Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Menu Masakan Jawa Tengah khas Semarang

Berbagai Menu Masakan Jawa Tengah khas Semarang - Semarang adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang begitu terkenal dengan wisata sejarah, alam, hingga wisata kulinernya. Jika berbicara mengenai menu kuliner atau masakannya, ada banyak olahan yang perlu Anda coba. Seluruh menu ini tentu akan sedikit sulit untuk didapatkan di daerah lain. Kalaupun Anda menemukanya, biasanya rasa dan tampilan yang ditawarkan tidaklah mirip dengan menu yang dibuat langsung di Semarang. Berikut ini beberapa daftar masakan khas daerah Semarang dari Jawa Tengah tersebut.

Masakan Khas Semarang Jawa Tengah

1. Tahu gimbal

Makanan khas dari kota Semarang, Jawa Tengah yang pertama adalah tahu gimbal yang memiliki banyak penikmat. Menu masakan ini dibuat dari bahan tahu yang digoreng, lalu tambahkan irisan sayur kol mentah sebagai lalapan. Selanjutnya diberikan juga tambahan sayur tauge, telur, dan juga bahan udang. Untuk menambah kenikmatan tahu gimbal ini disuguhkan dengan kuah segar. Bahan kuah tersebut dibuat dari bumbu kacang tanah, dengan tambahan petis udang dan cabai.

Masakan Jawa Tengah
Masakan Jawa Tengah

2. Babat Gongso

Selanjutnya ada makanan babat gongso yang begitu legendaris di Semarang Jawa Tengah. Masakan Jawa Tengah yang satu ini sudah begitu lama dan turun-temurun sejak zaman dulu. Bahan yang dipakai dalam pembuatan babat gongso adalah sapi atau babat yang diolah menjadi kuah manis pedas. Sementara untuk bumbu yang digunakan adalah cabai, daun salam, dan juga tambahan kunyit sebagai pewarna. Yang membuat makanan ini sangat unik adalah pengolahannya yang masih menggunakan cara tradisional yakni tungku.

3. Soto Semarang

Menu kuliner soto Semarang sangatlah cocok untuk dijadikan menu utama dalam sarapan di pagi hari. Ketika menikmatinya, Anda akan disuguhi kuah soto dengan tampilan kaldu yang bening dan berwarna kekuningan. Selain itu, pembuatan kuah juga dipadukan dengan air santan atau perasan air kelapa untuk menambah rasa gurih. Menu ini disajikan secara lengkap dengan nasi soto irisan ayam, mi beras, serta tambahan kerupuk kerak. Agar lebih nikmat Anda bisa menambahkan lauk lain seperti sate telur puyuh, ati ataupun sate kerang sebagai tambahan rasa.

4. Gudangan

Bagi Anda yang menyukai masakan sayur-sayuran, menu masakan Jawa Tengah gudangan bisa jadi pilihan tepat. Proses pengolahan makanan ini adalah dengan direbus, lalu disuguhkan dengan parutan kelapa sebagai sambal. Jika dilihat, tampilan mirip dengan urap. Untuk pembuatan sambal dari kelapa parut tersebut, ditambahkan bumbu-bumbu seperti bawang, cabai merah dan juga kunyit. Untuk melengkapi kenikmatannya, gudangan disajikan dengan tambahan nasi hangat dan telur rebus.

5. Mi kopyok

Sesuai dengan namanya, menu makanan ini dibuat dari bahan mie dan merupakan salah satu menu legendaris. Berbeda dari mie daerah lain, mie kopyor ini memiliki ciri khasnya sendiri. Mie kopyok disajikan dengan tambahan irisan daging sapi, tahu serta gurihnya kerupuk gendar. Mie yang digunakan adalah mie basah, dicampur dengan kecambah rebus hingga mendidih. Setelah matang bisa ditambahkan tahu dan ketupat atau lontong, serta bumbu pelengkap seperti kuah kaldu, seledri, dan juga bawang goreng.

Itulah tadi beberapa menu masakan Jawa Tengah dari kota Semarang yang begitu terkenal. Jadi ketika Anda di tengah mengunjungi kota Semarang, tidak ada salahnya menyempatkan diri menikmati makanan khas daerah tersebut. Dengan begini, Anda tidak hanya mendapatkan pengalaman jalan-jalan ke tempat wisata alam atau sejarahnya saja. Tetapi anda juga akan mendapatkan pengalaman menikmati menu kuliner yang terkenal khas di sana.


Post a comment for "Berbagai Menu Masakan Jawa Tengah khas Semarang"