Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Faktor Penyebab Kanker Serviks Pada Remaja yang Wajib Diwaspadai


Kanker serviks merupakan salah satu penyakit kanker yang sangat wajib diwaspadai oleh para wanita, tidak terkecuali wanita remaja. Pada umumnya, kanker ini menyerang bagian leher rahim pada wanita. Penyakit ini termasuk salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Untuk meminimalisir terserang penyakit ini, ketahui beberapa faktor penyebab kanker serviks pada remaja berikut ini.
penyebab kanker serviks pada remaja
Image By Pixabay

1)    Hubungan Seks di Usia Dini

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Reckitt Benckiser Indonesia yang dicutat dari halaman Liputan6, menyebutkan bahwa ada 30% wanita remaja pernah melakukan hubungan seks di luar nikah bahkan tanpa menggunakan alat konstrasepsi sama sekali. Ini tentu sangat mencengangkan sekali bahkan untuk sebuah negara dengan agama muslim terbesar dunia.

Hubungan seks usia dini bisa menjadi salah satu faktor penyebab kanker serviks pada wanita. Hal ini dikarenakan, organ reproduksi wanita yang berusia masih muda sangat rentan sekali terhadap serangan virus HVP yang merupakan salah satu cikal bakal virus serviks yang menyerang wanita. Anak remaja yang sering mengalami kanker serviks ini adalah mereka yang tidak mendapatkan vaksin HPV.

2)    Berganti Pasangan Seks

Selain melakukan hubungan intim pada saat usia dini, kanker serviks juga bisa terjadi sebagai akibat dari seringnya melakukan aktivitas seksual bersama dengan orang berbeda-beda atau selalu bergonta ganti pasangan seksual dalam waktu yang lebih intent.

Semakin sering melakukan hubungan intim dengan pasangan yang berbeda-beda, maka akan semakin tinggi risiko terkena virus HPV yang kemudian akan membuat anda terserang penyakit kanker serviks. Bahkan penyakit yang lebih berbahaya akan menimbulkan penyakit seksual lain yang jauh lebih mematikan.

3)    Hamil Muda Dibawah 17 Tahun

Salah satu anjuran pemerintah untuk tidak menikah di bawah usia17 tahun adalah karena masalah faktor kesehatan, salah satunya. Wanita yang menikah dan hamil pertama di usia dini, akan sangat rentan sekali dan memiliki risiko tinggi terkena penyakit kanker serviks.

Kondisinya sama dengan kasus-kasus lainnya, dimana wanita dengan usia dibawah 17 tahun dan sudah melakukan hubungan intim maka akan memiliki risiko tinggi terkena penyakit kanker serviks. Maka dari itu, sebaiknya hindari untuk menikah muda terutama dibawah usia 17 tahun.

4)    Terlalu Lama Pakai Pil KB

Penggunaan pil KB memang kurang dianjurkan, bukan hanya bisa membuat rahim menjadi kering dan sulit hamil setelah melepasnya saja. Melainkan ada dampak lain yang lebih berbahaya yaitu bisa menimbulkan risiko terjadinya penyakit kanker serviks.

Bahayanya lagi, kanker serviks ini akan terus meningkat seiring semakin lamanya pil KB  dikonsumsi. Ini sangat  tidak bagus sekai untuk kelangsungan kesehatan para wanita untuk jangka panjangnya. Sebaiknya, gunakan alat konstrasepsi lain dan lakukan konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan sebelum menggunakan pil KB tersebut.

5)    Tidak Membersihkan Alat Vital dengan Baik

Kebiasaan atau gaya hidup yang kurang baik memang selalu menjadi masalah yang serius. Salah satu masalah alat vital wanita yang paling berbahaya dan paling sering sekali dialami oleh banyak wanita adalah kanker serviks. Ternyata salah satu penyebab kanker serviks pada remaja adalah kebiasaan buruk yang jarang sekali membersihkan alat vital dengan baik.

Kebiasaan buruk ini ternyata juga bisa menjadi salah satu dampak yang serius bagi kesehatan alat vital. Kanker serviks akan lebih mudah tumbuh dan berkembang di alat vital wanita yang jarang sekali membersihkan alat vitalnya.

6)    Merokok Aktif

Nikotin salam rokok bukan hanya bisa menimbulkan kanker pada paru-paru saja, melainkan juga dapat berakibat dan menimbulkan penyakit kanker serviks pada wanita. Zat yang dimiliki oleh rokok akan dibawa oleh darah dan menyebar menuju ke seluruh tubuh sehingga akan mengakibatkan banyak sekali masalah dan gangguan kesehatan salah satunya adalah kanker serviks.

Parahnya lagi, wanita remaja perokok memiliki risiko 2 kali lebih tinggi terkena kanker serviks ketimbang wanita tidak merokok. Hal ini dikarenakan, zat dalam rokok akan merusak jaringan DNA dalam serviks yang kemudian akan berkembang dan mengakibatkan timbulnya kanker.

7)    Faktor Genetik

Jika anda memiliki riwayat orang tua baik ayah, ibu, nenek atau kakek yang mengidap penyakit tersebut, maka anda akan memiliki risiko terkena penyakit ini lebih mudah dan lebih tinggi. Faktor genetik akan terbawa kepada anda. Bahkan jika anda memiliki penyakit ini kemungkinan anak atau cucu anda nanti juga akan mengalami hal yang sama dengan yang anda alami saat ini.

Namun jika  anggota keluarga anda memang tidak ada yang pernah mengalami masalah kanker serviks, maka risiko anda juga akan semakin kecil. faktor lain yang mungkin bisa menjadi penyebabnya adalah faktor eksternal seperti yang sudah dikatakan diatas.

8)    Sistem Imun yang Lemah

Setiap orang tentu memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Orang yang memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang lebih tinggi akan memiliki risiko terkena penyakit kanker serviks lebih kecil ketimbang orang yang hanya memiliki sistem imun yang lebih rendah.

Sistem imun yang lebih rendah akan mempermudah virus HPV menyerang tubuh. Jika kondisi semacam ini terus dibiarkan begitu saja maka akan meningkatkan risiko teken kanker serviks yang jauh lebih berbahaya lagi. Sebaliknya, jika imun dan sistem kekebalan tubuh anda lebih kuat, maka virus ini akan mati dan tidak akan kuat bertahan lama.

9)    Terserang Infeksi Menular Seksual Lain

Apabila anda sebelumnya pernah mengalami atau tertular penyakit seksual lain, maka besar kemungkinan anda untuk terkena kembali virus yang sama. Kanker serviks akan lebih mudah menyerang orang yang memiliki riwayat ini.
Salah satu jenis penyakit seksual yang bisa menular dan dapat berakibat pada munculnya kanker serviks adalah klamidia.

Klamidia ini merupakan salah satu masalah kesehatan seksual yang bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui banyak faktor. Bakteri yang dibawanya akan merusak sistem kinerja alat reproduksi wanita. Jika hal semacam ini dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada munculnya kanker serviks.

Maka dari itu pahami semua penyebab kanker serviks pada remaja ini. karena sudah barang tentu anda tidak ingin bukan mengalami penyakit ini. Masih banyak faktor lainnya, 9 faktor itu adalah yang paling penting dan harus anda perhatikan dengan baik.


Post a comment for "9 Faktor Penyebab Kanker Serviks Pada Remaja yang Wajib Diwaspadai"