Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aneka Oleh-Oleh Makanan Khas Kalimantan Timur

Aneka oleh-oleh makanan khas Kalimantan Timur, mendapat perhatian khusus dari para wisatawan. Bahkan tak banyak para pendatang yang singgah dan menyempatkan waktu khusus untuk berburu kuliner di Kalimantan Timur. Setiap daerah memiliki cita rasa tersendiri sehingga menjadikan oleh-oleh adalah suatu hal yang wajib untuk dibawa pulang untuk keluarga di rumah selepas berkunjung dari provinsi ini.

Salah satu ciri khas oleh-oleh provinsi ini adalah rasanya yang kuat di lidah. Orang yang merasakan akan merasakan rasa khas yang selalu ditonjolkan dari daerah ini. Rasa yang kaya akan rembah dan bumbu-bumbunya selalu menjadi pilihan.Berikut akan kami paparkan berbagai jenis oleh-oleh makanan khas dari wilayah Kalimantan Timur yang selalu menjadi primadona untuk para wisatawan yang singgah atau segedar melintas di kawasan tersebut. 

Amplang ikan

Banyak daerah yang memproduksi amplang ikan, namun amplang makanan khas Kalimantan Timur selalu menjadi juara. Rasa yang khas dan pekat rasa ikan selalu menjadi ciri khas. Amplang ini rasanya gurih. Selain itu makanan ringan tersebut sudah banyak terkirim ke luar daerah karena peminatnya yang banyak. Amplang ikan menjadikan dearah ini bertumbuh karena banyak para penduduknya yang memiliki mata pencaharian sebagai pembuat amplang ikan.

Makanan khas Kalimantan Timur
Makanan khas Kalimantan Timur

Keminting

Keminting adalah oleh-oleh dari Kalimantan Timur yang memiliki cita rasa manis. Bahan yang terbuat dari tepung terigu, kanji, dan gula merah ini jika dilihat sekilas bentuknya seperti halnya buah kemiri. Tekstur makanan ini agak sedikit keras saat dikunyah. Namun tidak mengurangi minat pecinta makanan tersebut. Karena rasa manis yang keluar inilah menjadikan keminting cocok untuk teman minum kopi.

Bingka

Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya adalah bingka, yang merupakan makanan basah yang terbuat dari tepung, kentang, susu, mentega, dan gula. Bingka adalah salah satu makanan basah yang memiliki cita rasa manis di lidah pas dan tetap bikin nagih. Bingka itu sendiri memiliki banyak varian rasa sesuai keinginan masing-masing individu. Belum lengkap rasanya jika melintas ke daerah Kalimantan Timur namun belum mencicipi makanan basah ini. Uniknya, bingka memiliki tekstur lembut dan empuk sehingga disukai oleh banyak orang.

Mantau

Mantau adalah oleh-oleh yang cocok untuk diberikan kepada sanak saudara sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Kalimanta Timur. Rasa makanan ini sangatlah lezat dan gurih di lidah para penikmatnya. Makanan ini akan dengan mudah didapatkan di toko pusat oleh-oleh. Karena salah satu makanan khas ini banyak peminatnya, maka tidak harus berebut untuk mendapatkan makanan lezat satu ini.

Rangai

Rangai adalah produk yang terkenal di daerah Berau sebagai salah satu makanan khas Kalimantan Timur khususnya untuk oleh-olehnya. Makanan ringan ini terbuat dari ketan yang diolah dengan cara dipanggang menggunakan oven. Secara bentuk, makanan ini berbentuk kotak dan lonjong dengan cita rasa gurih dan lezat. Rangai juga termasuk dalam daftar makanan yang sering digunakan oleh-oleh orang yang baru melintasi atau singgah di daerah Kalimantan Timur.

Abon kepiting

Abon kepitih adalah makanan yang awalnya dari daerah Tarakan. Makanan yang ini banyak menjadi santapan para pecinta kuliner karena cita rasanya yang khas dibanding produk abon pada umumnya yang terbuat dari bahan daging sapi. Makanan ini cocok digunakan teman makan santap bersama nasi hangat. Karena kemasannya yang tahan lama untuk jangka waktu tertentu, banyak pula para pengunjung yang membawa abon kepiting ini sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarganya di rumah.

Demikian hasil berburu makanan khas Kalimantan Timur, semoga dapat mengobati rasa penasaran bagi para pecinta kuliner khas daerah ini. Setiap daerah memiliki keunikan masing-masing, termasuk makanan dari daerah satu ini. Akan sangat disayangkan jika berkunjung ke suatu daerah namun belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Selain itu akan senang pula keluarga di rumah saat orang terkasih membawakan oleh-oleh. Selamat mencoba.


Post a comment for "Aneka Oleh-Oleh Makanan Khas Kalimantan Timur "