Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Penyebab Awet Muda yang Jarang Orang Tahu, Kamu Juga?


Hampir semua orang ingin terlihat awet muda, meskipun di usia yang sudah tidak muda sekalipun. Keinginan tersebut semakin kuat dikarenakan banyak yang mengutamakan penampilan dan selalu ingin terlihat menarik di antara banyak orang. Ada beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab awet muda dan bisa Anda lakukan, seperti di bawah ini.


1.     Perhatikan Pola Makan

Pola makan yang Anda konsumsi setiap hari bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi berbagai buah-buahan serta sayuran segar secara teratur dan rutin. Selain itu, Anda bisa juga mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3, seperti ikan salmon dan biji-bijian.

2.     Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Bagi kamu yang ingin memiliki tubuh yang awet muda, maka jangan sampai kulitmu terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan tubuh karena akan membuat Anda mengalami penuaan dini, bahkan sampai ke penyakit kanker kulit.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit serta tubuh, lebih baik gunakan tabir surya atau sunscreen ketika hendak bepergian di luar rumah. Solusi ini akan membuat kulit menjadi terlindungi dan tampak awet muda di usia Anda saat ini.

3.     Olahraga Rutin

Olahraga terbukti ampuh membuat Anda menjadi lebih muda dan selalu terlihat sehat di usia yang sudah lanjut sekalipun. Efek dari berolahraga secara rutin tidak akan membuat kekuatan otot Anda menjadi berkurang. Justru sebaliknya, berolahraga akan membuatnya semakin kuat sepanjang hari.

Usia yang tidak lagi muda rentan terserang penyakit dan mudah mengalami penuaan secara cepat. tetapi, hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan olahraga secara teratur dan rutin, minimal satu kali dalam seminggu untuk membuat otot dan sistem kerja tubuh tetap terjaga.

4.     Tidur yang Cukup

Sebagian orang akan terlihat begitu awet muda karena mereka selalu menggunakan waktu istirahat di malam hari secara tepat. Tidur yang cukup selama 8 jam akan membuat tubuh menjadi rileks, sehingga akan terlihat segar kembali di pagi harinya.

Namun, mereka yang lebih sering menggunakan waktu istirahatnya untuk begadang, akan berpotensi mengalami tanda penuaan dini secara cepat. Hal itu disebabkan oleh Anda yang terlalu memaksakan tubuh untuk terus aktif bekerja, padahal ia sangat kelelahan.

Oleh karena itu, buatlah jadwal yang efisien agar waktu malam bisa digunakan untuk tidur secara cukup. Anda akan menikmati efek positifnya setelah beberapa tahun kemudian. Tubuh akan selalu merasa segar dan tidak mengalami penuaan dini dalam waktu yang dekat.

5.     Berpikir Positif

Memiliki pikiran yang positif bisa disebut sebagai penyebab awet muda yang dimiliki oleh orang kebanyakan. Mereka yang memiliki pikiran bersih akan selalu terlihat tenang dan tampak tentram wajahnya. Bahkan, mereka selalu terlihat segar tanpa ada tanda-tanda penuaan dini dalam tubuhnya.

Cara untuk bisa memiliki pikiran positif bisa dilakukan secara mudah, seperti senantiasa bersyukur atas kehidupan yang Anda miliki, berdoa dengan khusyuk, hingga bermeditasi minimal dua kali dalam seminggu. Dengan begitu, Anda bisa memiliki tubuh yang awet muda tanpa membayar sepeserpun.

6.     Kebiasaan Membersihkan Wajah Dengan Rutin

Wajah adalah bagian tubuh paling umum untuk menentukan apakah seseorang terlihat awet muda ataupun tidak. Dengan memiliki kebiasaan membersihkan wajah minimal dua kali sehari akan membuat Anda tampak awet muda dengan wajah yang bersih berseri.

Kebiasaan ini akan menjadi sebuah alasan Anda bisa memiliki tubuh dan wajah yang terlihat lebih muda dari umurnya. Sebab, kotoran yang menyumbat kulit bisa dihilangkan, sekaligus mengangkat sel kulit mati dan diganti dengan sel kulit yang baru.

7.     Tidak Memakai Make Up Secara Berlebihan

Menggunakan make up sehari-hari tentu akan membuat Anda tampak lebih cantik dan menarik. Tetapi, jika Anda menggunakannya secara berlebihan atau terlihat begitu tebal, hanya akan berpotensi menyumbat pori-pori, menimbulkan jerawat, garis halus, bahkan keriput sebelum waktunya.

Namun, ketika Anda memiliki tidak memiliki kebiasaan menggunakan make up secara berlebihan atau masih dibatas wajar, maka kecantikan alami akan lebih terpancar. Hal tersebut akan memunculkan tubuh dan wajah yang awet muda dan terhindar dari berbagai masalah penuaan dini.

8.     Mampu mencukupi kebutuhan cairan

Ketika Anda mampu mencukupi cairan dengan minum air putih sekitar 8-9 gelas perhari akan membuat tubuh menjadi lebih terlihat awet muda. Selain itu, kebiasaan ini akan membuat tubuh terasa lebih segar, sehingga membuat Anda senantiasa bersemangat menjalani aktivitas seharian.

Sebaliknya, jika Anda jarang meminum air putih dan lebih sering mengkonsumsi minuman bersoda dan alkohol, maka kulit akan lebih cepat mengalami tanda penuaan. Jangan sampai hal tersebut terjadi kepada Anda karena akan membuat penampilan menjadi tidak menarik lagi.

9.     Berhubungan Intim Secara Teratur

Kebiasaan yang merupakan alasan seseorang terlihat awet muda bisa dilakukan dengan cara berhubungan intim bersama pasangan Anda. Namun, hal ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah menikah. Sehingga, tidak menjurus ke dalam seks bebas yang berbahaya.

Menurut seorang psikolog Inggris bernama Dr. David Weeks, beliau mengungkapkan bahwa berhubungan intim bersama pasangan, minimal tiga kali dalam seminggu akan membuat seseorang terlihat lebih muda dan bugar sepanjang hari.

10.Memijat Kulit Daerah Wajah

Pemijatan kulit ini bisa membuat Anda tampak awet muda, ini dikarenakan mampu memperlancar peredaran darah di area wajah tersebut. Anda bisa memulainya dengan memijat area alis, pipi, serta dahi secara lembut dan teratur.

Kebiasaan ini bisa Anda lakukan setelah membersihkan wajah dengan pembersih muka. Sehingga, efek segar masih terasa dan membuat Anda bisa menikmati relaksasi dari pijatan yang dilakukan oleh tangan Anda sendiri.

Sepuluh kebiasaan diatas bisa menjadi alasan bagi Anda yang ingin memiliki kulit dan tubuh tampak awet muda. Lakukan semuanya secara rutin dan teratur agar terhindar dari berbagai masalah penuaan dini atau masalah lainnya.

Penyebab awet muda bisa diketahui dari faktor keturunan atau gen yang diwariskan dari orangtua. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Harvard Medical School, ketika mereka sedang mencari cara untuk bisa mengaktifkan gen lain agar bisa terlihat muda pula.



Post a comment for "10 Penyebab Awet Muda yang Jarang Orang Tahu, Kamu Juga? "

Berlangganan via Email