Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Makanan Penambah Energi Saat Sakit, Bisa Bantu Pulih dengan Cepat


Saat seseorang mengalami sakit, biasanya yang ia rasakan adalah lemas dan tidak bertenaga. Jangan minum suplemen, ada banyak kok jenis makanan yang bisa membantu memberikan energi dan memulihkan badan dengan cepat. Sudah tahu apa saja jenis makanan penambah energi saat sakit?
Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi saat sakit yang bagus untuk energi dan memberikan tenaga lebih saat anda mengalami sakit parah.

makanan penambah energi saat sakit

1.     Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis makanan yang bagus sekali dikonsumsi saat sakit. Ikan salmon memang di gadang-gadang sebagai salah satu jenis makanan yang memiliki banyak sekali manfaat. Bukan hanya bisa meningkatkan kecerdasan saja, melainkan banyak sekali manfaat lainnya yang lebih penting.
Ikan salmon mengandung omega 3 dan asam lemak yang dapat meningkatkan memori, memperbaiki suasana hati, mengurangi depresi dan juga membangkitkan energi. Orang sakit yang biasanya selalu lemas, ketika konsumsi ikan salmon akan kembali pulih dan berenergi lebih baik dari pada sebelumnya.

2.     Almond

Selain ikan salmon, jenis makanan penambah energi saat sakit yang tepat adalah almond. Almond dapat menjadi salah satu cemilan sehat yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh dengan baik bahkan dalam waktu yang lebih singkat.
Almond mengandung magnesium dan vitamin B tinggi yang sangat bagus dan dibutuhkan oleh tubuh. Magnesium tinggi yang dimiliki almond dapat meningkatkan energi dengan baik. konsumsi almod dalam jumlah yang cukup saat anda sakit adalah hal yang bagus dilakukan.

3.     Buah Bit

Buah yang satu ini boleh jadi jarang sekali orang tahu bahkan mungkin jarang juga orang yang mengonsumsinya. Namun perlu anda tahu, bahwa buah berwarna merah ini memiliki khasiat yang cukup tinggi terutama bagi anda yang sedang sakit. Buah ini memiliki kandungan antioksidan dan nitrat tinggi yang dapat memulihkan energi dengan baik.

4.     Sayuran Hijau

Lelah bisa jadi diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan zat besi. Beberapa jenis sayuran hijau memiliki kandungan zat besi yang cukup. Ini bisa menjadi bahan makanan utama yang anda konsumsi untuk memulihkan badan anda dan meningkatkan energi dengan baik.
Selain itu, beberapa jenis sayuran lainnya juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat bagus bagi tubuh. Seperti bayam, memiliki kandungan zat besi dan vitamin yang tinggi. Keduanya merupakan jenis zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bisa membuat pulih dan dapat meningkatkan energi dengan baik.

5.     Hati Sapi

Hati sapi merupakan salah satu jenis makanan yang juga bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit. Hati sapi memiliki kandungan vitamin B-12  sangat tinggi yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh orang yang mengalami penurunan energi.
Jika anda mengonsumsi hati sapi dalam jumlah yang pas, maka energi dalam tubuh akan kembali pulih dan membaik seperti sediakala. Namun untuk anda yang menderita kolesterol tinggi, jangan mencoba untuk mengonsumsi makanan ini.

6.     Popcorn

Makanan yang bisa kita temukan saat nonton bioskop ini juga ternyata sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit utamanya untuk meningkatkan energi. Popcorn memang memiliki kalori yang rendah, namun bisa memberikan energi yang cukup bagi tubuh.
Dalam 100 gram pocorn terdapat 78 gram karbohidrat dan 15 gram serat. Popcorn menjadi salah satu jenis makanan yang tepat dikonsumsi saat sakit untuk meningkatkan energi. Namun jangan anda tambahkan garam ataupun mentega pada pocorn saat anda mengonsumsinya.

7.     Yoghurt

Yoghurt juga termasuk salah satu jenis makanan yang bagus dikonsumsi oleh anda yang tengah sakit untuk meningkatkan energi. Selain bagus untuk sistem pencernaan, yoghurt juga memiliki manfaat lain yang luar biasa yaitu dapat meningkatkan stamina tubuh dengan baik.
Yoghurt memiliki kadar gula yang cukup dan dapat diurai dengan baik oleh tubuh untuk menjadi salah satu sumber energi yang cukup. Stamina akan kembali pulih ketika anda mengonsumsi yoghurt secara rutin.

8.     Telur

Pada dasarnya, telur merupakan sumber protein yang tinggi. Namun selain itu, ternyata telur juga memiliki manfaat lain yaitu dapat meningkatkan stamina tubuh. Telur ternyata dapat meningkatkan gula darah dan insulin yang dapat di rubah menjadi energi bagi tubuh.

9.     Ikan

Pada dasarnya ikan merupakan jenis sumber makanan protein hewani. Namun, ikan juga mengandung vitamin B yang dapat menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh.  Untuk anda yang sedang sakit, ikan bisa menjadi salah satu jenis makanan yang bagus untuk jadi bahan konsumsi. Ikan dapat dengan baik memberikan energi.

10.Buah Jeruk

Ketika lelah dan kurang berenergi, salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C. Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang bagus dan tepat anda konsumsi. Jeruk merupakan sumber utama vitamin C.
Vitamin C dalam jeruk bisa meredakan stres bagi tubuh dan dapat meredakan kelelahan erta memberikan energi yang cukup bagi tubuh anda dengan baik. Konsumsi vitamin C dengan baik dan teratur maka energi anda akan kembali pulih.

11.Buah Stroberi

Bukan hanya buah jeruk, stroberi juga termasuk salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Menurut beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa stroberi memiliki kandungan fenol yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C nya dapat memberikan energi tambahan dan mengembalikan tubuh dari kelelahan.

12.Buah Apel

Apel juga masuk ke dalam salah satu daftar makanan yang bagus dikonsumsi saat sakit. Apel memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi yang bisa menjadi salah satu sumber energi terbaik bagi tubuh. Selain itu, apel juga memiliki antioksidan tinggi  yang dapat melindungi tubuh dari peradangan.

13.Buah Pisang

Jenis makanan penambah energi saat sakit adalah buah pisang. Bukan hanya enak dikonsumsi saja, pisang juga memiliki peran penting untuk meningkatkan energi dalam tubuh dengan baik. Pisang memiliki vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memulihkan masa otot dan juga memiliki banyak sekali serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.


Post a comment for "13 Makanan Penambah Energi Saat Sakit, Bisa Bantu Pulih dengan Cepat"