Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Pola Makan Sehat Tetapi Tetap Enak dan Nikmat


Jika ingin memiliki tubuh yang ideal dan bebas penyakit tentu pola makan sehat harus dijaga. Sayangnya tidak banyak masyarakat yang mengetahui apa saja pola makan sehat  yang bagus dan tidak membuat BB obesitas. Apa anda termasuk salah satunya? Coba gunakan 8 pola makan sehat berikut ini deh.


1.     Memilih Makanan dengan Gizi Seimbang

Pola makan menyehatkan yang pertama adalah memilih makanan dengan gizi seimbang. Maksudnya,  bukan satu gizi lebih banyak dibandingkan yang lain melainkan porsi setara. Jika vitamin C-nya 25% maka vitamin yang lain juga harus 25%.

Pola makan semacam ini yang akan sangat menyehatkan. Sebab kebutuhan organ tubuh terhadap nutrisi akan terpenuhi yang berefek pada kinerja metabolisme juga maksimal. Ending-nya tentu organ akan tetap sehat dan awet.

Sebaliknya jika makanan yang dikonsumsi gizinya tidak seimbang maka hanya organ tertentu saja yang berhasil menyerapnya. Ini yang justru bisa memicu terjadi tidak normalnya kinerja metabolisme di dalam badan.

2.     Jangan Mengkonsumsi Makanan Olahan Siap Saji

Makanan olahan apalagi yang siap saji sangat tidak bagus bagi kesehatan tubuh. Bahkan, kandungan lemak yang berlebihan membuat berat badan akan meningkat tanpa bisa dicegah dan ditahan.

Tak hanya itu, kadar protein yang juga over load bisa membuat gangguan kesehatan yang tak kalah akut. Salah satunya adalah kolesterol, hipertensi hingga stroke. Padahal makanan olahan siap saji memiliki kandungan protein yang begitu besar.

Lebih baik ganti makanan olahan dengan makanan yang utuh. Seperti buah-buahan, sayuran, pasta gandum, susu rendah lemak dan semacamnya. Ini jenis penganan yang bagus dan tidak akan menyisakan racun di dalam badan.

3.     Makan Sayuran Hijau dengan Rutin

Pola makan sehat dan bergizi yang ketiga adalah makan sayuran hijau dengan rutin. Ini merupakan jenis makanan yang tidak hanya nyaman tetapi juga murah. Bahkan harganya ada yang hanya ribuan rupiah saja.

Sekalipun demikian sayuran hijau termasuk makanan yang sangat bermanfaat. Terutama bagi pencernaan serta untuk mengurangi berkumpulnya lemak di dalam perut. Sebab kandungan sayuran hijau ada yang bersifat diuretik.

Jika makan sayuran hijau dengan rutin otomatis kebiasaan BAB menjadi lancar. Sembelit tidak terjadi yang berefek pada terkurasnya lemak di badan. Ini alasan mengapa sayuran hijau bagus untuk diet perempuan yang kegemukan.

4.     Makan Sesuai Menu Sehat yang Ada di Buku Catatan

Menulis menu sehat harian di buku catatan juga bisa dijadikan tahapan pola makan sehat. Sebab dengan kebiasaan tersebut jika sekali makan penganan tidak sehat akan bisa terlihat saat itu juga.

Artinya catatan menu sehat hari ini bisa dijadikan tolak ukur apakah makanan yang dikonsumsi sudah menyehatkan apa belum. Ini pula bisa dijadikan sarana mempersiapkan menu makanan yang akan dikonsumsi keesokan harinya.

Oleh karena itu jika ingin sehat silakan catat menu makanan sehat esok hari. Setelah itu pastikan menu tersebut dipersiapkan serta dikonsumsi dan jangan sampai memilih makanan lain yang berada di luar catatan.

5.     Makan Sesuai Kondisi Lapar Kenyang

Pola makan yang sehat adalah pola makan dimana kamu akan mengkonsumsi makanan jika perut sedang lapar. Sebaliknya jangan harap tubuh menjadi sehat jika perut sudah kenyang masih dijejali dengan makanan.

