Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Jenis Menu Makanan Untuk Anak Sakit Panas dan Demam


Demam atau sakit panas merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering dialami oleh anak-anak. Apalagi saat musim penghujan, biasanya anak-anak akan mudah sekali terserah penyakit ini. Mengatasi sakit panas dan demam pada anak sebenarnya sangat mudah, kita bahkan tidak perlu memberikan anak obat. Ada banyak menu makanan untuk anak sakit panas yang lebih enak da nikmat bagi anak.

menu makanan untuk anak sakit panas

Ketimbang memberikannya obat yang sulit untuk diminum, 7 jenis makanan ini bisa membantu menyembuhkan penyakit panas dengan sangat baik. Apa saja jenis makanan yang bagus untuk sakit panas anak?

A.     Menu Makanan Berkuah

Makanan berkuah adalah jenis makanan yang wajib diberikan kepada anak saat ia mengalami sakit panas.  Makanan ini dapat menurunkan dehidrasi anak dan membantu pemulihan panas. Beberapa jenis olahan makanan berkuah yang bagus untuk anak sakit panas  diantaranya :

1.      Kaldu

Kaldu ayam memiliki kandungan protein hewani dan serat yang tinggi. Ini tentu sangat bagus sekali untuk penyakit panas yang dialami anak. Selain itu, kaldu ayam juga memiliki beragam jenis vitamin, kalsium, magnesium, fosfor dan beragam jenis nutrisi lainnya yang bagus untuk menghilangkan dehidrasi pada anak. Sehingga sakit demam dan panas perlahan akan pulih.

2.      Sup ayam atau sapi

Bukan hanya kaldu, sup ayam juga merupakan jenis makanan yang bagus dikonsumsi oleh anak yang sedang panas ataupun demam. Sup ayam atau sapi biasanya dikonsumsi untuk menghilangkan penyakit flu. Dalam sup terdapat beragam jenis vitamin, protein, kalori dan beragam jenis nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk menghilangkan dehidrasi, mencukupi kebutuhan vitamin dan memulihkan kembali badan dengan baik.

B.     Olahan Buah-Buahan Segar

Selain memberikan olahan makanan seperti sayur, buah-buahan juga bisa menjadi salah satu pilihan lainnya yang dapat diberikan kepada anak agar demam dan penyakit panas mudah turun. Namun tidak semua jenis olahan buah bagus diberikan kepada anak. Berikan beberapa jenis olahan buah-buahan berikut:

1.      Jus Semangka

Semangka adalah jenis   buah yang memiliki serat dan vitamin yang tinggi. Selain itu rasanya juga sangat nikmat, banyak anak-anak menyukai nya. Memberikan jus semangka tanpa gula dapat dengan baik memulihkan metabolisme tubuh anak dan mengatasi hidrasi yang dialami si anak. Dengan demikian maka panas akan segera turun dengan baik.

2.      Jus Alpukat

Alpukat juga termasuk salah satu jenis menu makanan untuk anak sakit panas. Alpukat merupakan sumber serta, vitamin dan mineral alami yang dapat memulihkan tubuh anak yang mengalami panas dengan baik. Berikan anak alpukat secara langsung ataupun di blender terlebih dahulu, namun jangan diberikan gula.

C.     Menu Makanan Berprotein Tinggi

Protein adalah jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh ketika mengalami panas ataupun demam. Makanan yang mengandung protein tinggi dapat dengan baik memulihkan tubuh yang dalam kondisi kurang sehat, termasuk ketika panas. Beberapa jenis menu makanan yang kaya protein yang bagus dikonsumsi saat anak panas atau demam adalah sebagai berikut:

1.      Susu

Susu merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, dalam susu juga terkandung beragam jenis vitamin, asam amino esensial, nutrisi, mineral lemak dan antioksidan. Jika anak diberikan susu, maka akan membantu memulihkan tubuh serta mengatasi peradangan dengan sangat cepat.

2.      Telur

Selai susu, menu makanan yang kaya akan vitamin, lemak, mineral dan antioksidan adalah telur. Saat anak mengalami sakit panas atau demam, telur merupakan jenis makanan yang bagus dan cocok sekali menjadi bahan konsumsi. Telur dapat membantu menyembuhkan sakit panas pada anak dan membantu memerangi infeksi virus pada tubuh anak.

D.    Menu Makanan Probiotik

Menu makanan probiotik adalah jenis makanan yang bagus sekali diberikan pada anak yang sedang mengalami sakit panas. Probiotik dapat memperbaiki pencernaan dan menurunkan panas pada anak. Ada banyak jenis menu makanan probiotik yang bisa diberikan kepada anak, diantaranya:

1.      Tempe

Tempe merupakan jenis makanan probiotik yang bagus sekali diberikan kepada anak saat ia mengalami sakit panas. Bakteri baik yang terkandung dalam tempe dapat membantu mengatasi infeksi akibat virus dalam tubuh. Anak yang mengkonsumsi tempat dapat terhindar dari masalah penyakit demam dan panas dengan sangat baik.

2.      Yoghurt

Yoghurt adalah jenis makanan probiotik yang sangat bagus diberikan kepada anak saat ia mengalami sakit demam atau panas. Yoghurt kaya akan vitamin, mineral dan kalsium serta probiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Probiotik dari yoghurt dapat memulihkan anak dari penyakit panas atau demam yang dideritanya.

E.     Air Kelapa dan Jahe

Saat anak mengalami sakit panas, maka salah satu cara yang penting dilakukan adalah memenuhi kebutuhan cairan nya. Salah satu makanan yang bagus untuk anak sakit panas olahan jahe dan juga kelapa.

1.      Air Kelapa Muda

Air kelapa muda adalah salah satu jenis minuman yang bagus dikonsumsi oleh anak yang mengalami sakit panas. Air kelapa dapat menurunkan hidrasi yang dialami anak. Selain itu, air kelapa juga dapat menekan dan menurunkan masalah demam dan sakit panas anak dengan sangat baik.

2.      Air Jahe

Selain kelapa muda, olahan jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah demam dan panas pada anak. Jahe mengandung anti bakterial tinggi. Jahe biasanya digunakan untuk mengatasi batuk dan pilek, namun selain itu, jahe juga memiliki khasiat lain yaitu dapat menurunkan panas dengan dan demam dengan sangat baik.

F.      Buah-Buahan Segar

Selain beberapa jenis olahan makanan diatas, jenis menu makanan untuk anak sakit panas adalah buah. Namun tidak semua jenis buah bagus diberikan pada anak yang mengalami sakit panas. Beberapa jenis buah yang bagus adalah seperti:

1.      Buah Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C paling tinggi. Bahkan diantara jenis buah lainnya, jeruk adalah jenis buah paling tinggi vitamin C nya. Berikan buah jeruk pada saat anak panas sangat bagus untuk menurunkan panas dan memulihkan nya.

2.      Buah Stroberi

Selain jeruk, stroberi juga memiliki gadungan vitamin C tinggi. Stroberi dapat menjadi salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan panas anak dengan baik.

Post a comment for "7 Jenis Menu Makanan Untuk Anak Sakit Panas dan Demam "