Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Makanan Bikin Awet Muda dan Mudah Ditemukan


Setiap orang yang usianya sudah mencapai paruh baya pasti selalu ingin terlihat awet muda. Penampilan yang awet muda dan segar menunjang kepercayaan diri. Tetapi, kebanyakan orang hanya fokus pada perawatan luar, padahal asupan makanan juga berperan penting dalam mendapatkan kulit yang awet muda. Berikut ini 7 makanan bikin awet muda yang dapat dicoba.


1.     Alpukat

Buah-buahan memang dikenal dapat menyehatkan tubuh, termasuk kulit. Selain digunakan sebagai masker, mengkonsumsi buah alpukat juga mendatangkan manfaat untuk kulit. Manfaat tersebut antara lain menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat sangat baik untuk kulit dan dapat menyehatkan jantung sehingga penampilan Anda semakin terlihat awet muda.

Alpukat menyediakan dua asam lemak yang dibutuhkan tubuh, yaitu linoleic acid dan alpha linolenic acid. Fungsi dari kedua asam lemak tersebut adalah membangun dinding sel kulit agar selalu kuat sehingga kulit selalu terlihat cantik dan sehat. Alpukat juga mengandung omega 3 yang dapat membantu melembutkan kulit dari dalam.

2.     Yoghurt

Makanan enak yang satu ini juga mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Yoghurt memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu, yoghurt juga mengandung protein dan vitamin B yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan sel-sel dalam tubuh termasuk sel kulit. Dengan mengonsumsi yoghurt kulit akan terjaga kesehatannya yang membuatnya semakin terlihat muda.

Yoghurt juga mengandung asam laktat yang berperan dalam menghilangkan sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori. Asam ini sangat dibutuhkan kulit karena biasanya penyebab seseorang terlihat lebih tua dari usianya adalah penumpukan sel-sel kulit mati. Pori-pori yang kencang juga membuat kulit terlihat kencang dan sehat.

3.     Salmon

Jika Anda menginginkan kulit yang sehat, jangan sungkan untuk mengonsumsi ikan-ikanan juga. Salah satu jenis ikan yang baik untuk kulit adalah ikan salmon. Ikan ini mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh seperti vitamin D. Vitamin D berperan dalam melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet sehingga kulit tidak mudah gosong.

Ikan salmon juga mengandung astaxantin yang berperan sebagai antioksidan dan dapat menghalau peradangan yang terjadi dalam kulit. Zat ini juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dimana zat ini memiliki peranan dalam membuat kulit tampak kenyal dan lembut. Jika produksi kolagen meningkat, masalah seperti keriput, garis halus, bahkan flek hitam segera menghilang.

4.     Kiwi

Buah yang satu ini meskipun kecil tetapi memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh. Kandungan dalam kiwi antara lain vitamin C, vitamin B6, kalsium, zat besi, hingga magnesium. Ketika usia bertambah, keelastisan kulit juga bisanya ikut terkikis. Jika Anda tidak ingin han ini terjadi pada Anda, konsumsilah buah kiwi sesering mungkin karena vitamin C  didalamnya dapat meningkatkan produksi kolagen.

Seperti yang kita ketahui bahwa kolagen berperan dalam menjaga kekenyalan dan kelembaban kulit. Manfaat lain dari mengonsumsi buah kiwi secara rutin adalah mencegah kulit terlihat kusam, membantu mengatasi jerawat, serta melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Dengan mengonsumsi buah kiwi kulit Anda tidak hanya awet muda, tetapi juga selalu terlihat sehat.

5.     Delima

Delima juga termasuk ke dalam 7 makanan bikin awet muda yang mudah ditemukan. Bukan rahasia lagi jika delima sering dimanfaatkan dalam produk-produk perawatan kulit. Sayangnya, masih sedikit orang yang memilih opsi untuk memakan delima sebagai asupan untuk merawat kulit. Padahal delima mengandung zat-zat yang baik untuk kulit seperti vitamin C, vitamin K, dan mineral-mineral lain.

Kandungan polifenol dalam buah delima berfungsi sebagai antioksidan yang berperan untuk menghalau stress oksidatif yang sering terjadi pada kulit. Buah ini juga berperan dalam melembabkan kulit serta melindungi kulit dari dampak buruk sinar ultraviolet. Paparan sinar ultraviolet dapat membuat kulit mendapatkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

6.     Pepaya

Mungkin Anda mengenal buah pepaya sebagai buah yang dapat melancarkan pencernaan saja. Tetapi kenyataannya buah yang satu ini juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit, termasuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Buah pepaya mengandung vitamin A yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit selalu terlihat sehat dan lembut.

Buah pepaya juga mengandung AHA yang dapat membersihkan sel kulit mati dan mencegah munculnya kerutan dan garis halus di wajah. Sedangkan kandungan vitamin C dan E dalam pepaya dapat membuat kulit Anda tampak lebih muda dan cerah. Manfaat lain dari mengonsumsi buah pepaya adalah mengecilkan pori-pori serta menghilangkan flek hitam di wajah.

7.     Sayuran

Ada dua jenis sayuran yang memiliki kandungan baik untuk membuat kulit terlihat awet muda, yaitu sayuran hijau dan sayuran merah. Sayuran hijau contohnya bayam, selada, dan brokoli. Sedangkan yang tergolong ke dalam sayuran merah adalah wortel dan tomat. Jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan selalu tampak muda, konsumsilah sayur-sayuran tersebut.

Bayam mengandung berbagai macam vitamin untuk kulit. Manfaat bayam untuk kesehatan kulit adalah sebagai tabir surya, memperbaiki kulit yang rusak serta menangkal berbagai permasalah kulit. Kandungan antioksidan dalam bayam juga berperan dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Pada sayur selada dan brokoli pun demikian.

Contoh buah berwarna merah yang juga sering dijadikan sebagai masker wajah adalah buah tomat. Dengan mengonsumsi tomat, produksi kolagen akan meningkat dan jika hal itu terjadi maka kulit akan menjadi semakin kencang. Tomat juga mengandung kelompok vitamin B yang dapat menunda munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Tomat juga mengandung vitamin C dan likopen yang juga beperan sebagai antioksidan sehingga radikal bebas tidak mudah menghampiri kulit Anda. Baik dikonsumsi maupun dijadikan masker pun tomat akan memberikan manfaat yang baik untuk kulit Anda. Jika sekarang Anda masih enggan mengonsumsi sayur, ubahlah perilaku tersebut untuk menjaga kulit Anda tetap awet muda.

Rekomendasi 7 makanan bikin awet muda di atas mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Jangan sungkan untuk mengonsumsinya, tetapi juga jangan terlalu berlebihan. Selain melakukan perawatan dari luar, menjaga kulit agar selalu awet muda juga harus dilakukan dari dalam.



Post a comment for "7 Makanan Bikin Awet Muda dan Mudah Ditemukan"