Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda yang Penting Dilakukan


Hidup sehat dan awet muda adalah keinginan dan cita-cita semua orang. Namun sayang, banyak orang yang belum tahu cara melakukannya. Apakah anda termasuk salah satunya? Jika YA, artikel ini adalah artikel yang tepat untuk jadi bahan bacaan anda.

cara hidup sehat dan awet muda


Hidup sehat bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, mulai dari kebiasaan hingga pola makan dan istirahat yang cukup. Dengan beberapa tips sederhana seperti ini maka anda bisa lebih sehat, dan bisa awet muda.

1.     Konsumsi Buah Delima

Buah adalah salah satu jenis makanan yang penting sekali anda konsumsi untuk menjaga tubuh agar  tetap sehat. Dari sekian banyak jenis buah, delima adalah salah satu yang paling direkomendasikan. Beberapa hasil riset dan penelitian menyebutkan bahwa ada buah delima termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat.

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa buah delima dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekenan darah dengan mudah. Hal ini bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer yang sangat berbahaya. Selain itu, buah delima juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat mencegah penuaan dini.

2.     Lakukan Yoga Secara Berkala

Selain konsumsi buah, melakukan olahraga adalah aktivitas kesehatan yang harus dilakukan dengan baik agar pola hidup terjaga. Salah satu jenis oleh raga yang bagus digunakan untuk menjaga pola hidu sehat dan awet muda adalah Yoga.

Yoga merupakan jenis olahraga yang paling tepat digunakan untuk menjaga pola hidup tetap sehat. Selain bisa membakar lemak dan kalori dalam tubuh, yoga juga bisa menjadi media rileksasi yang bagus.

Dengan melakukan yoga secara teratur, maka lemak tubuh akan hilang dan juga jantung anda akan terawat dengan baik dan lebih sehat. Jika hal ini dilakukan secara konsisten maka hidup anda akan lebih sehat dan akan awet muda.

3.     Tidur yang Cukup

Dari sekian banyak hal,  hal utama yang paling penting dan bisa menentukan tingkat kesehatan seseorang adalah istirahat. Orang yang memiliki waktu istirahat yang cukup cenderung akan lebih sehat ketimbang orang yang lebih banyak waktu bekerja dan sering begadang.

Istirahat yang cukup dapat memperbaiki mood dan kesehatan kulit dengan baik. Sehingga tubuh akan lebih awet muda ketimbang orang yang memiliki waktu istirahat yang pendek.

Menurut hasil penelitian para ahli, hormon pertumbuhan manusia (HGH) lebih banyak diproduksi pada saat mereka tidur. Jika hormon ini diproduksi dengan baik maka seseorang pasti akan tampil lebih awet muda.

4.     Minum Teh Hijau

Teh hijau belakangan ini menjadi salah satu jenis makanan yang paling banyak dicari. Karena dikatakan sebagai salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan lemak. Namun ternyata bukan hanya itu, teh hijau juga memiliki banyak manfaat lain lho, salah satunya untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan awet muda.

Menurut hasil penelitian, orang Cina minum teh secara rutin setiap Minggu terbukti dapat memperpanjang usianya. Di Cina, minum teh hijau menjadi salah satu tradisi yang sudah membudaya. Tidak heran jika beberapa orang tua di Cina memiliki umur panjang.

5.     Jaga Pikiran

Jangan salah, pikiran bisa menjadi salah satu sumber penuaan dini lho. Namun sayangnya, masih jarang sekali orang yang menyadari akan hal itu. Pikiran yang tidak terjaga akan membuat tubuh terlihat nampak lelah dan lemah.
Bahkan bukan hanya itu orang yang memiliki pikiran berat akan memunculkan kerutan-kerutan kecil di wajahnya. Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka akan membentuk kerutan yang lebih besar dan memunculkan penuaan dini.

6.     Kurangi Konsumsi Garam

Garam memang dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam kadar tertentu garam justru sering kali menjadi penyebab penyakit, salah satunya adalah batu ginjal. Mengkonsumsi garam dalam jumlah berlebih akan berdampak pada kesehatan tubuh dan juga pada keremajaan kulit. Kurangi konsumsi garam adalah salah satu Keputusan yang tepat dilakukan.

7.     Minum Air yang Cukup

Tahukah anda bahwa 60-70% tubuh kita terdiri dari air. Semoga organ tubuh mengandung dan membutuhkan air untuk menjalankan semua aktivitasnya. Air adalah komponen paling penting dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan maka akan tumbul banyak masalah kesehatan.

Salah satunya adalah dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan mudah sekali terserang penyakit seperti flu, demam, batuk, meriang masuk, angin dan lain sebagainya. Selain itu, tubuh yang kekurangan cairan akan lebih mudah mengalami penuaan dini.

8.     Kurangi Konsumsi Gula

Selain garam, gula juga termasuk jenis makanan yang harus diminimalisir sejak ini. Mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebih akan menyebabkan masalah kesehatan. 1 dari sekian banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih adalah diabetes yang sampai saat ini belum i temukan  obat yang ampuh untuk mengatasinya.

Disamping itu, jika mengonsumsi gula berlebih maka tubuh akan lebih cepat mengalami penuaan dini. Konsumsi gula berlebih dapat memicu munculnya AGES, sebuah zat baru yang dapat merusak kolagen dalam kulit dan mengurangi elastisitas kulit. Semakin banyak gula yang dikonsumsi, maka akan semakin mudah tubuh mengalami penuaan ini.

9.     Konsumsi Minuman Fermentasi

Minuman fermentasi adalah salah satu jenis minuman yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Minuman fermentasi mengandung bakteri baik yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Jika pencernaan lancar maka tubuh akan semakin sehat.

10.Hindari Rokok Dan Alkohol

Rokok dan alkohol adalah 2 hal yang harus anda hindari jika anda ingin hidup sehat dan awet muda. Zat dalam alkohol dan rokok dapat membahayakan kesehatan bahkan dalam kurun waktu yang lebih lama. Selain itu, penyakit yang bisa ditimbulkan juga banyak. Mulai dari serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, nikotin dalam rokok serta berbagai zat berbahaya lain dalam alkohol dapat mengurangi produksi kolagen dalam kulit dan menghilangkan elastisitas kulit sehingga akan mempercepat timbulkan kerutan dan penuaan dini pada kulit. Anda akan memiliki risiko 2 kali lebih tinggi cepat tua ketimbang orang yang tidak minum alkohol dan rokok. 

Menghindari rokok dan alkohol adalah salah satu cara hidup sehat dan awet muda paling tepat dan penting untuk dilakukan.

Post a comment for "10 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda yang Penting Dilakukan"

Berlangganan via Email