Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Hidup Sehat di Rumah yang Tepat Anda Lakukan Saat Ini


Setiap orang tentu mendambakan kesehatan fisik dan mental yang selalu terjaga. Kesehatan menjadi kunci penting agar seseorang bisa hidup secara sehat dan berkualitas. Untuk itulah Anda perlu mengikuti 10 cara hidup sehat di rumah seperti berikut ini.

10 Cara Hidup Sehat di Rumah

1.     Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang

Makanan memiliki peranan penting untuk mewujudkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sehingga Anda harus memilih asupan makanan yang tepat untuk anggota keluarga. Misalnya saja makanan dengan rendah gula, serta tinggi vitamin dan serat.

Selain itu, lengkapi juga nutrisi harian agar tubuh tidak kekurangan gizi. Dengan pemilihan makanan yang tepat, tentu daya tahan tubuh jika akan meningkat. Jika begitu, tubuh akan bekerja secara maksimal dalam melawan kuman bakteri maupun virus penyebab penyakit.

2.     Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran

Beberapa orang tidak menyadari bahwa buah dan sayuran memiliki manfaat penting dalam kesehatan. Bahkan beberapa diantaranya justru menjauhi konsumsi makanan tersebut. Alasannya pun beragam, mulai dari rasa, belum terbiasa, dan sebagainya.

Padahal mengonsumsi banyak buah dan sayur akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Karena bahan makanan tersebut mengandung tinggi serat, vitamin, serta mineral yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat di dalamnya memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Tidak perlu memilih buah-buahan ataupun sayur-sayuran yang mahal. Cukup konsumsi buah dan sayur yang bisa dengan mudah anda dapatkan. Misalnya saja buah pisang, pepaya, jeruk, serta sayuran sawi, kangkung, wortel, tomat, dan lain-lain.

3.     Perbanyaklah mengonsumsi air putih

Sebagian besar dari tubuh manusia terdiri atas air yang memiliki penting dalam memaksimalkan kinerja organ tubuh. Namun banyak orang seringkali melewatkan konsumsi air putih, sehingga bisa menyebabkan banyak permasalahan pada tubuh.

Hal ini dikarenakan tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat, nafas, serta BAK dan BAB. Untuk itulah sangat penting menjaga asupan air putih demi mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Salah satu efek kekurangan cairan dalam tubuh yang sering terjadi adalah dehidrasi.

4.     Melakukan Olahraga

Cara untuk dapat hidup sehat di rumah selanjutnya adalah dengan rutin melakukan olahraga. Olahraga bisa dilakukan di manapun, asalkan dengan teknik dan gerakan yang tepat. Ada banyak jenis gerakan atau latihan olahraga untuk dikerjakan di rumah.

Misalnya saja jalan-jalan, lari-lari kecil, squad, push up, back up, dan sebagainya.  Selain olahraga ringan tersebut Anda juga dapat melakukan workout ataupun treadmill di pusat kebugaran. Namun pastikan jika latihan tersebut sesuai dengan kemampuan dan porsi tubuh Anda.

Sebagai alternatif lain, cobalah melakukan olahraga permainan yang menyenangkan. Jenis olahraga ini antara lain seperti futsal, sepak bola, basket, badminton, tenis meja, dan sebagainya. Dengan begitu, kegiatan olahraga akan terasa menyenangkan dan efeknya juga akan maksimal.

5.     Lakukan aktivitas menyenangkan

Kondisi tubuh yang sehat tentu saja harus diimbangi dengan kesehatan mental yang terjaga. Supaya mental selalu dalam keadaan sehat, caranya adalah dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan.
Mulailah dari hobi atau hal-hal yang anda sukai, seperti memasak, menonton, membaca, menjahit, berkebun, dan aktivitas lainnya. Pastikan seluruh aktivitas tersebut tidak membebani dan membuat anda justru semakin stres.

6.     Melakukan Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat dalam menenangkan pikiran dan jiwa seseorang. Dengan adanya ketenangan, Anda akan terhindar dari stres dan beban pikiran yang merangsang munculnya emosi negatif.

Secara tidak langsung, meditasi akan membuat Anda terhindar dari berbagai gangguan penyakit fisik. Apalagi kita semua tahu, bahwa salah satu pemicu datangnya penyakit adalah karena faktor stres yang berkelanjutan.

7.     Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan menjadi hal penting yang wajib dilakukan oleh setiap orang, agar terhindar dari infeksi kuman, bakteri, maupun virus. Kebersihan ini berlaku bagi diri sendiri maupun lingkungan tempat tinggal.

Untuk menjaga kebersihan diri sendiri bisa dilakukan dengan rajin mandi, keramas, gosok gigi, serta cuci tangan dan kaki sebelum tidur. Sementara untuk kebersihan lingkungan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Contohnya menyapu, membuang tumpukan sampah dan air menggenang, dll.

8.     Cukup tidur dan istirahat

Meski tampak sepele, tetapi istirahat dan tidur cukup memiliki peranan penting untuk mencapai tubuh yang sehat. Setiap orang memiliki porsi tidur dan istirahat yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia dan aktivitas.

Bagi orang dewasa, kebutuhan tidur rata-rata adalah 7 hingga 8 jam setiap hari. Sementara untuk istirahat siang, Anda bisa memanfaatkannya untuk tidur sesaat atau kurang lebih 1 jam. Bisa juga Anda beristirahat dengan sekedar bersantai.

Seseorang yang kekurangan tidur akan mengalami banyak gangguan saat beraktivitas di siang hari. Seperti halnya rasa kantuk yang menyerang, tubuh menjadi lemas, kurangnya fokus dan konsentrasi dan juga tidak bersemangat.

Sehingga sebaiknya, atur lah jam tidur Anda dan anggota keluarga dengan tepat. Usahakan agar tidak kekurangan jam tidur ataupun kelebihan. Karena terlalu lama putus juga bisa menyebabkan seseorang menjadi malas, pusing dan tidak bergairah.

9.     Hindari gaya hidup tidak sehat

Cara selanjutnya adalah menghindari berbagai gaya hidup tidak sehat yang sudah menjadi kebiasaan. Banyak orang yang masih tidak sadar dengan beberapa kebiasaan yang justru menyebabkan resiko penyakit.

Misalnya saja sering mengkonsumsi junk food, makanan siap saji, makanan yang mengandung pewarna dan bahan pengawet, dll. Selain itu ada juga kebiasaan buruk lain seperti mengkonsumsi minuman bersoda, beralkohol, ataupun minuman tinggi kafein.

Untuk memiliki tubuh yang sehat, sebaiknya jauhi kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Tidak ada salahnya mencegah hal buruk sebelum terjadi. Jangan sampai Anda jatuh sakit terlebih dulu untuk berhenti melakukan kebiasaan yang merugikan tersebut.

10.Mencintai diri sendiri

Tanamkan dalam pikiran bahwa Anda sangat layak untuk dicintai. Pikiran ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih menghargai diri sendiri. Anda akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik.

Mencintai diri sendiri bisa membuat Anda memiliki tubuh dan jiwa yang sehat, hidup yang berkualitas, tercapainya kebahagiaan, dan sebagainya. Tentu hal ini menjadi tujuan utama Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari bukan?

Itulah tadi 10 cara hidup sehat di rumah yang bisa Anda lakukan setiap hari. Pastikan Anda melakukannya karena keinginan untuk meningkatkan kesehatan. Dengan begitu, Anda akan selalu berkomitmen dalam menjalankannya tanpa paksaan.



Post a comment for "10 Cara Hidup Sehat di Rumah yang Tepat Anda Lakukan Saat Ini"