Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Selalu Segar


Mengalami kulit wajah kusam pastinya menjadi masalah yang begitu mengganggu bagi para perempuan. Kondisi ini akan menampilkan wajah yang kurang segar dan tampak tidak terawat. Sebenarnya ada begitu banyak cara merawat wajah agar tidak kusam. Berikut ini saya coba uraikan daftar cara yang mungkin bisa anda lakukan dengan mudah.

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

1.     Rutin Mencuci Wajah

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk merawat wajah yang kusam adalah dengan rutin membersihkan wajah setiap hari. Kegiatan ini, perlu Anda lakukan minimal 2 kali sehari menggunakan sabun pencuci wajah yang tepat.

Waktu mencuci wajah yang tepat adalah saat pagi hari sesudah bangun tidur dan saat malam menjelang tidur. Dengan mencuci wajah secara rutin kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel akan terangkat secara sempurna.

2.     Menggunakan Pelembab yang Tepat

Wajah yang tampak kusam bisa saja dialami oleh mereka yang memiliki kulit berminyak, sensitif, ataupun kering. Sehingga, dalam memilih pelembab yang tepat, sebaiknya ketahui terlebih dulu jenis kulit Anda.

Bagi Anda yang mempunyai jenis kulit cenderung kering, sebaiknya pilihlah produk yang mengandung dimethicone, hialuronat acid, gliceryn, dan juga lanolin. Sementara bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak, sangat dianjurkan memilih produk yang memiliki label non komedogenic.

Sedangkan bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya pilih produk yang hypoallergenic serta bebas kandungan pewangi. Aplikasikan pelembab ini setelah Anda mencuci wajah dengan bersih memakai sabun.

3.     Gunakan Masker Alami

Mengaplikasikan masker pada kulit wajah secara rutin akan membuat wajah Anda lebih bersinar dan tampak cerah. Efeknya, kulit wajah yang kusam akan menghilang dan akan membuatnya menjadi lebih sehat.

Dalam memilih masker, akan lebih baik jika Anda memilih jenis masker alami dari bahan-bahan yang ada disekitar kita. Misalnya saja bahan pepaya, tomat, timun madu, putih telur, susu, beras, bengkuang, dan sebagainya.

Saat mengaplikasikan bahan masker tersebut, pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih. Akan lebih baik jika Anda melakukan steam atau oenguapan pada wajah. Tujuannya adalah supaya pori-pori wajah lebih terbuka, serta nutrisi bisa terserap sempurna.

Selanjutnya oleskan bahan secara merata pada wajah, lalu tunggu beberapa menit dan Anda bisa segera membilasnya. Namun, perlu Anda ingat, sebaiknya pakailah masker dalam posisi terlentang agar manfaat yang dirasakan pada wajah lebih optimal.

4.     Melakukan Eksfoliasi

Cara merawat wajah agar tidak kusam selanjutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah secara teratur. Manfaat dari eksfoliasi adalah menyamarkan garis kerutan, membuat kulit lebih cerah, serta mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori wajah.

Selain itu, eksfoliasi juga bermanfaat dalam mengangkat sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam. Bagi Anda yang mempunyai kulit normal kering, eksfoliasi bisa dilakukan satu hingga dua kali dalam satu minggu.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi berminyak, disarankan melakukan eksfoliasi 3 hingga 4 kali dalam satu minggu. Biasanya layanan eksfoliasi sudah tersedia di salon ataupun klinik-klinik kecantikan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena proses eksfoliasi ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup menggunakan bahan-bahan alami dan sederhana yang ada, kulit kusam Anda akan kembali lebih sehat.

Bahan yang bisa Anda gunakan untuk eksfoliasi sendiri di rumah, misalnya saja bubuk kopi, susu, madu, serta gula merah. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir bubuk kopi, 2 sdt susu, 1 cangkir gula merah, serta 1 sdt madu.

Aplikasi campuran bahan tersebut pada wajah yang sudah bersih, lalu gosok perlahan kurang lebih 3 hingga 4 menit. Terakhir, Anda tinggal membilasnya menggunakan air bersih. Cukup mudah dan murah bukan?

5.     Pakai tabir surya

Salah satu penyebab kulit wajah menjadi kusam adalah karena banyaknya aktifitas di luar ruangan. Terlebih lagi jika Anda harus setiap hari terpapar sinar matahari. Kondisi seperti ini, bisa menyebabkan kulit wajah anda menjadi kusam.

Terkadang aktifitas yang terlalu lama dalam ruangan ber AC juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu sebaiknya selalu gunakan tabir surya saat beraktifitas di siang hari. Anda bisa memakainya secara rutin, saat akan beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan.

6.     Cukup Tidur

Orang yang terbiasa kurang tidur, kulit wajahnya akan menjadi kusam akibat regenarasi sel kulit yang terhambat. Pada saat tidur, kulit akan mengalami proses regenarasi sel serta produksi collagen. Normalnya, seseorang harus tidur 7 hingga 8 jam setiap malam.

7.     Mengonsumsi Air Putih

Cara merawat wajah yang kusam selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih harian. Tubuh yang kekurangan air putih akan menyebabkan banyak gangguan, misalnya kulit kering dan kusam.

Kebutuhan konsumsi air putih setiap orang berbeda, namun minimalnya adalah 8 gelas setiap hari. Pastikan anda memenuhi kebutuhan ini agar kulit tetap sehat dan terjaga kelembabannya. Dan tak kalah pentingnya, hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda, kafein, ataupun alkohol.

8.     Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Untuk merawat kulit wajah yang kusam Anda perlu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Karena kekurangan nutrisi bisa mengganggu kondisi kesehatan, terutama kesehatan kulit. Nutrisi yang baik bagi kulit adalah berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Bahan makanan tersebut mengandung tinggi serat, mineral, dan juga vitamin yang baik bagi kulit Anda. Jika Anda adalah orang yang tidak menyukai sayur-sayuran, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut.

9.     Rutin Olahraga

Orang yang berolahraga secara rutin, sistem metabolisme dan regenerasi sel tubuhnya akan bekerja secara optimal. Manfaat olahraga ini tentunya juga dirasakan oleh kulit yang menjadi lebih sehat, kencang, dan tampak berseri.

Sehingga bagi Anda yang saat ini mengalami gangguan kulit wajah kusam, cobalah berolahraga secara rutin. Meski efeknya tidak akan dirasakan secara langsung, tapi olahraga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit wajah Anda.

Nah, sudah paham bukan bagaimana cara merawat kulit wajah yang tampak kusam? Memiliki kulit wajah yang sehat dan terhindar dari kusam, tentu menjadi idaman setiap wanita. Untuk itu, Anda perlu melakukan cara perawatan yang tepat agar kulit kusam tidak lagi mengganggu.

Tidak perlu cara yang mahal dengan mendatangi salon ataupun klinik kecantikan. Cukup lakukan sendiri di rumah melalui penjelasan cara merawat wajah agar tidak kusam di atas! Pastikan Anda melakukannya secara rutin agar manfaatnya makin terasa.




Post a comment for "8 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Selalu Segar "