditambah siraman saus kacang. Namun yang membedakan adalah saus kacang dari karedok yang memakai tambahan temu kunci. Biasanya karedok juga disajikan bersama ayam goreng ataupun ikan gurame goreng untuk menambah kelezatannya.

3. Soto Bandung

Mungkin anda akan beranggapan jika menu kuliner soto Bandung ini akan sama dengan soto dari daerah lain. Padahal soto Bandung ini memiliki keunikan dari segi rasa, tampilan, maupun bahan yang digunakan. Soto Bandung dibuat dengan bahan-bahan seperti irisan daging sapi dan lobak, lalu ditambahkan siraman kuah putih. Rasa kuahnya pun begitu segar dan gurih, dengan tambahan taburan kedelai goreng dan perasan jeruk nipisnya.

4. Empal Gentong

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah empal gentong, yang mendengar namanya saja sudah cukup unik. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar daging sapi, babat, serta usus sapi. Nama gentong sendiri diambil dari cara pengolahannya yang menggunakan gentong dari tanah liat untuk memasak. Selanjutnya bahan-bahan tersebut dipadukan dengan bumbu khas, serta disajikan bersama irisan lontong dan bubuk cabai kering.

5. Empal Gepuk

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai empal gentong, kali ini ada lagi menu kuliner Sunda yang bernama empal gepuk. Meski namanya hampir sama, tapi cara pengolahannya sangatlah berbeda. Cara pengolahan empal gepuk cenderung lebih menyerupai cara memasak rendang.  Namun yang membedakan adalah cita rasa dari empal gepuk yang lebih manis dan kering, karena bahan sudah terlebih dulu digoreng sebelum penyajian.

6. Nasi timbel

Nasi timbel adalah salah satu menu makanan khas Sunda yang tampilannya hampir tidak berubah. Dari dulu sampai sekarang, nasi timbel selalu disajikan dengan bungkusan daun pisang yang membuat cita rasanya lebih enak dan beraroma sedap. Untuk melengkapi sajian, seringkali nasi timbel disajikan bersama ayam goreng atau ayam panggang, sambal, ikan asin, serta sayur lalap.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencoba makanan khas Sunda yang menggugah selera tersebut?Terlebih lagi jika melihat tampilan, cara pengolahan, serta penyajiannya yang unik. Perlu Anda tahu juga, bahwa Sebenarnya masih ada banyak menu kuliner lain yang berasal dari Sunda. Tentu saja keseluruhan menu tersebut mempunyai cita rasa dan keunikan tersendiri. Sehingga memang tak salah jika anda menyukai masakan tradisional dari daerah Sunda ini.

 


Post a comment for "Berbagai Olahan Makanan Khas Sunda dengan Citarasa Menggoda"