Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Jenis Makanan Pembangkit Selera Untuk Orang Sakit


Saat sembuh dari sakit biasanya selera makan sering hilang. Bahkan ada orang yang sama sekali malas untuk makan. Ternyata cara mengatasinya sangat mudah lho. Anda hanya cukup mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat membangkitkan selera makan. Sudah tahu apa sana jenis makanan pembangkit selera untuk orang sakit? Berikut ini adalah beberapa daftar makanannya. 

Makanan Pembangkit Selera Untuk Orang Sakit
     

1.     Sup Ayam

Jenis makanan ini sudah menjadi santapan umum bagi setiap pasien di setiap rumah sakit. Di samping lezat, sup ayam juga menyehatkan. Hal ini dikarenakan, kandungan protein, kalori, mineral, dan vitamin di dalamnya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa penyembuhan.

Di samping itu, sup ayam juga dapat menjadi sumber cairan dan elektrolit yang cukup baik bagi penderita demam ataupun diare. Dalam satu mangkuk sup ayam yang masih hangat, dapat menggantikan cairan yang hilang, melegakan hidung tersumbat serta mengencerkan dahak.

Dengan menjadikan sup ayam sebagai makanan spesial bagi orang sakit adalah langkah paling baik untuk membantu mengembalikan nafsu makannya. Bahkan para ahli mengungkapkan, dalam sup ayam juga mengandung asam amino sistein yang sangat dibutuhkan orang sakit.

2.     Ikan

Selain sup ayam sebagai makanan yang dapat memicu selera makan bagi orang sakit, ikan juga termasuk ke dalam salah satunya. Ikan mengandung protein, mineral, dan vitamin. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi, khususnya pada ikan salmon, tuna, dan kembung.

Kandungan-kandungan gizi baik pada ikan jenis tersebut pada dasarnya memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup kuat. Jadi, bagi orang yang sakit dianjurkan untuk mengonsumsi ikan setiap hari untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan mengoptimalkan proses pemulihan.

3.     Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga merupakan salah satu jenis makanan yang tidak boleh luput dari penyajian bagi orang sakit. Bayam, selada, dan brokoli dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, apalagi jika diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan higienis.

Di samping lezat, sayuran hijau juga mengandung beberapa vitamin, serat, fosfor, dan mineral yang sangat bagus bagi tubuh. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan tertentu yang kira-kira bisa menggugah selera makan bagi orang yang sedang sakit.

4.     Buah Alpukat

Buah yang satu ini dari dulu memang sudah sangat terkenal akan kandungan gizi baik yang beragam. Selain rasanya yang lezat, buah alpukat juga dipercaya sebagai makanan untuk membangkitkan nafsu makan, bahkan bagi orang yang sedang sakit sekalipun.

Kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat sangat baik untuk membantu mengurangi peradangan. Senyawa ini juga berperan serta dalam merangsang sistem kekebalan dan membentuk sifat antibodi yang menjadi perisai bagi tubuh, agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

5.     Buah Pisang

Hampir di dalam setiap kamar rumah sakit, buah ini akan selalu hadir.Bahkan dalam menu makanan harian rumah sakit, buah ini juga selalu turut menyertai. Sebab para doker paham, pisang adalah makanan yang bisa merangsang nafsu makan.

Tak hanya rasanya yang lezat dan gampang untuk dikunyah, buah pisang juga mengandung kalori, dan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh, apalagi bagi orang sakit. Jadi bagi Anda yang sedang mengalami diare, mengonsumsi pisang dapat membantu melancarkan pencernaan.

6.     Oatmeal

Sama seperti pisang, oetmeal juga menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh orang sakit karena mampu merangsang nafsu makan yang berkurang. Rasanya yang lezat dan lembut membuat oatmeal gampang sekali untuk di telan tanpa harus mengunyah terlebih dulu.

Dalam satu mangkuk oetmeal mengandung kalori, vitamin, mineral, dan protein yang baik bagi tubuh. Di samping itu, dapat pula menstimulasi sistem imun dan juga mengontrol kadar gula darah. Jadi, bagi para penderit diabetes, makanan ini cukup aman apabila dikonsumsi.

7.     Buah Plum

Makanan pembangkit selera untuk orang sakit berikutnya adalah, buah plum. Di Indonesia sendiri buah ini belum cukup terkenal, dikarenakan buah ini adalah jenis buah impor yang banyak dihasilkan oleh negara-negara di eropa.

Namun, di balik rasanya yang khas, buah plum menyimpan berbagai macam kandungan baik seperti, kalium, magnesium, serat, dan vitamin-vitamin lainnya yang sangat baik bagi tubuh. Disamping  itu, buah ini juga kaya akan anti-oksidan yang mampu menjaga sistem imun.

8.     Makanan Pedas

Untuk makanan jenis rasa makanan satu ini, cenderung dianggap tidak baik oleh beberapa kalangan, terutama bagi penderita penyakit perut seperti maag, diare, mules dan penyakit lambung. Akan tetapi, jenis rasa makanan ini menyimpan manfaat.

Tahukah Anda, apa manfaatnya ? jika pedas yang tersebut berasal dari cabai, maka rasa pedas tersebut mengandung capcasini yang dapat membantu mengencerkan dahak, merangsang nafsu makan dan melegakan pernafasan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai ini pun baik sebagai proses penyembuhan.

Makanan merupakan, faktor penting untuk dijaga saat dalam keadaan sakit.Pasalnya orang yang sedang sakit seluruh organ dalam dan luarnya akan mengalami penurunan, jadi tidak seperti ketika sedang sehat. Untuk itu sangat penting memberikan makanan yang mengandung gizi lengkap, semua bertujuan untuk membantu tubuh mencerna makanan lebih cepat.

Selain itu, orang yang sakit sering mengalami berbagai keluhan seperti, mulut terasa pahit, nafsu makan tiba-tiba hilang dan badan terasa lemas. Di samping istirahat yang banyak, mengembalikan nafsu makan juga sangat penting sebagai pendukung untuk kesembuhannya

Sekarang ini sudah banyak beredar vitamin ataupun suplemen di pasaran yang mampu meningkatkan nafsu makan, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Kita boleh saja ikut mengonsumsinya untuk mengembalikan nafsu makan yang berkurang.

Namun, perlu Anda diingat, produk pasaran biasanya menimbulkan efek samping dan ketergantungan apabila dikonsumsi secara terus menerus. Untuk menanggulangi hal tersebut, gantilah dengan memilih bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan seperti yang makanan-makanan diatas, tetapi harus disesuaikan pula dengan kebutuhan sang Anak.

Itulah tadi beberapa makanan pembangkit selera untuk orang sakit yang bisa Anda jadikan rujukan. Semoga uraian di atas bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang merawat kerabat atau orang terdekat Anda yang sedang sakit dan semoga saja lekas sembuh.




Post a comment for "8 Jenis Makanan Pembangkit Selera Untuk Orang Sakit"