Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Jenis Makanan untuk Anak Demam Batuk Pilek, Moms Mesti Paham!

Selain memberikan obat, ketika anak mengalami sakit demam, flu, dan batuk filek makanannya harus terjaga dengan baik. Jika anak diberikan makanan yang tepat, maka akan mempercepat proses penyembuhan nya. Selain itu, beberapa jenis makanan juga dapat membantu mempercepat proses pemulihan nya. Apa saja jenis makanan untuk anak demam batuk pilek ?


Makanan untuk Anak Demam Batuk Pilek

1.     Soto Ayam

Soto Ayam adalah makanan untuk anak demam batuk pilek yang bisa meredakan penyakit. Bahkan uap dari makanan bisa dijadikan sarana untuk melegakan hidung dan mengentalkan lendir.
Jika mengkonsumsi soto ayam hangat setiap siang hari dan malam hari gejala flu akan reda dengan sendirinya. Jadi tidak perlu lagi membeli obat generik di warung atau mendatangi dokter spesialis THT.

Oleh sebab itu, jika anak sudah mengalami gangguan pilek dan flu segera atasi dengan soto ayam hangat. Pastikan pula yang kuahnya banyak serta konsumsi selagi hangat tetapi tidak panas.

2.     Bubur Panas di Pagi Hari

Selain soto ayam, anak yang mengalami gangguan flu dan pilek juga bisa diberikan bubur panas di pagi hari. Silakan jadikan menu ini sebagai sarapan rutin minimal hingga penyakit sembuh atau gejala berkurang.

Bubur panas tidak hanya mampu mengeringkan lendir hidung, tetapi juga bagus untuk pencernaan. Sebab, tekstur makanan ini tidak kasar sehingga tidak akan melukai tenggorokan dan selainnya.
Ini tentu sangat bagus apalagi anak yang mengalami masalah flu dan pilek, biasanya juga disertai dengan tenggorokan kering. Jika mengkonsumsi makanan yang kasar risiko tenggorokan terluka akan sangat besar.

3.     Sop Sayur Hijau

Makanan untuk anak demam batuk pilek yang berikutnya adalah sop sayur hijau. Usahakan makanan ini juga dikonsumsi pada saat masih hangat-hangat kuku. Sebab kandungan nutrisi di dalamnya tetap ideal dan tidak berkurang.

Sayur hijau seperti sawi, kubis, kangkung, kacang panjang dan selainnya bagus untuk imunitas tubuh. Selain itu di dalamnya juga mengandung antioksidan yang bisa membunuh virus influenza penyebab pilek dan flu.

Maka dari itu mengkonsumsi sop sayur hijau juga bagus untuk anak yang sedang flu. Kalu rutin biasanya satu minggu kemudian penyakit akan sembuh dengan sendirinya. Apalagi jika disertai dengan istirahat yang cukup.

4.     Air Madu

Jika anak mengalami flu dan pilek coba berikan air madu. Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan madu ke dalam segelas air hangat. Setelah itu aduk sebentar lalu berikan pada anak.
Efek rasa hangat madu bisa menimbulkan relaksasi pada darah. Termasuk juga mempercepat proses munculnya lendir di dalam hidung supaya mudah dikeluarkan melalui ingus.

Jika rajin mengkonsumsi air madu minimal satu hari sehari bisa meredakan gejala flu dan pilek. Bahkan, hidung yang tersumbat akan kembali lancar seperti sedia kala. Ini juga makanan yang pasti disukai anak karena rasanya enak.

Oleh sebab itu, madu adalah makanan yang layak dipersiapkan oleh keluarga. Sehingga ketika anak mengalami gejala flu bisa segera diatasi secepatnya tanpa harus mendatangi dokter atau dengan dilakukan pengobatan secara kimiawi.

5.     Makan Buah-Buahan

Buah buahan dianggap bisa mengatasi berbagai macam penyakit akibat gangguan bakteri dan virus. Salah satu buah yang layak dikonsumsi anak adalah stroberi, jeruk dan tomat. Karena buah-buah ini mengandung vitamin C yang ideal.

