Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Masakan Khas Bali yang Harus Anda Coba

6 Masakan Khas Bali yang Harus Anda Coba. Selain dikenal sektor wisatanya, Bali nyatanya mampu menarik hari para wisatawan dengan ragam kulinernya. Hal ini karena Bali memiliki cita rasa masakan yang khas, berbeda dengan masakan-masakan daerah yang lain.

Ayam Betutu

Menyebut Bali akan sangat kurang jika tidak menyebut makanan yang diolah dengan cara unik ini. Namanya adalah ayam betutu. Meskipun disebut dengan ayam betutu, masakan ini biasa diolah dengan dua varian yakni dengan menggunakan ayam, atau memilih menggunakan bebek.Yap, tapi keduanya sama-sama enaak.

Cara mengolahnya masakan khas bali ini yakni dengan memasukkan bumbu betutu yakni yang terdiri atas bawang, kemiri, jahe, kunyit, daun jeruk, daun salam, dan sebagainya ke dalam tubuh ayam melalui rongga tubuhnya. Setelah dibumbui, ayam betutu dibungkus pelepah pisang lalu dibakar di dalam tanah dengan api dari sekam yang dibakar. Rasa gurih yang terasa di lidah berasal dari campuran uap air, lemak, dan uap aneka jenis bumbu ketika betutu dibakar. Semakin melimpah uap yang dihasilkan dari proses pembakaran tersebut, maka rasa ayam betutu akan semakin sedap dan beraroma kuat.

masakan khas Bali
masakan khas Bali

Lawar

Seringkali kita terkecoh terhadap suatu makanan karena namanya. Ya, lawar ini adalah masakan yang dibuat dari berbagai sayuran dan dicampur dengan bumbu khas Bali. Jadi, sama sekali tidak mengandung unsur lawa atau kelelawar yaaa.

Srombotan

Srombotan atau biasa dikenal juga dengan serombotan adalah masakan khas Bali yang bentuknya seperti urap jika pada masakan-masakan Jawa. Ini dikareakan srombotan dibuat dengan berbagai jenis sayuran seperti kacang-kacangan, capar atau kecambah, kangkung, bayam, terong yang direbus setengah matang dan ditambah dengan parutan kelapa yang sebelumnya telah disangrai.

Yang membedakannya dengan urap Jawa adalah serombotan ini disajikan dengan diguyur sambal cair yang pedas khas bali. Pemberian sambal ini membuat srombotan semakin lezat dan menggugah selera. Makanan yang biasa ditemukan di pasar-pasar tradisional ini bisa dimakan begitu saja maupun dimakan bersama nasi ataupun ketupat.

Tipat Blayag

Penampilan masakan khas Bali satu ini seperti penampilan lontong sayur. Ya, tipat adalah penyebutan ketupat dalam bahasa Bali. Karenanya, makanan yang satu ini adalah makanan yang berbahan dasar ketupat yang diirisi, suwiran ayam goreng, telur, lawar dan sambal pedas. Berbagai bahan tersbeut kemudian disiram dengan kuah santan yang membuat tipat blayag semakin gurih.

Nasi Sela

Makanan satu ini adalah makanan yang cukyp unik, yakni dibuat dengan perpaduan ketela (sela) dengan umbi jalar. Makanan ini biasanya disajikan dengan aneka lauk seperti sayur bejek, udang yang berukuran kecil-kecil, suwiran ayam betutu dan tidak lupa disajikan bersama sambal matah yang membuat cita rasa super enak dan semakin membuat ketagihan.

Sate lilit

Makanan khas Bali lainnya adalah sate lilit. Seperti namanya, sate ini berbentuk lilitan, berbeda dengan sate pada umumnya yang dibuat dengan potongan-potongan daging. Sate lilit dibuat dari daging ayam atau daging ikan yang telah dihaluskan lalu dicampur dengan kelapa untuk kemudian dililitkan pada sunduk / batang bambu lalu dibakar. Sate lilit ini biasanya menjadi teman makan nasi campur Bali, atau dijadikan lauk makan nasi bersama sambal matah yang menggoda lidah.

Demikian adalah 6 makanan khas Bali yang bisa Anda coba ketika suatu kali berkunjung ke Bali. Makanan-makanan tersebut dapat ditemukan di berbagai tempat, tidak terkecuali di rumah makan pinggir-pinggir jalan. Cita rasa masakan khas Bali tersebut akan membuat Anda mengingat Bali dan akan membuat Anda mencarinya jika suatu saat kemudian berkunjung ke Bali lagi.


Post a comment for "6 Masakan Khas Bali yang Harus Anda Coba"

Berlangganan via Email