Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Pola Hidup Sehat dan Cara Memulainya


Banyak orang yang mulai berpikir untuk melakoni pola hidup justru setelah mengalami masalah kesehatan. Perilaku semacam itu tentu salah besar karena sangat mungkin tubuh sehat yang diidamkan tidak bisa didapatkan. Agar motivasi untuk memulai hidup sehat semakin tinggi, simak manfaat pola hidup sehat berikut ini dan langkah tepat cara memulainya.


Manfaat Pola Hidup sehat

1.      Tubuh lebih bertenaga

Manfaat pertama dari perilaku hidup sehat adalah kondisi tubuh yang lebih bertenaga. Hal ini dikarenakan tubuh mendapatkan asupan makanan yang bergizi, memiliki waktu tidur yang cukup, serta berolahraga. Jika Anda tak melakukan aktivitas-aktivitas tersebut kemungkinan besar setiap hari Anda merasa lesu dan kurang berenergi.

Makanan yang tergolong ke dalam makanan sehat adalah makanan yang berasal dari biji-bijian, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, buah-buahan serta sayuran. Olahraga dan tidur cukup memiliki peranan penting dalam melancarkan penyebaran darah dan oksigen, menghilangkan stres, dan menekan berbagai macam risiko penyakit.

2.      Terhindar dari penyakit

Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang manusia, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker, hingga depresi. Tak sedikit orang yang menyadari bahwa penyebab dari penyakit-penyakit tersebut salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat tertentu secara berlebihan menjadi pemicu nya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda akan terbebas dari gangguan segala penyakit. Hal ini karena ada kestabilan asupan yang dibutuhkan tubuh sehingga kinerja tubuh juga menjadi stabil. Tambahan lain untuk melakukan pola hidup sehat, yaitu dengan rajin memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek berat badan, tekanan darah, hingga detak jantung.

3.      Menjaga kesehatan psikologis

Meski terlihat sepele, kondisi psikologi juga menjadi salah satu hal yang tak boleh luput dari perhatian. Beberapa penyakit terkadang justru datang karena kondisi mental yang kurang sehat. Jika asupan makanan berpengaruh banyak kesehatan tubuh, aktivitas olahraga berperan dalam menjaga kesehatan psikologis karena membantu produksi hormon endorfin.

Hormon ini berperan dalam menjaga hati selalu rileks sehingga merasa bahagia. Selain kondisi psikologis tubuh yang sehat, kondisi tubuh yang bugar juga dapat meningkatkan kepercayaan diri yang berujung pada perasaan bahagia. Anda juga dapat bergabung dalam kegiatan sosial untuk menambah pertemanan sehingga Anda dapat selalu bahagia.

4.      Berat badan ideal

Segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik untuk tubuh, bahkan berujung pada terjadinya beberapa penyakit. Tetapi dengan menjalankan pola hidup sehat tentu saja Anda tidak akan mengalami hal semacam ini karena asupan makanan terjaga dengan baik. Selain menyehatkan tubuh, pola hidup sehat juga mencegah terjadinya obesitas dan menjaga berat badan tetap ideal.

Berolahraga juga dapat membantu Anda mewujudkan keinginan untuk memiliki berat badan yang ideal dan sehat. Olahraga dapat membakar lemak dan meningkatkan denyut jantung sehingga olahraga juga baik untuk menjaga kesehatan psikologis. Olahraga yang dilakukan pun tidak harus olahraga berat. Olahraga dengan berjalan kaki atau jogging sesering mungkin juga bisa dilakukan.

5.      Panjang umur

Dengan melakukan pola hidup sehat secara tidak langsung Anda juga sedang berusaha memperpanjang umur. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran dapat menghalau berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh asupan makanan tidak sehat. Para peneliti pun sudah mengonfirmasi tentang manfaat makanan sehat untuk memperpanjang umur.

Selain konsumsi makanan yang sehat, berolahraga juga berperan dalam memperpanjang umur manusia. Olahraga bermanfaat dalam mengurangi risiko kematian di usia muda. Bahkan olahraga yang sangat sederhana seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari juga dapat menghindarkan diri dari risiko kematian di usia muda.

Cara Memulai Hidup Pola Sehat

Setelah mengetahui manfaat pola hidup sehat bagi tubuh, sudahkah Anda memiliki keinginan untuk mulai menjalankannya? Jika Anda merasa bingung bagaimana cara menjalankannya, berikut ini cara memulai pola hidup sehat.

1.      Lakukan dari hal terkecil

Tidak semua orang dapat dengan mudah memulai pola hidup sehat, apalagi jika sebelumnya terbiasa dengan pola hidup yang tidak sehat. Agar keinginan untuk memiliki pola hidup sehat dapat terwujud, lakukanlah dari hal yang kecil terlebih dahulu. Misalnya, memulai dengan menjaga kebersihan saat makan dengan rajin mencuci tangan.

Dengan melakukan hal kecil, Anda akan merasa ringan ketika melakukannya. Buatlah semacam resolusi agar lebih terarah dan untuk memperhatikan perkembangan usaha Anda dari waktu ke waktu.

2.      Rasakan dampaknya

Terkadang orang-orang hanya mengetahui manfaat menerapkan pola hidup sehat secara gairs besar saja. Padahal, motivasi untuk melakukan hidup sehat akan tercipta setelah mengetahui setiap manfaat dari pola hidup sehat. Misalnya, mencuci tangan sebelum makan akan menghindarkan diri dari kuman dan bakteri yang mungkin ada di tangan sehingga kesehatan tetap terjaga.

3.      Jangan terburu-buru

Tak sedikit orang yang cepat menyerah karena sulit keluar dari pola hidup yang tidak sehat. Padahal untuk menjalani hidup sehat, tidak semua pola hidup harus dilakukan secara serentak di waktu yang sama. Jika terdapat kesulitan dalam menjalani pola hidup sehat, lebih baik lakukan satu per satu. Miliki satu atau dua kebiasaan dari pola hidup sehat terlebih dahulu untuk memudahkan.

4.      Ajak orang-orang sekitar

Menjalani suatu kegiatan akan terasa lebih mudah jika dilakukan secara bersama-sama, begitupun dengan melakoni pola hidup sehat. Ajaklah anggota keluarga, teman, atau orang terdekat Anda untuk ikut melakukannya juga. Dengan banyaknya orang yang terlibat untuk menjalankan pola hidup sehat, maka kontrol untuk terus konsistem dalam melakukan pola hidup sehat juga akan terjaga.

5.      Beri reward kepada diri sendiri

Saat kecil mungkin Anda pernah atau sering mendapat hadiah dari orang tua karena telah berhasil melakukan sesuatu. Pada usia sekarang pun Anda tetap dapat memberlakukan sistem reward agar latihan untuk menjalani pola hidup sehat tidak goyah. Dengan adanya sistem ini Anda semakin bersemangat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat memiliki banyak manfaat, seperti menyehatkan tubuh dan pikiran. Agar manfaat pola hidup sehat dapat dirasakan, Anda perlu melakukannya dengan perlahan agar setiap prosesnya dapat dinikmati.



Post a comment for "5 Manfaat Pola Hidup Sehat dan Cara Memulainya"

Berlangganan via Email