Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Daftar Menu Masakan Jawa Tengah yang Wajib Dicoba

7 Daftar Menu Masakan Jawa Tengah yang Wajib Dicoba - Indonesia memang sangat khas dengan ragam olahan kulinernya yang begitu unik. Hal ini dikarenakan tersedianya bahan-bahan rempah dan tanaman untuk masakan yang tumbuh di alam. Salah satunya adalah menu kuliner dari provinsi Jawa Tengah yang begitu terkenal. Sehingga ketika anda mengunjungi Jawa Tengah, sebaiknya cobalah beberapa kuliner uniknya yang khas. Beberapa menu kuliner tersebut antara lain seperti berikut.

Daftar Masakan Jawa Tengah

1. Sup Matahari

Menu kuliner yang pertama adalah olahan sup yang biasa dikenal dengan nama sup Matahari. Namun meski namanya sup matahari, bukan berarti bahan-bahan yang dipakai berasal dari biji matahari atau kuaci. Melainkan Anda akan disuguhi makanan yang dibuat dari bahan sayur-sayuran dan paduan bumbu rempah. Sehingga bagi Anda yang menyukai makanan vegetarian, kuliner sup matahari wajib dicoba.

masakan Jawa Tengah
masakan Jawa Tengah 

2. Nasi gandul

Menu selanjutnya adalah nasi gandul yang dibuat dari bahan dasar gandul atau pepaya. Menu masakan Jawa Tengah ini cukup nikmat, terlebih jika ditambahkan lauk yang gurih dan sesuai. Misalnya saja anda bisa memadukan dengan gorengan atau daging ayam suwir

3. Soto Kudus

Mengunjungi Kota Kudus tidak lengkap rasanya jika melewatkan menu masakan soto nya. Menu soto dari Kudus ini cukup berbeda dari daerah lain, karena memiliki kuah yang bening. Namun jangan salah, dari segi rasa soto Kudus ini tidak kalah dengan menu soto lainnya. Apalagi jika anda menikmatinya dengan tambahan kerupuk ataupun laut sebagai pelengkapnya.

4. Nasi Grombyang

Menu masakan Jawa Tengah yang juga tidak kalah nikmatnya adalah nasi grombyang. Menu ini memiliki ciri khas dengan kuahnya yang berwarna coklat, serta adanya tambahan daging sapi yang diiris. Jika ingin menikmati nasi grombyang yang nikmat, Anda bisa mengunjunginya di Pemalang, Jawa Tengah.

5. Mangut Kepala Manyung

Menu masakan dari Jawa Tengah selanjutnya adalah olahan berupa kuliner ikan laut yang bernama mangut kepala manyung. Sesuai namanya, olahan ini dibuat dari ikan manyung yang diasa dan dipilih bagian daging manyungnya. Selain itu, ditambahkan juga santan, buah tomat dan cabai untuk melengkapi citarasanya. Salah satu keunikan dari menu ini adalah kuah santan yang digunakan memiliki cita rasa khas ikan mangut. Selanjutnya, Anda bisa melengkapi kenikmatannya dengan tambahan nasi dan lauk perkedel.

6.  Soto Bangkong

Menu soto bangkong bisa anda dapatkan jika mengunjungi kota Semarang. Kelezatan dan cita rasa dari soto bangkong ini tidaklah sembarangan, karena begitu menggoda di lidah. Masakan Jawa Tengah ini biasa disajikan dengan daging ayam yang diiris atau disuwir, sayur toge, irisan tomat, mie bihun, serta gurihnya bawang putih dan bawang merah yang ditabur di atasnya.

7. Nasi goreng babat gongso

Sesuai namanya, menu ini berupa olahan nasi goreng dengan bumbu-bumbu pada umumnya. Namun yang membedakan, nasi goreng ini dilengkapi dengan bahan babat atau kulit sapi yang akan menambah kelezatannya. Sajian babat ini disuguhkan dengan ukuran 3 x 4 cm, yang akan membuat warna dari nasi goreng tampak kecoklatan. Bukan hanya dari warnanya saja, tetapi cita rasa nasi goreng tersebut juga akan berbaur dengan bahan babatnya.

Nah, sudah tahu bukan apa saja daftar masakan Jawa Tengah yang perlu Anda coba? Setelah mengetahui apa saja jenis masakannya, tentu Anda bisa memilih menu yang sesuai di lidah. Pastinya menu masakan tersebut akan membuat anda tergoda untuk kembali mencicipinya.


Post a comment for "7 Daftar Menu Masakan Jawa Tengah yang Wajib Dicoba"