Vitamin C sendiri adalah fitonutrien yang bekerja sebagai antioksidan tubuh. Vitamin inilah yang sejadinya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya lebih tahan kepada penyakit.
Sekadar saran, jika anak flu dan pilek jangan berikan vitamin c kimia tetapi makan saja buah-buahan di atas. Jika rutin dilakukan biasanya gejala penyakit akan mulai berkurang.

6.     Daging Tanpa Lemak

Makanan untuk anak demam karena flu dan pilek yang ke enam adalah daging tanpa lemak. Apalagi jika yang dimasak setengah matang dan tergolong daging yang masih segar.

Daging tanpa lemak biasanya mengandung zat besi atau kalsium yang cukup tinggi. Zat inilah yang sejatinya bisa meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Sehingga gangguan virus influenza di dalam tubuh bisa dimenangkan oleh imun.

Daging tanpa lemak yang bagus di antaranya adalah daging fillet, daging ayam kampung dan ikan laut. Silakan jika anak mengalami gangguan flu berikan lauk tersebut ketika mereka sedang makan.

7.     Teh Hijau

Teh Hijau dianggap juga bisa mengatasi gangguan flu yang sedang menyerang anak. Sebab minuman khas yang juga bisa dikonsumsi sehabis makan ini memiliki antioksidan yang cukup untuk memerangi virus di dalam tubuh.

Selain itu, jika dicampur dengan jahe maka uap panasnya bisa meredakan hidung tersumbat. Sehingga tidak perlu khawatir tidur anak terganggu akibat kesulitan bernafas akibat hidung meler tersebut.

Akan tetapi jika ingin memberikan teh hijau pada anak, pastikan takaran nya pas. Sebab, minuman ini memiliki kandar kafein yang cukup tinggi. Selain itu, jangan berikan teh hijau pada anak di bawah usia sepuluh tahun.

Takaran teh hijau yang tepat pada anak flu adalah satu cangkir di pagi hari. Silakan diberikan sekali saja untuk mencegah efek samping dari kafein yang dikandung di dalamnya.

8.     Jahe dan Madu

Makanan yang bagus untuk anak flu adalah jahe dan madu. Jika takaran nya pas biasanya ini juga bisa menjadi obat yang membuat gejala pilek bisa sembuh dengan cepat. Selain itu, dikolaborasi keduanya juga bisa dan mujarab.

Untuk menetralisir hawa panas dari jahe dan madu, silakan campurkan dengan air hangat. Setelah itu, aduk dulu baru berikan pada anak minimal satu sendok makan untuk durasi tiga kali sehari.
Sebelum dikonsumsi boleh uapnya dihirup dulu. Pasalnya, aroma jahe yang tajam dan madu bisa membuat hidung terasa hangat sehingga lendir yang menyumbat menjadi mudah dikeluarkan.

9.     Telur Rebus Setengah Matang

Makanan untuk anak flu yang terakhir adalah telur rebus yang dimasak setengah matang. Bahkan usahakan bagian tengahnya masih leleh namun tidak mentah. Telur semacam inilah yang bisa menimbulkan hawa hangat pada tubuh.

Selain itu, telur setengah matang juga masih mengandung protein yang tinggi. Senyawa inilah yang sejatinya dibutuhkan tubuh untuk tetap berenergi dalam melawan terjadinya virus di dalam tubuh.
Nah, jika anak mengalami flu jangan langsung membeli obat tetapi berikan makanan yang sudah dijelaskan di atas terlebih dahulu. Pastikan anak menyukai dan mau memakannya karena ini untuk kesembuhan flu yang mereka derita.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang tepat untuk anak demam batuk pilek. Pastikan makanan ini diiringi dengan istirahat yang cukup serta cegah anak untuk bermain di tengah hari yang panas.


Post a comment for "9 Jenis Makanan untuk Anak Demam Batuk Pilek, Moms Mesti Paham! "