Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Jenis Demam Pada Anak dan Cara Mengatasinya


Demam merupakan salah satu penyakit yang sering sekali dialami oleh anak. Faktor penyebab demam ini ada banyak sekali, mulai dari infeksi hingga flu dan batuk. Demam terkadang bisa mengakibatkan kematian loh, jika tidak ditangani dengan tepat. Namun demam ini juga memiliki beberapa jenis. Sudah tahu apa saja jenis jenis demam pada anak?

jenis demam pada anak

Setiap jenis demam memiliki cara penanganan nya sendiri-sendiri. Maka dari itu, sebagai orang tua kita penting sekali memahami hal ini agar bisa menemukan cara penanganan yang tepat untuk anak kita saat demam. Adapun beberapa jenis demam dan cara penanganan nya adalah sebagai berikut:

A.     Jenis Jenis Demam Pada Anak

Demam pada anak terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya. Dilansir dari halaman Merdeka, setidaknya ada 6 jenis demam yang sering terjadi pada anak, yaitu:

1.      Demam Viral

Jenis demam yang satu ini merupakan jenis demam ringan. Faktor penyebabnya bisa dari infeksi virus ataupun bakteri yang ter papar secara langsung melalui saluran pernafasan. Selain itu,infeksi pada penyakit demam ini juga terjadi pada saluran tenggorokan. Hal ini terjadi karena infeksi pada saluran tenggorokan karena virus tersebut. Demam ini biasanya berlangsung hingga  hari.

2.      Demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu jenis penyakit mematikan dan sangat berbahaya. Bahkan demam ini bisa mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat. Demam berdarah ini diakibatkan oleh infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk dan menggigit pada bagian kulit lalu masuk kedalam tubuh anak.

3.      Demam Malaria

Malaria juga merupakan salah satu jenis demam yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi jamur dan virus. Malaria merupakan jenis demam berbahaya bahkan bisa mengancam keselamatan. Virus pada nyamuk malaria ini dapat menjadi ganas dan dapat mempengaruhi kinerja otak sehingga mengakibatkan kematian.

4.      Chicken Guinea

Seperti namanya, demam ini memang memiliki ikatan khusus dengan ayam. Virus ini berasal dari nyamuk yang menginfeksi ayam. Namun untungnya, jenis virus ini tidak terlalu membahayakan bagi para penderitanya. Karena penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya jika imun tubuh anak kuat dan tahan terhadap serangan virus.

5.      Tipus

Tifus merupakan salah satu jenis demam pada anak yang sering dijumpai. Tifus terjadi karena infeksi virus di dalam perut. Biasanya hal ini terjadi karena anak memakan makanan yang mengandung bakteri dan kuman. Sehingga terjadilah proses infeksi di dalam perut. Anak yang mengalami sakit tifus biasanya akan mengalami demam tinggi hingga 38-39 derajat celcius dan diare.

6.      Miringitis

Miringitis merupakan jenis demam yang disebabkan oleh peradangan pada otak yang mempengaruhi sistem otak dan syaraf. Jika anak mengalami hal ini, biasanya akan disertai dengan kejang dan sakit kepala.

B.     Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Setelah memahami beberapa jenis demam pada anak, sekarang tinggal anda pahami beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi demam pada anak. Ada banyak cara yang dapat digunakan, baik dilakukan secara mandiri ataupun bersama dengan dokter. Adapun beberapa cara mengobati demam pada anak diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Mencukupi Kebutuhan Cairan Anak

Salah satu hal yang menyebabkan anak panas dan demam adalah karena kekurangan cairan dalam tubuhnya. Maka dari itu, salah satu cara terbaik yang dapat digunakan untuk mengatasinya adalah dengan cara mencukupi kebutuhan air anak.

2.      Berikan Obat Penurun Demam

Di Apotik atau di tempat-tempat jualan obat tentu ada banyak jenis obat demam yang bisa kita pilih. Pilih jenis obat demam yang disukai anak, biasanya ada  yang berbentuk cairan dan memiliki rasa manis. Pilih jenis obat itu agar anda tidak susah mengkonsumsi obat dan lebih mudah menurunkan panas demamnya.

3.      Jaga Suhu Ruangan

Salah satu faktor yang menyebabkan demam pada anak adalah suhu ruangan yang terlalu panas. Maka dari itu, jaga suhu ruangan di rumah anda dengan baik. Bisa dengan menggunakan AC sesuai dengan standar suhu ruangan ataupun membuka saluran instalasi udara di ruangan tersebut.

4.      Gunakan Pakaian yang Tipis

Saat anak demam, sebaiknya hindari memberikannya baju yang tebal. Lebih baik berikan saja pakaian yang lebih tipis. Dengan cara ini maka panas dari dalam tubuh anak akan lebih mudah untuk keluar karena pori-pori kulit memiliki ruangan yang cukup untuk bernafas. Namun, jika keluar ruangan baru kenakan pakaian yang tebal.

5.      Periksa Suhu Tubuh Berkala

Untuk memastikan suhu anak sudah turun atau tidak dan memastikan penanganan sebelumnya berhasil atau tidak adalah dengan cara memeriksa suhu tubuh anak secara berkala. Periksa suhu tubuh anak ini secara berkala dengan menggunakan termometer. Atau anda bisa juga menggunakan tangan, namun hasilnya akan kurang akurat.

6.      Kompres Dengan Air Hangat

Salah satu cara paling mudah digunakan untuk menurunkan panas demam pada anak adalah dengan menggunakan menggunakan air hangat. Anda bisa kompres anak dengan menggunakan air hangat secara berkala. Bisa dengan menggunakan handuk kecil yang lembut.

7.      Cukupi Kebutuhan Istirahat

Ketika anak demam, pastikan ia beristirahat dengan cukup. Jangan paksa ia untuk melakukan aktivitas berat seperti di luar ruangan dulu. Biarkan dia untuk istirahat di dalam ruangan terlebih dahulu sebelum mulai aktivitas bermain di luar ruangan.

8.      Jaga Agar Anak Tidak Kedinginan

Ketika anak demam jangan sampai dia merasa kedinginan, hangatkan lah tubuhnya. Anda memang harus memberikannya baju yang tipis tapi bukan berarti dia harus dibiarkan telanjang baju tipis saja. Jika dia merasa dingin, maka berikan selimut dan suruhlah dia untuk tetap di kamar untuk istirahat dengan baik.

9.      Berikan Makanan Mudah Dicerna

Selain itu, makanan yang anda berikan juga harus diperhatikan. Berikan makanan yang mudah dicerna dan tidak mengandung minyak. Berikan dia protein dan gizi yang cukup agar dapat meningkatkan masa otot dan imun tubuhnya agar demamnya lekas sembuh.
Nah dari beberapa jenis demam pada anak diatas, setiap jenis demam ini harus di sesuaikan dengan cara penanganan nya. Maka dari itu, selain harus tahu jenis demamnya, anda juga harus tahu cara penanganan nya.

Post a comment for "6 Jenis Demam Pada Anak dan Cara Mengatasinya"