Ini menjadi mungkin terutama ketika melihat makanan yang menarik selera. Bukan tidak mungkin keinginan untuk menyantapnya sangat besar sekalipun baru selesai makan beberapa saat yang lalu dan perut masih kenyang.

Pola makan seperti ini yang tidak dianjurkan. Sebab penyakit tidak hanya disebabkan makanan yang tidak sehat saja. Kekenyangan dan kelaparan sekalipun bisa menjadi penyakit yang berbahaya.

6.     Banyak Minum Air

Pola makan sehat berikut adalah menambah asupan air seiring dengan rutinitas makan tiga kali sehari. Sebab tubuh tidak hanya butuh protein, vitamin, kalsium dan semacamnya tetapi juga butuh mineral.

Pihak medis menyampaikan kalau sebagian besar unsur fitonutrien di dalam tubuh adalah air. Sampai ada istilah tidak makan satu bulan masih bisa hidup. Lain soal jika tidak minum tiga hari saja, pasti ada gangguan membahayakan yang terjadi.

Aturan minum yang ideal adalah 8 gelas perhari. Ini sudah sesuai dengan asupan makanan dengan gizi seimbang yang dikonsumsi, baik untuk sarapan, makan siang dan juga makan malam. Sehingga, anjuran ini perlu dilakukan.

7.     Jangan Lupakan Sarapan

Bagi yang ingin sehat jangan sampai melupakan sarapan. Kalau perlu rutinkan kebiasaan makan pagi tersebut selama-lamanya sampai ajal menjemput. Sebab, fungsinya bagi kesehatan tubuh sangat besar.

Fungsi sarapan tidak hanya untuk mempersiapkan energi agar bisa beraktivitas di pagi hari hingga siang hari. Namun, kebiasaan ini juga menjadi dasar pembentukan imunitas agar tidak mudah diserang penyakit saat beraktivitas di waktu tersebut.

Silakan jadwalkan makan pagi yang ideal dan tidak terlalu mepet dengan jam kerja. Hal ini dikarenakan tidak akan maksimal, jika sehabis sarapan langsung kerja, yang ada metabolisme semakin cepat yang berefek pada terkurasnya stamina di awal waktu.

8.     Kurangi Asupan Karbo

Karbohidrat adalah fitonutrien tubuh yang sejatinya penting untuk meningkatkan stamina dan vitalitas. Bahkan makanan dengan kandungan inilah yang membuat perut terasa kenyang.

Akan tetapi jika karbo terlalu banyak justru bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Salah satunya adalah masalah obesitas atau berat badan yang berlebihan. Problem inilah yang sejatinya menjadi pemicu munculnya hipertensi, lemak darah dan kanker.

Selain itu terbiasa makan makanan berkarbon dengan porsi banyak juga membuat penampilan menjadi buruk. Yang pasti perut membesar karena terdapat lemak di dalam lipatan-lipatannya.

9.     Tidak Tidur Setelah Makan

Ada yang bilang makan sampai kenyang lalu tidur adalah hal yang sangat nikmat. Padahal pola makan semacam ini tidak dianjurkan karena bisa memunculkan berbagai macam penyakit.
Alasan sederhananya adalah jika terbiasa makan seperti ini makanan akan bertumpuk di pencernaan tanpa diberi ruang menjadi energi. Yang ada ekstraksi organ untuk mengubahnya menjadi ekstra cepat yang merugikan organ itu sendiri.

Alangkah baiknya jangan tidur setelah makan melainkan beraktivitas terlebih dahulu. Seperti berjalan-jalan, berolahraga atau sekadar menyiram bunga di halaman rumah. Bisa juga dengan membaca buku di malam hari menjelang tidur.

Inti dari pola makan sehat adalah tata cara makan yang tidak menimbulkan masalah bagi badan. Tetapi justru membuat kinerja organ maksimal sehingga penyakit tidak mudah bersarang. Oleh sebab itu terapkan pola yang sudah dijelaskan di atas.




Post a comment for "9 Pola Makan Sehat Tetapi Tetap Enak dan Nikmat"

Berlangganan via Email