Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Menjelang Persalinan


Setelah penantian panjang selama sembilan bulan,sudah pasti calon orangtua mempersiapkan  kelahiran buah hati. Seorang ibu akan mempersiapkan diri untuk persalinan yang normal dan lancar. Akan tetapi, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan menjelang persalinan. Apa sajakah itu? Berikut ini kita melihat apa saja yang tidak boleh dilakukan menjelang persalinan.


1.      Tidak boleh mengalami stres

Wanita hamil yang akan segera melakukan persalinan, sangat tidak diperbolehkan mengalami stres, apalagi berlebihan. Selama seluruh periode sembilan bulan,  Stres adalah silent killer dan merupakan salah satu penyebab keguguran dan kelahiran yang berisiko.

2.      Melakukan pengobatan rumah yang tidak dianjurkan medis

Melakukan hal yang sama sekali tidak dianjurkan secara medis, merupakan salah satu perbuatan yang tidak boleh dilakukan menjelang persalinan. Hal itu karena, terlalu berisiko menjelang persalinan.

Wanita hamil tidak harus mengikuti pengobatan rumahan dengan cara menginduksi menggunakan obat tradisional untuk memunculkan rasa mulas setelah tanggal perkiraan persalinan terlewati. Cara paling baik dan aman adalah melakukan apa yang disarankan dokter, bukannya mencoba terapi ala rumahan,karena bisa berisiko bagi kelahiran buah hati Anda.

3.      Mengerjakan pekerjaan secara berlebihan

Hindari mengerjakan sesuatu berlebihan menjelang tanggal perkiraan kelairan, wanita hamil   perlu beristirahat cukup dan mengambil waktu untuk merilekskan pikiran dan menghibur diri, dan tubuh wanita yang ingin bersalin dalam waktu dekat tidak boleh kelelahan.

Melakukan pekerjaan rumah yang berlebihan akan membuat orang merasa lelah, apa lagi wanita bagi wanita yang dalam waktu  dekat akan melahirkan. Jadi sangat dianjurkan banyak beristirahat dan tidak bekerja berlebihan karena tidak baik pada akhir sembilan bulan.

4.      Mendengarkan pengalaman buruk tentang persalinan

Mendengarkan pengalaman buruk dari proses persalinan seseorang, hanya akan membuat Anda stres dan takut. Apabila Anda akan memasuki persalinan, yang pertama hal ini hanya akan menambah kecemasan dan membuat anda berpikiran negatif  untuk menghadapi persalinan.

Jika  Anda berada dalam satu kelompok yang sedang membicarakan proses persalinan yang buruk ada baiknya Anda menghindari hal itu atau mengalihkan ke cerita lain dengan sopan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mencari penyedia layangan kesehatan yang akan membantu Anda dalam proses persalinan nantinya.

Konsultasikan pada dokter dalam menghindari induksi dan beberapa efek pemberian obat nyeri pada saat persalinan yang akan berlangsung. Kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik menjelang persalinan akan membantu Anda mempersiapkan persalinan yang lancar dan normal.

5.      Jangan lupakan peranan penting suami Anda


Pada saat proses persalinan, Anda membutuhkan dukungan yang sangat besar dari pasangan Anda. Persalinan yang lancar yang akan Anda hadapi membutuhkan kesiapan secara fisik dan mental. Bagi Anda yang masih mengalami stres, kecemasan, ketakutan berada di samping suami yang siaga membuat Anda lebih merasa nyaman untuk menghadapi persalinan secara normal.

Selain itu, bagi Anda yang mengharapkan kehadiran suami di samping Anda, saat proses persalinan dan dia tidak dapat hadir dikarenakan beberapa tugas luar kota atau beberapa hal lainnya. Anda bisa juga mendapatkan dukungan dari keluarga Anda seperti, ibu dan ibu mertua.

Kondisi lingkungan yang mendukung akan membantu Anda dalam menghadapi persalinan secara lanacar, termasuk kehadiran orang- orang yang sangat menyayangi Anda. Itu  akan membantu Anda dalam menghilangkan perasaan cemas menjelang persalinan.

6.      Tidak boleh mengangkat beban terlalu berat

Menjelang akhir kehamilan, atau mendekati waktunya persalinan otot-otot tubuh Anda pada dasarnya bisa menjadi lebih rileks dan melemah. Ini karena tingginya produksi hormon yang membuat rileks dalam tubuh.
Kondisi ini juga membuat punggung menjadi lebih tertekan dengan beratnya beban di bagian depan tubuh wanita hamil tua. Jadi, hindari mengangkat beban yang terlalu berat menjelang persalinan Anda. Termasuk juga menggendong anak kecil.

Hal tersebut bisa memicu tekanan yang lebih besar sehingga membuat cedera punggung sangat mungkin terjadi dan mengalami persalinan yang berisiko. Alihkan dulu tugas-tugas berat di rumah ke suami Anda atau anggota keluarga lainnya untuk sementara waktu.

7.     Makan sembarangan atau berlebihan

Sejak awal kehamilan, Dokter kandungan tentunya sudah memberitahu Anda tentang makanan apa saja yang perlu dihindari selama hamil. Nah, pantangan tersebut tetap perlu dan sangat penting untuk Anda patuhi menjelang proses persalinan ini.

Anda harus menjaga pola makan sesuai saran dokter, dan juga tidak boleh makan dengan porsi yang berlebihan.Jangan sampai lengah atau tergoda mengonsumsi makanan yang bisa membahayakan janin seperti ikan bermerkuri, minuman mengandung alkohol maupun yang mengandung kafein.

Jadi, untuk persalinan yang lancar perhatikanlah dengan seksama asupan makanan yang Anda konsumsi dan perbanyak makan makanan yang dapat memberi manfaat untuk janin Anda. Jangan makan sembarangan dan berlebihan,karena ini bisa merusak kondisi janin Anda.

8.      Masih melakukan perjalanan jauh

Mengingat waktu persalinan yang sudah semakin dekat dan bayi Anda mungkin bisa lahir kapan saja, bagi Anda yang sedang hamil tua sebaiknya menghindari melakukan perjalanan jauh, walaupun dengan naik pesawat sekalipun.

Selain itu, perjalanan yang panjang juga bisa membuat Anda  kelelahan, sehingga membuat kondisi Anda serta janin menjadi tidak baik-baik saja. Jadi, hindari aktivitas ini ya, untuk kelancaran persalinan Anda nantinya.

9.      Jangan mudah putus asa dan menyerah

Selain kondisi fisik yang sehat, persiapkan juga kondisi mental Anda. Kecemasan dan ketakutan mengahadapi persalinan itu memang  suatu hal yangwajar. Akan tetapi, yang harus Anda ketahui, persiapkan mental dengan senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung persalinan.

Untuk persalinan yang normal dan lancar, lakukan  seperti senam hamil atau kelas bagi wanita hamil lalu kemudian disertai dengan doa untuk mempersiapkan mental anda. Jangan takut danmudah putus asa ya.

10.  Jangan tidak percaya diri

Anda mungkin merasa tidak percaya diri dan menjadi cemas karena saat Anda memasuki persalinan, Anda tiba tiba buang air besar. Meskipun bagi Anda halitu memalukan, akan tetapi hal tersebut normal terjadi selama Anda persalinan normal.

Nah, itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan menjelang persalinan. Jangan lakukan hal-hal tersebut, jika ingin persalinan Anda berjalan dengan lancar. Tetap fokus dan biarkan ketidaknyamanan berlalu dengan kembali fokus untuk mempersiapkan energi dalam proses persalinan.

Post a comment for "10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Menjelang Persalinan"