Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Makanan Untuk Orang Demam dan Flu, Bikin Sembuh Tanpa Obat!


Saat mengalami masalah flu dan demam, hal yang paling penting diperhatikan sebelum hal lainnya adalah makanan. Karena tidak semua jenis makanan cocok lho di konsumsi oleh orang yang sedang mengalami demam dan flu. Beberapa jenis makanan justru harus dihindari oleh orang yang flu atau demam. Lalu apa saja jenis makanan untuk orang demam dan flu?
makanan untuk orang demam dan flu


Berikut adalah daftar jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami demam ataupun flu. Makanan ini bisa membuat sakit demam dan flu sembuh tanpa harus memakan obat lho.

1.     Sup Ayam

Sup ayam merupakan salah satu jenis makanan yang kaya bahan. Karena dalam sup ayam terdapat beragam jenis bahan sayur lain selain daging ayam. Semua jenis bahan ini dapat bermanfaat sekali untuk orang yang sedang mengalami sakit demam dan flu.

Daging ayam dapat memberikan protein hewani dan bagus untuk mempercepat pemulihan tubuh. Anda juga akan mendapatkan beragam jenis nutrisi dari sayuran lainnya seperti wortel, seledri dan rempah-rempah lainnya yang bisa membantu memulihkan tenaga dan sel-sel dalam tubuh.

2.     Bawang Putih

Siap sangka bahwa ternyata bawang putih bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur saja. Dalam proses penyembuhan demam dan flu, bawang putih juga ternyata memiliki kemampuan untuk menyembuhkannya. Ternyata bawang putih memang sudah digunakan sudah sejak jaman dulu.

Bawang putih dapat memberikan ketahuan tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Bawang putih dapat meningkatkan antibodi dan memerangi infeksi virus. Bawang putih dapat dijadikan sebagai suplemen dengan cara dikonsumsi secara langsung. Mengkonsumsi bawang putih dapat mengatasi masalah flu dan demam dengan baik.

3.     Kaldu

Salah satu jenis makanan yang cocok da bagus untuk orang demam dan flu adalah kaldu. Kaldu hampir sama dengan sup ayam, yaitu dapat meredakan masalah flu dan demam dengan baik. Hampir semua jenis kaldu dapat digunakan untuk atasi masalah flu dan demam, baik itu kaldu ayam, sapi, ataupun sayuran.

Mengkonsumsi kaldu saat demam adalah hal yang baik, kaldu dapat mengatasi masalah dehidrasi tubuh dengan baik. Rasa hangatnya dapat mengurangi mampet hidung dan melegakan tenggorokan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan teratur, maka secara perlahan flu akan sembuh.

4.     Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan fermentasi yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah flu dan demam. Yoghurt memiliki kemampuan yang sama persis seperti bawang putih yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh, selain bisa melegakan tenggorokan.

Mengkonsumsi yoghurt dalam jumlah yang cukup dapat mengatasi masalah flu dan demam dengan sangat baik. Namun pastikan, bahwa yoghurt yang dikonsumsi tidak mengandung gula tambahan. Karena jika yoghurt yang dikonsumsi mengandung gula tambahan, maka akan berfungsi sebaliknya.

5.     Buah-Buahan Bervitamin C Tinggi

Saat anda mengalami demam dan flu, zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan sistem imun dan tingkat kekebalan tubuh dengan sangat baik. Vitamin C bisa anda dapatkan dari beragam jenis buah.

Ada banyak jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi. Beberapa diantaranya adalah seperti jeruk, stroberi dan tomat. Ketiga jenis buah ini dapat dikonsumsi secara langsung saat anda mengalami masalah flu. Konsumsi secara rutin agar flu dan demam anda segera pulih.

6.     Brokoli

Makanan berupa sayuran yang satu ini adalah jenis makanan yang juga bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami sakit flu dan demam. Dalam brokoli terkandung vitamin C dn vitamin E yang tinggi. kedua vitamin ini merupakan jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh.

Selain itu, brokoli juga dapat memberikan kalsium dan serat yang cukup bagi tubuh. Mengkonsumsi brokoli dapat mengatasi masalah flu dengan baik. Cobalah untuk mengkonsumsi brokoli secara rutin baik dalam bentuk sup ataupun sayur segar.

7.     Sayuran Hijau

Selain buah, beberapa jenis sayuran juga memiliki vitamin C dan vitamin E yang tinggi lho. Sebut saja bayam, kangkung ataupun jenis sayuran lainnya. Semua jenis sayuran ini memiliki kandungan vitamin C dan E tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama saat mengalami sakit flu dan demam.

Semua jenis sayuran hijau ini dapat dengan baik meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Selain itu, beberapa jenis sayuran ini juga dapat dengan baik menghilangkan dehidrasi tubuh yang menjadi salah satu penyebab terjadinya flu. Konsumsi sayuran hijau ini secara rutin selama anda mengalami sakit demam dan flu.

8.     Oatmeal

Oatmeal ternyata bukan hanya enak dikonsumsi saja, melainkan juga dapat mengatasi masalah demam dan flu dengan baik lho. Oatmeal sangat mudah sekali dicerna oleh tubuh karena memiliki tekstur yang lembut. Sehingga akan sangat cocok sekali menjadi bahan konsumsi yang tepat bagi penderita flu ataupun demam.

Dalam oatmeal juga terdapat kandungan vitamin E tinggi yang sangat bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. ini tentu sangat bagus dan cocok sekali jika dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami flu. Sistem imun akan meningkat 2 kali lebih baik setelah mengkonsumsi oatmeal ini. Maka dari itu, konsumsi oatmel secara rutin saat anda mengalami sakit demam ataupun flu.

9.     Rempah-Rempah Alami

Jenis makanan untuk orang demam dan flu terakhir yang paling cocok dikonsumsi  adalah rempah-rempah. Seperti yang kita tahu bahwa rempah-rempah selain dapat digunakan untuk bumbu dapur dan masakan juga memiliki fungsi laun yang bermanfaat yaitu untuk mengatasi beragam jenis penyakit ringan.

Beberapa jenis rempah yang bagus dikonsumsi dan dijadikan obat flu ataupun demam adalah seperti jahe, cengkeh dan lada. Semua jenis rempah ini dapat membantu mengatasi masalah pada pernafasan yang sering kali mengganggu. Jika dikonsumsi dengan baik, maka rasa tidak enak pada tenggorokan akan hilang.

Cara konsumsi rempah-rempah ini dapat dijadikan sebagai seduhan seperti teh ataupun dikonsumsi secara langsung. Namun hindari mengkonsumsi makanan ataupun sayur yang memiliki ras pedas.

Post a comment for "8 Makanan Untuk Orang Demam dan Flu, Bikin Sembuh Tanpa Obat!"