Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Masakan Jawa Timur Sederhana yang Wajib dicoba Para Pecinta Kuliner.

3 Masakan Jawa Timur Sederhana yang Wajib dicoba Para Pecinta Kuliner. Bagi anda pecinta kuliner jika singgah dibebrapa kota dijawa timur anda wajib mencicicpi menu khas daerah tersebut. Jawa timur dengan bergbagai makanan khasnya, tidak bosan bagi penikmat makanan untuk selalu memanjakan lidahnya. Tak jarang bagi anda yang pernh tinggal di kota jawa timur pasti akan rindu dengan kuliner makanannya.

Ada beberapa menu wajib yang patut anda cob ajika anda singgah di propinsi jawa timur, menu ini mempunyai rasa dan ciri khas yang tidak bisa anda temukan di kota anda. karena selain dari bumbu adapun juga bahan yang mempunyai ciri khasnya sendiri. Seperti bahan makanan petis, ini dapat digunakan untuk campuran beberapa masakan bahkan sayur. Namun petis yang ada di jawa timur tentunya rasanya akan berbeda dengan petis yang ada dikota lainnya. Inilah yang membuat beberapa makanan khas yang jika di olah atau dibeli dikota lain akan beda rasanya.

3 Masakan Yang Wajib di Coba Jika Berkunjung ke Jawa Timur

Ada beberapa makanan yang tentunya wajib anda coba, dan makanan ini telah menjadi ikon khas beberapa kota di jawa timur. Apalagi bagi anda treveler anda tidak ingin menyia – nyiakan kesempatan anda singgah di jawa timur dengan mencicipi menu tersebut bukan. 3 masakan Jawa timur sederhana ini wajib anda jadikan list jika anda akan berkunjung, mau tau apa saja mari simak ulasanya sebagai berikut.

masakan Jawa timur sederhana
masakan Jawa timur sederhana 

Rujak Cingur

Sebagian dari anda mungkin sudah tidak asing dengan makanan khas Jawa timur ini, iya tentu bagi sebagaian besar masyarakat jawa timur rujak cingur merupakan menu pilihan yang dapat dimakan sehari hari. Rujak cingur sendiri memiliki banyak ragam isinya, berbeda dengan rujak pada umunya, rujak cingur lebih lengkap isiannya.

Rujak cingur berisi macam macam sayuran hijau, tahu dan tempe goreng, bebrapa potng lontong dan tentunya tidak ketinggalan dengan ditambahkan cingur atau biasanya disebut mulut sapi. Dengan disiram bumbu kacang yang diracik dengan berbagai bahan seperti bawang putih, cabe garam, terasi gula pasir, gula merah, pisang yang masih ijo ini sebagai penyedap rasa yang khas menurut cerita orang setempat dan ditambahkan petis sebagai penguat rasa. Dengan banyaknya komponen yang ada bukan tidak mungkin jika Rujak Cingur merupakan Masakan Jawa timur Sederhana yang memiliki cita rasa sendiri.

Lontong Balap

Lontong balap, makanan satu ini juga dilengkapi dengan sayur tetapi hanya menggunkan selada atau tauge saja, berbeda dengan rujak cingur yang disiram dengan bumbu kacang yang kuahnya kentel, lontong balap merupakan makanan berkuah dengan kuah yang lebih encer dan segar. Lontong balap juga menggunakan pelengkap gorengan sebagai teman makan dan tidak ketinggalan kuah lontog balap juga menggunakan petis khas jawa timur yang telah dimasak dan diracik dengan kuah yang panas disiramkan ke lontong dan pelengkapnya.

Tahu Tek

Tahu tek ini mirip telur dadar tahu, sebagian orang awam yang baru makan makanan ini pasti mengira seperti itu, iya memnag benar tahu tek merupakan makanan yang berbahan dasar tahu dan telur dadar. Tahu dipotong kecil kecil dan diaduk dengan telur kemudian didadar. Menarik bukan? tapi setelah dadaran tahu dan telur tadi jadi ini disiram dengan bumbu kuah kacang yang khas, lagi lagi makana ini menggunkan petis sebagai bahan penyedapnya. Tahu telur biasnaya dimakan Bersama nasi ataupun lontong, hal ini yang menempatkan Tahu Tek sebagai salah satu lauk Masakan jawa timur sederhana yang paling digemari.

Menarik bukan, ketiga makanan diatas merupakan makanan khas daerah Jawa timur dan mrupakan Masakan Jawa timur sederhana yang wajib anda cicipi jka anda singgah di beberapa kota di jawa timur.

Post a comment for "3 Masakan Jawa Timur Sederhana yang Wajib dicoba Para Pecinta Kuliner."

Berlangganan via Email