Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Penting Mengenali Cream Pemutih Wajah Berbahaya


Bukan rahasia lagi, jika setiap perempuan menginginkan wajah putih, mulus, dan cantik. Untuk mendapatkan hal tersebut perempuan rela melakukan berbagai macam cara, dari cara alami hingga operasi. Tak sedikit pula yang memilih cream pemutih sebagai alternatif untuk memutihkan wajah. Sebelum membeli cream pemutih, simak tips mengenali cream pemutih wajah berbahaya berikut ini agar tidak salah beli dan membahayakan.


1.     Mengandung bahan berbahaya

Salah satu kandungan berbahaya yang sering dimasukkan dalam produk kosmetik dan perawatan kulit adalah merkuri atau raksa. Dalam waktu yang singkat permasalahan pada kulit wajah seperti kulit kusam, kulit kering, pori-pori hingga berjerawat dapat segera diatasi. Kandungan ini memang dapat membuat kulit menjadi putih dengan cepat.

Tetapi, ada akibat yang sangat fatal jika cream yang mengandung bahan kimiawi ini dipakai dalam waktu lama, yaitu kanker kulit. Mungkin awalnya Anda tidak merasakannya, tetapi lama kelamaan kulit Anda akan menghitam dan mengalami beberapa permasalahan lainnya. Jika krim yang Anda gunakan menunjukkan indikasi tersebut, waspadailah.

Selain merkuri, zat yang sering dimasukkan ke dalam produk kosmetik adalah hidrokinon atau zat reduktor. Zat ini disebut-sebut sangat efektif untuk mencerahkan kulit karena menghambat pembentukan pigmentasi kulit. Tetapi jika dosis yang digunakan terlalu berlebihan maka akan menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit.

2.     Tekstur mengkilap

Cream pemutih wajah dengan tekstur mengkilap perlu Anda waspadai. Pasalnya, cream seperti ini biasanya mengandung bahan-bahan berbahaya didalamnya. Selain mengkilap, warna cream-nya juga tergolong mencolok.  Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian pembeli. Jika warna cream biasanya hanya berwarna putih, jingga, atau kuning, maka pada cream berbahaya warnanya akan berbeda.

3.     Aroma menyengat

Cream pemutih yang berbahaya biasanya terbuat dari bahan-bahan kimia. Banyaknya bahan kimia yang dicampurkan menyebabkan produk yang dihasilkan memiliki aroma kuat dari bahan-bahan kimia tersebut. Agar aroma bahan kimia tersamarkan dari produk, produsen menambahkan parfum dimana bau parfum biasanya cukup menyengat.

Selain untuk menyamarkan bau bahan kimiawi, cara ini juga bertujuan untuk membuat pembeli tertarik pada wanginya produk perawatan kulit wajah tersebut. Berpikirlah sebelum membeli jika produk yang Anda temui memiliki aroma seperti ini.

4.     Kulit mengalami iritasi

Kulit wajah tergolong ke dalam jenis kulit yang sensitif dari kulit bagian tubuh lain. Produk perawatan kulit wajah yang berbahaya akan menimbulkan efek yang mudah terlihat. Jika cream yang Anda gunakan mengandung bahan berbahaya, biasanya kulit wajah akan berekasi dengan cukup ekstrem. Lapisan kulit dapat mengelupas jika terkena paparan sinar matahari.

Efek lain yang sering terlihat adalah rasa perih pada kulit, kulit memerah, dan sangat sensitif. Jika Anda mengalami hal seperti ini ketika memakai suatu cream, waspadai kemungkinan Anda membeli produk yang salah atau berbahaya.

5.     Warna kulit menjadi pucat

Satu-satunya tujuan menggunakan cream pemutih wajah adalah membuat kulit wajah terlihat putih. Cream pemutih wajah berbahaya memang bisa mewujudkan keinginan Anda yang satu ini. Sayangnya, warna putih yang akan Anda dapatkan bukan warna kulit yang cantik. Tetapi warna kulit putih yang cenderung pucat.

