Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Jenis Cemilan Untuk Orang Sakit Paling Aman Dikonsumsi


Orang sakit memiliki imunitas tubuh yang menurun, sehingga tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan sembarangan. Mereka harus memperhatikan pola makan sesuai anjuran dokter agar bisa mendapatkan asupan gizi yang ekstra. Lalu, seperti apa cemilan untuk orang sakit yang aman untuk dikonsumsi? 


1. Yogurt

Yogurt menjadi cemilan wajib yang bisa dinikmati oleh hampir seluruh orang dengan penyakit berbeda. Kandungan probiotik dari yogurt mampu mempercepat penyembuhan penyakit serta  menghambat proses datangnya flu, sehingga tidak membuatnya menjadi semakin parah.

Meskipun dibuat dari susu yang di fermentasikan, tetapi Anda bisa mengkonsumsinya dengan baik tanpa memberikan efek samping apapun. Bahkan, yogurt sangat baik bagi penderita demam dan mampu meningkatkan imunitas tubuh saat sakit agar bisa segera sembuh dalam beberapa hari saja.

2. Salad

Salad buah-buahan atau sayuran sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang sakit. Mereka bisa mengkonsumsi jenis salad apapun yang bisa memberikan kandungan gizi sehat serta seimbang. Bahkan, salad dengan sayuran atau buah-buahan yang masih segar sangat baik untuk dikonsumsi.

Tetapi, jika Anda memiliki penyakit maag, maka usahakan untuk menghindari salad sayuran yang bisa membuat perut kembung, seperti kol, brokoli dan kubis. Anda bisa mengkonsumsi salad dengan kombinasi sayuran, seperti wortel, jagung, buncis, kentang, salada, bahkan mentimun.

3. Buah-Buahan

Selain baik di konsumsi dalam bentuk salad buah, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan secara langsung dalam keadaan segar dan sudah di cuci. Usahakan untuk memilih buah yang manis dan tidak menimbulkan efek samping bagi tubuhmu.

Salah satu buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk orang sakit adalah pisang. Kandungan kalium yang ada di dalamnya sangat baik menggantikan ion tubuh yang hilang saat Anda sedang sakit akibat demam. Sehingga, konsumsi pisang dengan teratur akan sangat dianjurkan pada saat itu.

Jika Anda tidak ingin mengkonsumsinya secara langsung, maka Anda bisa meminumnya dalam bentuk jus buah-buahan segar, seperti jus alpukat, jus pisang, jus apel, jus mangga, jus buah naga dan berbagai buah-buahan sehat lainnya.

4. Outmeal

Salah satu cemilan untuk orang sakit yang sehat dan bisa membuat perut kenyang lebih lama adalah outmeal. Cemilan ini bisa Anda kombinasikan dengan buah-buahan atau sayuran yang aman bagi penyakit yang sedang di derita dan bisa membuatnya menjadi lebih cepat untuk sembuh.

5. Sup Ayam

Cemilan bukan hanya sebutan untuk makanan ringan semata, disini Anda bisa menikmati sup ayam sebagai cemilan sehat yang aman untuk dikonsumsi bagi orang sakit. Kandungan protein, mineral, vitamin serta kalori di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Sup ayam dikenal sebagai menu wajib yang bisa dimakan oleh para pasien dengan latar belakang penyakit berbeda. Bahkan, ketika ada anggota keluarga yang sedang diare, demam atau flu, maka Anda bisa memberikan sup ayam tersebut untuk membuat penyakitnya bisa hilang dengan segera.

6. Madu

Madu adalah cemilan yang aman dan bisa dikonsumsi oleh semua orang sakit, termasuk anak-anak. Cemilan yang terbuat dari bahan alami tanpa campuran apapun tersebut akan memberikan rasa manis yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Bahkan, penderita radang tenggorokan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi madu karena bisa melenyapkan bakteri penyebab penyakit tersebut. Meskipun madu aman untuk anak-anak, tetapi Anda tidak boleh memberikannya kepada anak dibawah 12 tahun apalagi masih bayi.

7. Daging Ikan

Orang yang sedang sakit dianjurkan untuk mengkonsumsi daging ikan, seperti salmon, ikan tuna dan ikan kembung. Kandungan asam lemak serta omega 3 akan membantu proses penyembuhan penyakit secara cepat, tanpa efek samping yang akan dirasakan sesudah mengkonsumsinya.

Dengan efek anti-inflamasi yang cukup kuat, maka segala jenis peradangan dalam tubuh bisa dicegah dan dihilangkan dalam waktu yang begitu singkat. Kuncinya adalah Anda harus mampu mengkonsumsi daging ikan tersebut secara rutin dengan proses pengolahan yang sehat tentunya.

8. Air Kelapa

Konsumsi air kelapa saat Anda mengalami sakit flu, batuk dan diare sangat dianjurkan karena bisa mengganti cairan tubuh yang mudah hilang. Kandungan glukosa serta elektrolit yang ada di dalamnya sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk mengembalikan cairan yang hilang.

Bukan hanya itu saja, air kelapa juga sangat bermanfaat untuk mengembalikan kembali energi yang dimiliki. Anda tidak akan terlihat lemas saat sakit serta mampu melalui proses penyembuhan secara cepat hanya dengan mengkonsumsi minuman alami tersebut.

9. Jahe

Jahe bisa dikonsumsi secara langsung atau menambahkannya ke dalam minuman dan makanan yang akan dikonsumsi. Cemilan sehat ini mengandung antioksidan, antimikroba, bahkan antikanker sehingga sangat baik di konsumsi untuk segala macam jenis penyakit.

Bagi Anda yang sedang mual atau sering muntah, maka bisa membuat air jahe hangat atau wedang jahe untuk meminimalisir efek mual tersebut. Aroma hangat khas jahe tersebut akan membuat Anda merasa nyaman dan menghilangkan rasa sakit yang tengah diderita.

10. Keju

Bagi penderita kolesterol darah, mengkonsumsi keju bisa menjadi pilihan cemilan utama yang tidak akan membuat tubuh menjadi semakin drop. Justru, keju bisa memberikan efek yang baik bagi penderita dan membuat ia mampu menikmati makanan enak saat sedang mengalami sakit.

Kandungan kalsium dalam keju sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi serta kesehatan otak. Meskipun makanan ini dioleh dengan teknik fermentasi, tetapi bakteri yang digunakan sangat baik sehingga akan membantu tubuh dalam melawan berbagai penyakit berbahaya.

11. Tahu Kukus

Meskipun tahu akan sangat nikmat apabila disajikan dengan digoreng, tetapi bagi orang sakit, penyajiannya harus dilakukan secara sehat agar tidak menghilangkan kandungan gizi di dalamnya. Tahu putih yang dikukus sangat baik bagi para orang sakit dengan penyakit apapun.

Tahu kukus bisa memberikan sejumlah manfaat baik bagi tubuh, seperti mengurangi risiko stroke, mengurangi kolesterol berbahaya dalam darah, dan meningkatkan kesehatan jantung bagi para penderita jantung. Anda bisa konsumsi tahu kukus tersebut setiap hari dengan rutin.

Dengan mengkonsumsi beberapa cemilan untuk orang sakit tersebut, maka Anda bisa tetap menikmati makanan enak, meskipun dalam keadaan sakit. Bukan hanya itu saja, makanan yang lezat dan sehat akan meningkatkan mood baik dan mempercepat proses penyembuhan yang sedang kamu lalui.








Post a comment for "11 Jenis Cemilan Untuk Orang Sakit Paling Aman Dikonsumsi"