Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayam Betutu Termasuk Makanan Khas Bali yang Dikenal Dunia

Ayam Betutu termasuk makanan Khas Bali yang dikenal Dunia. Bali dikenal sebagai wilayah yang memiliki berbagai pantai dengan pemandangan alam yang eksotis. Oleh karananya, barangkali pembaca sudah tidak asing lagi dengan beberapa pantai yang emmang terkenal sebagai tujuan wisata menarik. Di antaranya ialah Pantai Kuta Bali, Pantai Sanurm Pantai Nusa Dua dan lain sebagainya. Selain itu, Bali juga dikenal dengan jantung budaya Indonesia yang masih terawat hingga sekarang.

Hal tersebut dikarebakan Bali masih mempertahankan unsur kearifan lokal, mulai dari kesenian, upacara-upacara adat, hingga arsitektur bangunan. Kekayaan alam dan kekayaan budaya tersebut lah yang menjadikan Bali sebagai destinasi yang menarik bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

masakan khas Bali
masakan khas Bali

Sebagai wilayah yang tidak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara, Bali agaknya juga mampu memanjakan para pengunjungnya dengan ragam kuliner khas Bali yang tidak ada di daerah lain. Jika ada pun, rasanya berbeda dengan yang ada di Bali. Salah satu masakan khas Bali tersebut adalah Ayam Betutu.

Mengunjungi Bali akan tidak lengkap jika tidak merasakan cita rasa khas masakan yang satu ini. Namanya ayam betutu. Meski disebut dengan ayam betutu, masakan ini biasa diolah dengan dua varian bahan daging yakni daging ayam atau memilih menggunakan daging bebek. Kedua daging ini sama-sama lezat diolah menjadi ayam betutu dengan bumbu khasnya.

Ayam betutu adalah salah satu masakan khas Bali yang diolah dengan cara yang bisa dibilang cukup unik. Yakni dengan memasukkan segala bumbu halus khas membuat ayam betutu ke dalam rongga ayam. Bumbu tersebut adalah perpaduan antara berbagai jenis bumbu daun salam, daun jeruk, daun sereh, bawang merah, kemiri, jahe, dan kunyit. Setelah bumbu dimasukkan, maka selanjutnya ayam akan dibungkus dengan pelepah pisang.

Pengolahan ayam betutu secara tradisional ini dilakukan dengan memasukkan ayam yang telah dibungkus pelepah pisang pada rongga dalam tanah untuk kemudian dibakar dengan api sekam. Ciri api sekam adalah panas yang merata dan tahan lama, dengan bahan bakar itu, maka ayam yang dibungkus pelepah pisang tersebut akan matang merata. Uap air, lemak, dan uap dari bumbu yang dihasilkan dari proses pembakara tersebut akan membuat ayam betutu menjadi sedap dan beraroma khas.

Semakin melimpah uap yang dihasilkan dari proses pembakaran ayam betutu dalam pelepah pisang tersebut akan membuat makanan khas Bali yang biasanya disajikan sebagai lauk ini akan semakin sedap. Meski begitu, saat ini telah banyak para penjual yang memasak ayam betutu dengan cara yang lebih praktis, yakni dengan menggunakan peralatan masak yang lebih canggih yang membuat daging bisa empuk sampai ke tulang-tulangnya.

Ayam betutu ini, selain disajikan dalam dish sendiri, ia biasanya juga disajikan sebagai pelengkap masakan khas Bali lainnya. di antaranya ialah dusuwir-suwir menjadi lauk nasi sela, makanan khas Bali yang dibuat dengan memadukan sela (ketela) dan umbi jalar, disajikan bersama nasi atau tipat (penyebutan ketupat dalam bahasa Bali). Menu-menu masakan ini bukan menu yang langka, karenanya, dengan mudah Anda akan dapat merasakan nikmatnya sajian-sajian yang menggugah selera ini.

Demikian adalah paparan mengenai ayam betutu, makanan khas Bali yang dikenal dunia. Karakter masakan Bali sangat terasa pada makanan yang telah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia ini. Sehingga jika Anda berkunjung ke Bali dan hanya menikmati pantainya, maka Anda telah melewatkan satu surganya kuliner Bali.

 

 

 


Post a comment for "Ayam Betutu Termasuk Makanan Khas Bali yang Dikenal Dunia"