Anda dapat membandingkan kulit wajah dengan kulit leher. Jika kulit wajah jauh lebih putih saat tak memakai riasan, kemungkinan besar Anda memakai cream palsu. Hal ini disebabkan karena cream berbahaya bekerja dengan cara mengelupas lapisan kulit terluar sehingga menyisakan lapisan kulit kedua. Lama kelamaan hal ini dapat menyebabkan kanker kulit.

6.     Kulit putih dengan cepat

Bukan rahasia lagi jika bahan berbahaya dapat memutihkan kulit dengan cepat. Hal ini karena bahan kimiawi dapat bereaksi dengan cepat. Contoh bahan berbahaya adalah merkuri. Jika Anda mendapatkan hasil yang instan dari pemakaian cream pemutih wajah, Anda harus mewaspadai kandungan bahan-bahan didalamnya. Pastikan bahan-bahan dalam produk yang Anda gunakan aman.

7.     Kulit tidak pernah berjerawat

Bagi perempuan, keberadaan jerawat sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Riasan sebagus apapun akan terlihat kurang sempurna jika ada jerawat di wajah. Untuk itu banyak perempuan yang mencari cream pemutih wajah yang juga dapat mengatasi jerawat. Sekarang banyak pula cream pemutih wajah yang secara otomatis membantu mencegah jerawat.

Sebenarnya tidak timbulnya jerawat selama pemakaian produk cream pemutih wajah adalah pertanda buruk. Pasalnya cream pemutih semacam itu justru mencemari kulit karena bahan kimia didalamnya. Akibatnya, kuman, bakteri, hingga nyamuk tak mau mendekat. Hal inilah yang menyebabkan kulit terbebas dari jerawat sekaligus menjadi penanda kulit tidak sehat.

8.     Menimbulkan ketergantungan

Salah satu permasalahan yang didapat ketika memakai cream pemutih wajah yang berbahaya adalah timbulnya ketergantungan. Ketika menggunakan cream tersebut Anda akan merasakan manfaatnya. Tetapi ketika Anda memutuskan untuk berhenti memakai, kulit Anda akan kembali ke kondisi semula seperti sebelum menggunakan cream.

9.     Tekstur cream berubah

Cara mengenali cream pemutih wajah berikutnya adalah dengan mengetesnya. Cream yang berbahaya akan berubah warna ketika terpapar sinar matahari secara langsung. Jika cream berwarna putih, akan berubah warna menjadi coklat muda atau warna lain.

Cara lain untuk mengetes bahaya atau tidaknya suatu cream yaitu dengan mendiamkan cream beberapa waktu. Jika materi padat dengan minyak terpisah, waspadai cream yang akan Anda beli. Kemungkinan besar cream tersebut palsu dan mengandung banyak bahan kimia berbahaya.

10.Tidak ada izin BPOM

Cara paling mudah untuk mengetahui aman atau tidaknya suatu produk adalah dengan mengecek izin BPOM yang terdapat dalam kemasa produk. Jika di dalam kemasan terdapat izin BPOM, Anda bisa segera membelinya tanpa perlu merasa khawatir. Tetapi jika tidak ada, lakukanlah pengecekan nomor registrasi produk di BPOM.

Cara mengeceknya cukup mudah. Kunjungi situs resmi BPOM lalu masukkan nomor registrasi produk atau merek produk. Pilih yang menurut Anda paling mudah. Mudah, bukan? Sekarang tidak ada lagi alasan untuk membeli produk palsu yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda.
Tak sedikit produk cream pemutih wajah berbahaya yang dijual secara langsung maupun online.

Waspadailah hal-hal semacam ini sebelum Anda membeli atau memutuskan untuk memakai suatu produk perawatan kulit karena akibatnya bisa sangat fatal. Mulai dari kulit teriritasi hingga kanker kulit menanti Anda, jika salah memilih produk.



Post a comment for "10 Tips Penting Mengenali Cream Pemutih Wajah Berbahaya"

Berlangganan via Email