Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Obat Asam Urat Tradisional Dan 6 Pantangannya yang Harus Dihindari


Asam urat merupakan salah satu penyakit yang umumnya dirasakan orang tua. Namun tidak menutupi kemungkinan bahwa anak muda juga bisa mengalaminya. Jika anda sering merasakan nyeri di sekitar lutut atau persendian itu tandanya anda mengalami sakit asam urat. Mau tahu apa saja obat asam urat tradisional dan pantangannya? Berikut ini saya tulis detail nya, mari simak.
obat asam urat tradisional dan pantangannya
Image By Pixabay

A.     Obat Asam Urat Tradisional

Jika anda saat ini mengalami gangguan kesehatan asam urat, jangan khawatir, ada banyak kok obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah penyakit yang satu ini. Anda tidak perlu membeli obat mahal. Anda bisa menggunakan obat-obatan tradisional yang mungkin bisa anda temukan di sekitar lokasi rumah anda sekarang. Adapun beberapa jenis  obat-obatan tradisional asam urat diantaranya:

1.      Jahe

Jahe memang merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaat jahe yang bisa anda dapatkan saat ini adalah dapat digunakan untuk mengatasi masalah asam urat. Jahe biasanya dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan, namun ternyata jahe juga memiliki manfaat lain bagi penderita asam urat.
Menurut beberapa hasil riset dan penelitian jahe memiliki beragam zat yang dapat dibuat menjadi salep akibat nyeri asam urat. Rasa hangat pada jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang bagus untuk meredakan nyeri karena asam urat.

2.      Buah Apel

Selain memiliki rasa yang enak, manis dan menyegarkan, buah apel ternyata memiliki manfaat luar biasa lho bagi orang yang memiliki masalah asam urat. Selain itu, buah apel juga sangat mudah sekali kita jumpai. Baik di pasar ataupun di beberapa supermarket kita bisa dengan mudah menemukan buah apel bahkan dengan harga yang murah.
Menurut hasil riset dan penelitian para ahli, buah apel memiliki kandungan Malic Acid yang dapat  dengan baik menurunkan asam urat. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang  cukup dan teratur maka masalah asam urat akan sembuh dan membaik.

3.      Campuran Hangat Cuka Apel, Lemon dan Kunyit

Salah satu obat asam urat tradisional yang juga mudah didapatkan adalah dengan membuat campuran bahan sederhana yaitu berupa air hangat, cuka apel, lemon dan juga air perasan kunyit. Bahan-bahan ini merupakan salah satu jenis bahan yang dapat dengan tepat mengatasi maslah asam urat.
Semua campuran bahan ini dikonsumsi secara berkala dan teratur maka masalah asam urat dapat teratasi dengan sangat baik. asam urat anda akan sembuh dan normal setelah mengkonsumsi semua campuran bahan ini.

4.      Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun dibalik semua itu, daun seledri juga ternyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah asam urat dengan sangat cepat dan tepat tanpa menimbulkan masalah yang lebih serius lagi.
Secara media memang belum ada penelitian yang dilakukan secara mendalam. Namun daun seledri memang sering sekali digunakan untuk mengatasi masalah asam urat oleh beberapa orang yang percaya dengan hal tersebut.

5.      Ekstrak Daun Binahong

Siapa sangka bahwa ternyata daun binahong merupakan salah satu jenis daun yang berkhasiat untuk mengatasi masalah masalah kesehatan yaitu asam urat. orang yang menderita penyakit asam urat dapat menggunakan daun binahong untuk mengatasi masalah mereka dengan baik.
Dari hasil riset yang dilakukan oleh universitas Lampung mengemukakan bahwa daun binahong  dapat berperan sebagai antiinflamasi dan anti peradangan. Dengan demikian maka masalah asam urat dapat diatasi dengan sangat baik menggunakan daun binahong ini.

B.     Pantangan Penyakit Asam Urat

Selain beberapa jenis obat asam urat tradisional diatas, agar penyakit ada urat anda hilang anda harus menghindari beberapa larangan dan pantangannya. Karena ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh orang yang memiliki masalah asam urat. Adapun beberapa jenis pantangan yang harus dihindari diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Mengkonsumi Daging Merah

Daging merah merupakan salah satu jenis makanan yang paling tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah kesehatan utamanya asam urat. Daging merah mengandung purin tinggi yang dapat berubah jadi asam urat ketika dikonsumsi.
Apalagi jika daging merah ini dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Daging merah yang dimaksud adalah daging yang berwarna merah seperti daging sapi, kambing, kerbau dan beragam jenis daging merah lainnya.

2.      Mengkonsumi Ikan Laut

Selain daging merah, ikan laut juga termasuk jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki masalah asam urat. karena daging ikan lain juga memiliki  kandung purin tinggi yang bisa berubah menjadi asam urat saat dikonsumsi.
Semakin banyak dan semakin sering mengkonsumsi ikan laut maka akan semakin tinggi risiko masalah asam urat yang dialami. Maka dari itu, hindarilah mengkonsumsi makan ikan laut jika anda memang ingin segera sembuh dari masalah asam urat ini.

3.      Mengkonsumi Minuman Bersoda

Minuman bersoda seperti sprite, fanta ataupun yang lainnya termasuk ke dalam golongan jenis minuman yang dilarang untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita masalah  asam urat. Minuman  soda dapat meningkatkan gejala asam urat dan membuatnya lebih parah lagi.
Maka dari itu, hindarilah beberapa jenis minuman yang bersoda seperti Fanta, Sprite, Coca cola dan beragam jenis minuman lain yang berbahaya dan tidak bagus bagi kesehatan tubuh terutama mereka yang menderita asam urat.

4.      Mengkonsumi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memang merupakan jenis minuman yang sering kali menimbulkan masalah bahkan bagi orang sehat sekalipun. Maka dari itu, hindari mengkonsumsi minuman beralkohol. Risikonya penyakit asam urat anda akan meningkat 2 kali lebih tinggi ketimbang tanpa minum alkohol.

5.      Mengkonsumi Ikan-Ikan Tertentu

Salah satu pantangan makanan yang dilarang dan tidak boleh dikonsumsi selanjutnya adalah jenis ikan. Ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita asam urat yaitu seperti ikan teri, ikan tuna, sarden dan beragam jenis ikan lainnya yang memiliki purin tinggi.
Nah itulah beberapa jenis obat asam urat tradisional dan pantangannya yang harus dihindari. Penyakit asam urat ini memang bukan penyakit mematikan, namun sangat menjengkelkan sekali jika anda mengalaminya. Gunakan obat-obatan diatas dan konsisten menghindari semua pantangannya.


Post a comment for "5 Obat Asam Urat Tradisional Dan 6 Pantangannya yang Harus Dihindari"